CARI LEWAT GOOGLE



SUARA HATI INSAN CATUR





GAK ADA JAM CATUR BISA MENGGUNAKAN GADGET ANDROID KITA SEBAGAI JAM CATUR

Jam catur adalah alat kelengkapan terpenting dalam sebuah permainan catur. Di jaman sekarang tidak enak, jika catur tanpa jam catur. Karena bisa-bisa kita ditinggal tidur oleh lawan kita. Pertandingan jaman sekarang semakin lama semakin singkat waktunya. Kalo dulu jamannya ada PARTAI TUNDA yang pake langkah sampul. Namun sekarang, banyak turnamen catur yang waktunya sangat singkat, apalagi di INDONESIA sekarang ini kebanyakan sudah dipertandingan dengan waktu 25 menitan saja atau bahkan kurang yang biasa disebut CATUR CEPAT atau RAPID CHESS. Jadi kebutuhan jam catur adalah PRIMER adanya. Jam catur yang bisa dipake ada jam catur ANALOG (dengan jarum jam) dan jam catur DIGITAL yang sudah modern dengan fitur banyak, salah satunya yang pakek INCREMENT atau penambahan waktu setiap langkahnya. Jam catur digital masih terbilang relatif mahal harganya. Yang buatan CHINA harganya masih sekitar Rp.400-ribuan. Kalo yang asli DGT buatan luar negeri malah Rp.1 Jutaan ke atas. Sebenarnya kita bisa menggunakan HP/Smartphone Android yang kita bawa-bawa menjadi JAM CATUR DIGITAL dengan fitur lengkap bak jam catur digital mahal.

MEMANG BISA HP ANDROID JADI JAM CATUR? - Jawabannya: SANGAT BISA! Yaitu dengan menginstall aplikasi CHESS CLOCK di HP Android kita. Download dan Installnya bisa langsung dari Google Play Store di HP kita. Kebanyakan FREE/GRATIS. Hanya tentu saja, teknologi layar HP kita pake yg sdh anti gores dan anti pecah misalnya pake perlindungan GORILLA GLASS yang terkenal. Soalnya jika tidak, pake jika yang main BRANGASAN, maka HP kita yang kita pake sebagai jam catur digital tersebut agar segera SAKIT FLU. Hehehe... Saya sudah sering memakainya di warung-warung catur bersama teman-teman, asal lawan tidak ngawur mencet jam catur jadi-jadian ini. 

Ada banyak sekali aplikasi Android JAM CATUR ini. Yang paling saya rekomendasikan adalah app bernama CHESS CLOCK buatan dari chess.com. Alamatnya: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.chess.clock Ini yang menurut saya paling bagus. Fiturnya terbilang lengkap dengan DESIGN menarik dan indah dipandang. Fitur utama adalah INCREMENT, lalu ada COSTUM (bisa dipake main VOOR jam - misal 5 menit vs 10 menit). App ini bagusnya meski gratis TIDAK ADA IKLAN nya sama sekali. Jadi bersih tampilannya. Bisa beroperasi di mode tegak (portrait) ataupun tidur (landscape). Ada alarm jika JAM HABIS. Sebaiknya hp yang dipake selain dilindungi anti gores dan anti pecah, sebaiknya pake LAYAR CAPACITIVE yang lebih pake daripada layar RESITIVE. Kebanyakan HP baru pake capacitive.

Sayangnya JAM CATUR digital PRAKTIS ini, saya lihat belum ada dipakek di TURNAMEN CATUR! - Mungkin perlu dibudayakan ya? - Masak nggak boleh dipake, sih?

4 komentar:

  1. Iya gak boleh katanya pake jam app krn tdk sesuai standart. Menyusahkan sekali.

    BalasHapus
  2. Top video game console (1990s) - HDTVL.CC
    Top Video Game Console (1990s) - Find a complete list youtube video to mp3 of Sega Genesis games (aka Mega Drive/Genesis) that have been released or confirmed by our

    BalasHapus

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2018, allright reserved.