CARI LEWAT GOOGLE

SUARA HATI INSAN CATUR

CERITA KLENIK - JAMPI JAMPI - PERDUKUNAN - DALAM DUNIA CATUR

Persaingan catur dalam turnamen sangat sengit, penuh perjuangan yang tidak mudah jika ingin juara. Apalagi jika melibatkan GENGSI dan segi MATERI/HADIAH Uang dan BONUS uang yang tidak sedikit. Sekarang ini hadiah catur sudah jauh lebih besar dibandingkan masa-masa terdahulu. Hadiahnya sudah tidak ratusan ribu, tapi sudah jutaan, belasan bahkan puluhan Juta. Rekor hadiah pertandingan catur untuk kelas Nasional Juara-1 adalah Rp.50 Juta. Kalo Internasional yang sudah jangan dibilang lagi. Sudah mencapai ratusan Juta, bahkan sudah tembus MILYAR! - Melihat begitu besar kompensasi bagi pemenang, tidak jarang ada peserta yang menghalalkan segala cara. Mulai dari pakek DOPING PIL OTAK, CURANG nyontek HAPE, tanyak teman lewat kode-kode, bahkan sampai minta tolong ke DUKUN segala. Dalam posting kali ini, kita akan bahasa CATUR dan KLENIK ini. Tidak sedikit atlit catur datang ke 'orang pinter', dukun, kyai atau paranormal agar kekuatan caturnya meningkat dan peluang juara semakin besar. 

Selama saya terjun ke alam catur, tidak jarang melihat hal-hal aneh dalam pertandingan catur. Hal-hal di luar nalar yang tidak masuk di akal. Pada suatu ketika bertahun-tahun yang lalu dalam sebuah KEJURPROV CATUR (dulu namanya KEJURDA). Seingat saya waktu itu saya tidak ikut bertanding. Tapi hanya sebagai suporter saja. Suatu saat di sore hari di penginapan, ada teman saya (sebut saja si FULAN) yang waktu itu bertingkah aneh di dekat toilet yang waktu itu di belakang toilet ada ruang terbuka. Teman saya tampak mengendap-endap sembunyi-sembunyi berjalan pelan-pelan. Kebetulan kepergok saya. "Ada apa mas?", saya bertanya. "Ga ada,", sahut si FULAN. Kebetulan di ruang sebelah ada lengkap teman-teman atlit yang sedang sparring 5 menitan.

"Mas, bawa apa itu?", sy tanyak. "Ini bukan apa-apa", dia masih takut dan menyembunyikan. Saya hanya ngintip saja, lalu masuk ke ruang sebelah yang ada teman-teman yang main 5 menitan. Tidak lama beberapa menit kemudian saya bau asap di arah teman saya si FULAN. Wah apa ini, kata saya dalam hati. Beberapa teman juga membaui asap ini. Lalu saya hampiri teman saya FULAN. Rupanya di luar ruangan dia bakar KERTAS KORAN. Buat apa ya kok dibakar, batin saya. Saya datangi, tiba-tiba ketika api sudah padam - teman saya si FULAN MELANGKAHI abu bekas KORAN yg dibakar tadi 2x. Tentu saja saya terheran-heran. Ngapain dia itu. Tidak lama, lalu beberapa teman ada yang ke toilet dan tengok ke arah bakar-bakar, lalu menghampiri kami. 

Ada yang bertanya, "Ono opo sih, iki?". "Mbuh iku nyapo.", saya jawab. Lalu teman saya sebut saja namanya SADIRUN menghampiri si FULAN. Dengan mimik serius, si FULAN bilang, "Ayo cepet, langkahi abu kertas ini, lek pengen menang sekak!". Teman saya heran, tapi sambil tertawa iseng-iseng DILANGKAHI juga abu tersebut. Lalu beberapa teman ada yang ikut-ikutan. Tapi semuanya tampak iseng saja ikut MELANGKAHI. Ada 2 teman yang diam saja memandang tidak mau melangkahi. Setelah itu tidak ada kejadian yang aneh. Semua lalu mandi sore, persiapan pertandingan catur yang dimainkan malam ini selepas Maghrib.

Setelah selesai Maghrib, pertandingan catur pun dimulai. Saya seperti biasa lihat-lihat saja nonton teman yang bertanding. Pertandingan catur Kejurda waktu itu banyak pesertanya. Yang jelas seingat saja lebih dari 100 orang. Setelah pertandingan berjalan sekitar 15 menit, ada teman saya yang sudah keluar dari gedung. Lalu saya hampiri tanya gimana posisinya, saya pikir dia mau ke toilet atau mau merokok di luar gedung. Jawaban mengejutkan dia bilang, "Aku wis menang. dapet ster tadi. Lawan nyerah!" Saya ikut senang, teman saya menang. Lalu setelah berjalan 1 jam-an, teman saya si FULAN keluar sambil wajahnya ceria, "Sip dek. menang wis aku". 

Setelah pertandingan selesai, saya tanyai hasil teman-teman saya semua. Siapa saja yang menang dan kalah. Saya sangat terkejut, SEMUA TEMAN SAYA YANG MELANGKAHI ABU TADI - SEMUANYA MENANG (ada sekitar 5 orang kalo ga salah). Sedang yang tidak melangkahi abu KALAH. Saya terdiam merenung. Kok aneh dan kebetulan. Saya tanyai teman-teman yang menang, rata-rata menang mudah. Hanya 1 orang yang menang ending sulit. Ada yang menang ster, menang perwira, menang mat, dll... Bahkan teman saya yang biasanya kalah-an, juga menang. ANEH TAPI NYATA. Mau ga percaya ini gimana? - Mau percaya itu kok gak masuk akal?

Sebenarnya masih banyak kejadian-kejadian ganjil selama saya terjun ke dunia catur ini... TERNYATA KLENIK dan PERDUKUNAN itu MEMANG ADA NYATA dalam pertandingan catur. Saya menyaksikannya sendiri. Bagaimana dengan anda? Punyakah pengalaman KLENIK CATUR?

3 komentar:

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2017, allright reserved.