CARI LEWAT GOOGLE

SUARA HATI INSAN CATUR

Problem-Problem Catur Kuno Dalam Sejarah Catur

Posting saya hari ini membahas problem-problem catur yang kuno dalam sejarah catur. Kita semua tahu belaka bahwa permainan catur ini telah lama diciptakan dan dimainkan orang ribuan tahun yang lalu. Salah satu jenis permainan catur yang sangat digemari sampai sekarang adalah MEMECAHKAN PROBLEM CATUR. Kalo kita berada di keramaian seperti di alun-alun atau di acara-acara hajatan, seringkali melihat para penjaja problem catur yang menggelar di emperan-emperan seperti pedagang kaki lima, yang minat membyar Rp.1000 jika bisa menebak dengan jitu mendapat hadiah rokok 2 pak jisamsu. Sejatinya problem catur ini sudah sejak jaman baheula sudah suka dimainkan orang. Kita akan bersama mencari informasi tentang problem-problem catur yang kuno di masa lalu. Seperti apa ya problem-problem catur jaman dulu. Simak dan baca terus...

Meneliti sejarah catur, tentu tidak dapat dipisahkan dengan sejarah arab masa lalu, khususnya jaman Islam. Karena lahirnya permainan catur ini sejatinya hampir bersamaan dengan lahirnya Islam. Problem catur yang tercatat paling kuno adalah yang dibuat oleh bangsawan (kalifah) Billah pada tahun 800-an M, penguasa Arab jaman itu. Banyak tokoh-tokoh catur Arab pada jamanya yang menciptakan komposisi/kuis catur. Salah satunya yang paling terkenal adalah komposisi/kuis catur 'tur kuda' yang mempunyai aturan 'gerakkan kuda di atas papan catur sampai semua petak pernah disinggahi dengan tidak boleh menempati petak yang sama lebih dari sekali'.

Tokoh-tokoh catur Arab yang terkenal di jaman itu yang mengkomposisi kuis catur 'tur kuda' ini antara lain Ali C.Mani, Abu Naim, Al-Adli ar-Rumi tahun 840 M dan pecatur tersohor pada masa Arab kuno yaitu as-Suli pada tahun 946 M. Lebih jelasnya silakan menagkses situs sejarah catur tentang tur kuda di alamat :
http://www.ktn.freeuk.com/1a.htm

Selain problem tur kuda, para leluhur catur kita ini juga menciptakan problem-problem catur lainnya misalnya problem mat seperti yang biasa kita lihat sekarang. Selain itu yang kuno lagi lainnya adalah yang pernah dibuat oleh seorang bangsawan Eropa yaitu pada tahun 1189 oleh Gerald of Wales.

Berikut saya sertakan download problem catur langka (jaman kuno) koleksi saya pribadi dengan format PGN yang bisa anda sedot dengan KLIK DI SINI (problem catur sebelum tahun 1900) .

Wah ternyata jaman dulu sudah pada hebat ya caturnya, termasuk problemnya meskipun tidak ada komputer, mereka bisa juga membuat dan menciptakan problem-problem catur yang indah untuk dinikmati.

GENS UNA SUMUS.

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2017, allright reserved.