CARI LEWAT GOOGLE

SUARA HATI INSAN CATUR

Perhitungan Nilai ELO Rating Bagi Pecatur Berdasarkan Peraturan Resmi FIDE

Dalam olahraga catur kekuatan seorang atlit diukur dari angka yang dinamakan dengan rating (seperti yang tampak pada daftar di sidebar sebelah kanan dari blog ini). Jadi rating ini adalah sebuah angka yang menggambarkan kekuatan seorang pecatur. Semakin tinggi ratingnya, maka semakin kuat/tinggilah level/peringkat si pecatur ini. Penambahan rating didapat jika seorang pecatur mendapatkan kemenangan pada sebuah turnamen catur resmi FIDE melawan pecatur yang mempunyai ELO rating FIDE. Perhitungan nilai rating ditentukan oleh rumus yang telah dibuat oleh FIDE. Rating secara umum dibagi menjadi 2 macam, RATING INTERNASIONAL (FIDE) dan rating lokal. Di Indonesia rating lokal sering disebut dengan DRN singkatan Daftar Rating Nasional yang diatur oleh PB Percasi Pusat. Rekor rating tertinggi di dunia yang pernah dicapai masih dipegang oleh mantan juara dunia GM Gary Kasparov dari Rusia dengan rating FIDE 2851 (yang saat ini sudah mengundurkan diri dari dunia catur karena masuk ke gelanggang politik di negaranya). Sedang untuk Indonesia rekor rating tertinggi (rating FIDE) dipegang oleh GM Utut Adianto yang pernah meraih ELO rating 2615. Dalam posting kali ini, saya akan sharing untuk mengenang jasa penemunya yaitu Prof Arpad Elo dan sedikit membahas perhtitungan rating ELO ini.

Sistem perhitungan kekuatan seorang pecatur dengan angka rating ini pertama kali diperkenalkan oleh Profesor Arpad Elo (nama ELO diambil dari nama keluarga manusia cerdas ini), seorang pakar Fisika dan juga seorang master catur kelahiran Hungaria tapi hidupnya sebagian besar dihabiskan di negara Paman Sam (USA). Tak pelak lagi, jasa profesor ini sangat besar untuk dunia catur. Dengan sistem pemberian skor berupa angka kepada pecatur yang biasa kita sebut ELO rating ini, kita bisa mengetahui dan membandingkan kekuatan seorang pecatur dengan pecatur lainnya dengan lebih obyektif. Dengan rating ini pulalah ranking dunia dibuat, sehingga bisa tahu siapa pecatur terkuat di dunia misalnya, atau siapa pecatur terkuat di negara tertentu dan lain-lain.

Prinsip perhitungan angka dari ELO rating ini adalah: Seorang pecatur yang menang akan bertambah nilai ratingnya, jika kalah tentu saja akan berkurang ratingnya. Jumlah penambahan dan pengurangan angka tergantung dari seberapa kuat lawan yang pernah dihadapi dalam suatu turnamen. Perhitungannya ditentukan oleh rumus yang ditemukan oleh Profesor Arpad ELO. Dan jika kita ingin memilki ELO rating FIDE (internasional), kita harus mengikuti turnamen catur resmi yang diakui FIDE dan JUGA PERNAH BERTEMU DENGAN PECATUR YANG MEMILIKI ELO RATING FIDE pula dalam turnamen tersebut.

Jika kita pernah membaca laporan hasil turnamen catur yang menggunakan pairing dengan komputer Swiss 46/48 kita akan melihat tabel paling kanan terbaca sebagai We. Angka We inilah yang menunjukkan penambahan atau pengurangan rating kita. Oleh program pairing Swiss 46/48 angka ini telah otomatis dihitung dalam sistem pairingnya. Nantinya nilai We ini akan diperhitungan dengan Variable K (Konstanta pengali). Variable K ini telah ditentukan sesuai dengan perhitungan yang dibuat oleh Prof Elo.

FIDE biasanya mengeluarkan Daftar Resmi ELO Rating pecatur dunia setiap 4 bulan sekali yaitu setiap tanggal 1 Januari, 1 April dan 1 Oktober. Sedangkan PB Percasi biasanya merilis DRN (Daftar Rating Nasional) setiap 6 bulan sekali yaitu setiap tanggal 1 Januari dan 1 Juli. PERLU DIKETAHUI rating nasional (DRN) ini berbeda dengan ELO Rating FIDE. Jadi pecatur Indonesia akan memiliki 2 versi rating, yaitu Rating ELO FIDE dan Rating Nasional. Jika seorang pecatur mengikuti turnamen catur internasional (FIDE) dia akan menggunakan ELO Rating FIDE, sedangkan jika mengikuti turnamen tingkat nasional (misal Kejurnas, Japfa, Telkom Open, dll.) akan menggunakan Rating Nasional.

Paper tentang teori rating catur bisa didownload di alamat di bawah ini:
http://www.schaakbond.nl/rating/download/elopaper.pdf

Lebih banyak tentang Prof Arpad Elo bisa juga dibaca di situs:
http://en.wikipedia.org/wiki/Arpad_Elo
http://chessbase.com/newsdetail.asp?newsid=4326

Sedang tentang sistem perhitungan ratingnya yang lebih lengkap bisa ditengok di situs:
http://en.wikipedia.org/wiki/Elo_rating_system

Jika ingin tahu kehebatan Prof Arpad Elo dalam memainkan buah-buah catur, silakan mengaksesnya di alamat:
http://www.chessgames.com/perl/chessplayer?pid=24396

Daftar Rating Catur Dunia yang resmi bisa dibaca di situs FIDE:
http://ratings.fide.com/

Live Rating Pecatur Dunia (di atas rating 2700) bisa dipantau di alamat:
http://chess.liverating.org/

Teman-teman... kalo pengen tambah ratingnya ya harus banyak-banyak ikut turnamen catur resmi Percasi atau FIDE. Tapi yang harus bagus dapat nilainya. Kalo nilai jeblok alias jadi ayam sayur ya malah anjlok ratingnya. Ya khan?

GENS UNA SUMUS.

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2017, allright reserved.