CARI LEWAT GOOGLE

SUARA HATI INSAN CATUR

Tip Bagaimana Mencari Partai-Partai Catur Di Internet

Jaman dulu sebelum adanya database catur (komputer), para ahli/master catur mengandalkan pada buku-buku/majalah catur seperti yang terkenal di Indonesia yaitu Chess Informant (dikenal dengan sebutan INFORMATOR) terbitan Sahovski dari Yugoslavia, New In Chess, dll. untuk melihat partai-partai catur dunia. Tapi sekarang tidak lagi, para ahli/master catur lebih suka dan lebih banyak mengandalkan DATABASE CATUR DALAM KOMPUTER! Saat ini juga sudah ada edisi INFORMATOR versi digital/database catur dengan format Chessbase atau PGN. Salah satu fitur terpenting dalam belajar catur dengan komputer adalah adanya database catur yang berisi partai-partai catur dari jaman dahulu sampai yang hari ini dimainkan orang di seluruh dunia. Dari database catur inilah kita para pecatur bisa mempelajari permainan para ahli catur, grandmaster catur, dan juara catur untuk diambil pelajarannya misalnya openingnya (mengikuti perkembangan OPENING TERBARU/Opening Novelty), kalo bisa ditiru untuk permainan kita sendiri. Selain itu database catur berguna untuk mempersiapkan partai lawan dalam suatu pertandingan (umumnya untuk tingkat atas/master). Dengan mengetahui DATABASE CATUR LAWAN, memang tidak serta merta pasti menang lawan pecatur dalam database tersebut tapi setidaknya ini akan MEMPERBESAR PELUANG MENANG. Partai-partai catur berisi notasi (tulisan) langkah-langkah catur pada suatu permainan dalam pertandingan catur. Database-database catur ini bisa kita dapat dari membeli, mengcopy dari punya teman atau download dari internet. Sampai saat ini menurut yang saya tahu, database catur yang telah ada sudah mencapai sedikitnya sekitar 10 juta partai (5 juta di antaranya adalah partai asli manusia vs manusia dengan tatap muka, sisanya ada catur korespondensi, catur online dan partai-partai antar engine catur). Pada kesempatan kali ini, kita akan sharingkan sumber-sumber (utamanya di internet) yang bisa kita download ke dalam komputer kita untuk kita pelajari demi kemajuan catur kita. Jadi baca terus yo...

Sampai saat ini produk Database catur yang baku adalah Mega Database buatan produsen program catur dari Jerman yaitu Chessbase. Produk database terbaru mereka adalah Mega Database 2011 (yang berisi hampir semua partai-partai catur yang telah dimainkan di seluruh dunia dari masa ke masa dari abad ke-15 sampai akhir tahun 2010) dengan pelengkap software Chessbase 11 untuk manajemen database caturnya. Mega Database 2011 seperti dilansir dalam situs resmi Chessbase di alamat http://www.chessbase-shop.com/en/products/5854 telah berisi hampir 5 Juta Partai. Sedangkan produk chessbase yang lain yaitu Database Korespondensi (Catur Surat Menyurat) sebanyak hampir 1 juta partai yang bisa kita cek di alamat http://www.chessbase-shop.com/en/products/5819. Selain 2 sumber utama database catur ini, sumber lain adalah database CATUR ONLINE yang berada di server-server catur online seperti dari ICCS, FICS, playchess.com, dll. Dan juga database catur yang berisi kumpulan partai-partai ANTAR ENGINE CATUR (baik pertandingan resmi ataupun uji coba oleh para pengguna atau bisa juga oleh anda sendiri!). Jadi kalo dikumpulkan bisa lebih dari 10 juta partai.

Produk database catur lainnya yang menyediakan jumlah database besar adalah produk database catur dari Hungaria yang menyediakan jumlah database sebanyak 11.2 Juta Partai/Line yaitu Super Pro Database 3.7, dan bisa kita cek di alamat http://home.hu.inter.net/~prochess/home_e.htm. Semakin banyak jumlah partai dalam database caturnya, tentu semakin baik bukan?

Sedangkan bagi kita yang hanya ingin mendownload partai-partai catur seperlunya saja, umpamanya berdasarkan kriteria pecatur/GM, misalnya kita pengen mendownload partainya GM Magnus Carlsen saja atau berdasarkan OPENING TERTENTU (kode ECO), kita bisa mengunjungi banyak situs-situs yang menyediakan layanan ini. Situs ini misalnya yang terkenal adalah Chessgames (http://www.chessgames.com), Chessbite (http://www.chessbite.com), yang saya sukai PGN Mentor (http://www.pgnmentor.com/files.html), dan lain-lainnya yang bejibun di internet (bisa langsung tanya ke Paman Google alias dicari pake search engine Google,Yahoo,dll. dengan kata kunci "chess database").

Banyak sumber download database catur partai-partai ANTAR ENGINE CATUR. Salah satunya bisa disedot misalnya dari alamat:
http://www.husvankempen.de/nunn/downloads/40_20/downloads.htm

Untuk mendownload partai-partai terbaru di internet, banyak sumber alamat-alamat situs yang bisa dikunjungi. Salah satunya yang paling saya suka adalah rilis update database terbaru dari Mark Crowter yang menaruhnya di situs The Week In Chess (TWIC) yang beralamat di http://www.chess.co.uk/twic/twic.html yang biasanya diupdate setiap hari Selasa/Rabu. Update database catur mingguan di TWIC ini juga saya pasang link downloadnya di Blog Komputer Catur ini di sesi yang berjudul DOWNLOAD PARTAI-PARTAI CATUR TERBARU (format PGN). Selain format PGN, TWIC juga menyediakan format Chessbase dan format text.

Dengan lengkapnya dan up to datenya database catur yang kita miliki, tentu bisa menjamin belajar catur kita (berbantu komputer) menjadi lebih baik.

Bagaimana dengan database catur koleksi anda? Seberapa banyak/lengkap? Dan seberapa up to date? Harus rajin dong update databasenya di internet!

GENS UNA SUMUS.

Link asli posting di Blog KC:
http://www.komputercatur.com/2011/01/tip-bagaimana-mencari-partai-partai.html

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2017, allright reserved.