CARI LEWAT GOOGLE

SUARA HATI INSAN CATUR

Tip & Trik Memaksimalkan Kinerja Engine Catur

Peran Engine Catur dalam pembelajaran CATUR dengan bantuan komputer sangatlah penting. Tanpa engine catur, program catur tidak akan bisa berpikir dan membuat langkah atau menganalisa partai-partai catur. Karena otak atau yang berpikir dalam program/software catur ya engine catur itulah. Sedangkan GUI Caturnya hanya menyediakan buah+papan catur saja dan menu-menu yang dibutuhkan. Kinerja dari Engine Catur dipengaruhi oleh banyak faktor baik itu HARDWARE maupun SOFTWARE seperti kekuatan engine itu sendiri, setingan engine, kinerja OS-nya, kecepatan processor, besarnya memory komputer, dan lain-lain. Dengan kinerja engine catur yang tinggi tentu akan didapatkan hasil yang baik utamanya ketika melakukan analisa posisi-posisi catur. Meskipun komputernya canggih tapi kalo kinerjanya tidak optimal ya tentu saja sangat berpengaruh pada kinerja ENGINE CATUR. Oleh karena itulah posting di blog KC kali ini kita akan mendiskusikan tentang BAGAIMANA MEMAKSIMALKAN KINERJA DARI ENGINE CATUR (utamanya UCI Engine) atau bisa disebut dengan Optimalisasi/Optimasi Engine Catur. Bagaimana caranya? baca terus posting ini...

Optimasi engine catur akan dilakukan pada 2 hal pokok, 1.Optimasi komputer itu sendiri 2.Optimasi Engine Caturnya. Optimasi komputer bisa dibagi menjadi OPTIMASI HARDWARE dan OPTIMASI SOFTWARE (Sistem Operasinya). Optimasi engine catur dilakukan dengan melakukan perubahan pada setingannya!


Optimasi HARDWARE bisa dilakukan dengan:

1.MENGGANTI PROCESSORnya DENGAN YANG LEBIH CEPAT. Yang ini berarti mengeluarkan biaya. Atau yang murah/gratis dengan melakukan OVERCLOCK PROCESSORnya (tapi ini harus dilakukan oleh ahlinya, kalo tidak, bahaya. Komputer bisa sering HANG dan bahkan processor bisa terbakar karena kepanasan). Overclock Processor=Memaksa Processor bekerja di atas kecepatan standar dengan melakukan setingan di motherboard atau di BIOS. Sampai saat posting ini ditulis, processor yang tercepat di pasaran umum adalah Intel Core i7. Di bawah i7 adalah i5, dibawahnya lagi i3, terus ke bawah Intel Core 2 Duo yang lebih cepat daripada Intel Pentium 4 Dual Core, dst...

2.Menambah memori RAM. Jika memory RAMnya terlalu kecil, meskipun processornya sudah cepat, kinerja komputer tidak akan bisa cepat. Untuk processor Intel Dual Core memory RAM yang pantas adalah 1 GB. Sedang untuk Intel Core i3/i5 adalah 2 GB. Sedangkan untuk i7 akan optimal dengan memory 4 GB. Perlu diketahui bahwa untuk Windows XP/Vista/7 versi 32 Bit memory maksimal yang bisa dipakai adalah 4 GB. Lebih dari itu tidak akan dikenal alias mubazir. Untuk pemakai yang menggunakan memory di atas 4 GB, misalnya 8 GB atau 16 GB, harus menggunakan sistem operasi yang 64 Bit, misalnya Windows XP/Vista/7 versi 64 Bit. Engine catur yang dipakai harus yang versi 64 Bit pula.

3.Mengganti harddisk dengan teknologi terkini. Harddisk lama yang menggunakan teknologi IDE (dengan kabel lebar warna putih) sudah tidak cocok lagi dengan processor yang cepat macam Intel Core 2 Duo ke atas. Untuk processor-processor baru sudah harus menggunakan harddisk dengan teknologi SATA (dengan kabel kecil berwarna, biasanya merah/orange). Dengan peningkatan kinerja/kecepatan harddisk, kinerja engine catur diharapkan akan meningkat pula.

