CARI LEWAT GOOGLE

SUARA HATI INSAN CATUR

SBTC #2, Taktik Dengan Tema Sinar-X (Skewer) Yang Tembus Seperti Sate

Hari ini kita akan belajar tentang Tema Taktik yang kedua dari Seri Belajar Taktik Catur (SBTC) yaitu: Sinar-X (X-Ray Attack atau Skewer). Tema Taktik Sinar-X ini sebetulnya adalah kebalikan dari tema taktik yang saya posting sebelumnya, yaitu Tema Pakuan (pinning). Perbedaan nyata kedua tema taktik ini adalah pada sasaran tembaknya. Tema Pakuan sasarannya adalah pada buah yang langsung dipaku/diserang/diancam. Sedangkan Tema Sinar-X sasarannya membidik buah catur yang ada di balik buah yang diancam tersebut. Simak ya cerita saya... (mohon kepada yang pandai mengoreksi/menambah jika ada yang salah/kurang)

Persamaan kedua taktik ini adalah keduanya sama-sama mencari kemenangan materi buah catur. Baik itu kemenangan materi penuh, ataupun pertukaran dengan kemenangan kualitas nilai buah catur misalnya gajah kita ditukar dengan benteng lawan, benteng kita ditukar dengan menteri lawan dan seterusnya.



Seperti halnya taktik pakuan, buah yang bisa melakukan taktik sinar-x adalah buah-buah catur yang mempunyai jangkauan panjang seperti buah Menteri, Benteng dan Gajah. Buah Raja, Kuda dan bidak tak dapat melakukan taktik ini. Taktik sinar-x bisa terjadi kapan saja baik di babak opening, middle ataupun babak akhir. Jadi tidak melulu pada middle saja.

Buah-buah catur bisa dijadikan perantara taktik sinar-x ini bisa apa saja. Tapi yang paling sering adalah buah raja, menteri, benteng dan kuda. Taktik ini menandakan bahwa koordinasi buah catur lawan yang diserang kurang harmonis. Maka berhati-hatilah kawan, jika ada buah catur kita yang tidak terjaga dan jaraknya jauh dari teman-temannya. Bisa-bisa tanpa sadar akan terkena sate dengan taktik sinar-x.



Taktik ini bisa terjadi jika buah yang diancam (sebagai perisai) harus segera dipindah karena :

1.Buah raja (alias terjadi check) dan tidak bisa ditutup atau

2.Buah yang tidak terjaga dan tidak bisa dijaga, kalo tidak pindah akan kalah materi ataupun

3.Buah perisai ini nilai lebih tinggi daripada buah yang mengancam, sehingga kalo tidak berpindah pihak lawan akan kalah kualitas.

Tidak seperti pakuan yang banyak mempunyai banyak maksud/tujuan melakukan taktik. Taktik Sinar-X semata-mata bertujuan :

1.Mendapatkan kemenangan materi penuh (gratisan), memakan buah lawan tanpa kompensasi apapun.

2.Mendapatkan kemenangan kualitas nilai buah catur dengan melakukan pertukaran dengan buah yang dimakan.

3.Tidak mendapatkan kemenangan materi, tetapi secara posisi mendapatkan keuntungan karena buah yang ditukar adalah 'buah bagus' milik lawan, misalnya memutus (menghilangkan) salah satu gajah dari sepasang gajah milik lawan. Atau melakukan pertukaran untuk menuju ending, karena mendapatkan ending yang menang dan seterusnya.

Situs lain yang bisa dijadikan referensi tentang taktik Sinar-X (Skewer) ini bisa didatangi di alamat :
http://www.chessville.com/instruction/instr_begin_basic_tactics_skewer.htm
http://en.wikipedia.org/wiki/Skewer_(chess)
http://www.chesscorner.com/tutorial/tactics/skewers/skewers.htm

Download contoh database taktik dengan tema Sinar-X dapat langsung menyedotnya dengan KLIK DI SINI.

Tema Taktik berikutnya (Seri Ke-3) yang akan kita pelajari adalah Tema Taktik Serangan Ganda (Double Attack) yang sangat sering sekali terjadi dalam praktek permainan.

Met jumpa lagi ya dengan seri belajar taktik berikutnya. Makanya, plototin terus ini blog...

GENS UNA SUMUS.

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2017, allright reserved.