Optimasi SOFTWARE bisa dilakukan dengan:

1.Membersihkan komputer dari VIRUS. Virus komputer sejatinya hanyalah program/sotfware juga seperti aplikasi lain, tapi dengan tujuan BISA MENULAR dan MERUSAK/MENGGANGGU kerja komputer bahkan sampai MENGHAPUS FILE-FILE dalam harddisk! Selain itu VIRUS yang berbentuk TRJON/WORM jahat bisa MENCURI DATA dari komputer kita misalnya password, data Karru Kredit dan data-data penting lainnya untuk dikirimkan kepada pembuat virus via Internet. Efek paling ringan dari virus adalah BERKURANGNYA MEMORY yang tersisa. Semakin kecil memory yang tersisa, kinerja komputer akan berkurang pula. Kalo memorinya terlalu, komputer bisa HANG. Jadi bisa dibayangkan kayak apa kinerja engine catur yang beropasi pada komputer bervirus! Kalo pengen cepat dan aman, ya serahkan saja kepada ahlinya (para teknisi komputer) yang memang sudah ahlinya membersihkan virus. Atau paling tidak di komputer anda harus sudah ada antivirusnya yang selalu diupdate data virusnya via internet. Dengan komputer yang bersih virus, kinerja engine catur akan maksimal! Percayalah!

2.Membersihkan sampah-sampah di sistem operasi kita (misalnya jika kita pake Windows XP/Vista/7). Khususnya di Windows, sampah-sampah akan otomatis timbul dari operasional komputer kita sehari-hari. Minimal 1 bulan sekali, sampah musti dibersihkan. Pembersihan sampah bisa menggunakan program utility seperti misalnya CC Cleaner. Dengan bersihnya komputer dari sampah, kinerja engine catur tentu saja akan bisa maksimal!

3.Melakukan optimasi registry Windows (jika OSnya pake Windows). Registry adalah komponen utama sistem operasi Windows, karena semua setingan software ada di dalamnya. Dengan registry yang tidak optimal atau ada troublenya, kinerja Windows tentu tidak akan sehat. Sstelah dioptimasi tentu Engine Catur akan ngacir jalannya. Program untuk optimasi Registry misalnya Registry Optimizer.

4.Optimasi lainnya. Optimasi lainnya meliputi DEFRAGMENTASI HARDDISK (mengurutkan blok-blok/sektor-sektor/cluster-cluster) agar urut, dan setelah urut tentu saja akan mudah dan lebih cepat diaksesnya. Optimasi lainnya bisa dengan mengurangi font-font di Windows, menghapus service-service di Windows dan optimasi-optimasi, menurunkan resolusi bit monitor menjadi 16-bit (defaultnya 32 Bit), dan lain-lainnya. Program utility yang bisa dipakai misalnya Tune Up Utility, Auslogics BoostSpeed, Windows 7 Manager (khusus untuk Windows 7), dan lain-lainnya.

OPTIMASI ENGINE CATUR

1.Pilih engine catur yang terkuat atau setidaknya 10 besar dunia. Misalnya Rybka, Houdini, Stockfish, Shredder, Fritz, dll. khususnya jika tujuan anda menggunakan engine catur adalah untuk menganalisa posisi/partai catur. Atau jika untuk sparring, kita bisa ambil Voor/handicap, misalnya voor 1 kuda, 2 bidak dan seterusnya.

2.Pilih engine catur yang lebih lemah jika tujuan anda untuk melakukan sparring dengan engine ini. Karena jika kita kalah terus, tentu akan melemahkan semangat kita untuk latihan. Rating engine-engine catur dunia bisa dilihat di alamat: http://lefouduroi.pagesperso-orange.fr/tournois/uci/uel.htm

3.Lakukan setingan sesuai informasi di website resminya, setingan apa dan bagaimana yang terkuat. Setingan engine catur biasanya juga akan muncul di GUI saat kita memasukkan engine catur di GUI tersebut.

4.Jangan lakukan proses engine catur secara multitaksing (membuka banyak program secara bersamaan dengan proses program catur). Dalam mengoperasikan program catur hendaknya semua program lainnya yang sudah terbuka ditutup semua, termasuk program untuk memainkan lagu-lagu (macam winamp), bahkan secara ekstrim saya biasa MEMATIKAN SEMENTARA PROGRAM ANTIVIRUS, untuk memaksimalkan kinerja engine catur (tapi jangan lupa setelah program catur selesai, hidupkan lagi anitvirusnya!).

Cara melakukan pengetesan apakah sudah ada peningkatan dengan kinerja engine catur kita atau tidak bisa dilakukan dengan cara: Melihat kecepatan menghitung langkahnya yang biasanya disebut dengan satuan node/second atau berapa node/langkah yang mampu dihitung oleh komputer/engine per detiknya. Semakin tinggi kinerjanya berarti node/second semakin besar angkanya. Biasanya kecepatan ini akan muncul di status engine di GUI Catur seperti keluarga Chessbase atau pada GUI Arena.

Bagaimana dengan engine catur yang anda pakai? Apa sudah optimal? Kalo belum, yuk kita lakukan OPTIMASI!

GENS UNA SUMUS.
Link asli posting di Blog KC:
http://www.komputercatur.com/2011/01/tip-trik-memaksimalkan-kinerja-engine.html

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2017, allright reserved.