CARI LEWAT GOOGLE

SUARA HATI CATUR

FOTO CATUR PILIHAN

Lomba Komposisi Catur, Lomba Menyusun, Memodifikasi Dan Memecahkan Problem Catur

Ada suatu kejuaraan catur yang jarang digelar (atau malah belum pernah ya) di Indonesia. Kejuaraan ini adalah Kejuaraan/Lomba/Turnamen Membuat/Memecahkan Problem Catur. Kalo untuk tingkat dunia, turnamen semacam ini sudah rutin diadakan setiap tahunnya yang bertajuk 'World Chess Composing Tournament', 'World Solving Chess Championship', 'World Congress of Chess Composition' dan yang sejenisnya. Bagi para 'penjual problem jalanan' ini sebenarnya adalah sarana untuk menguji kemampuan MENYUSUN dan MEMECAHKAN PROBLEM CATUR yang sering mereka geluti. Pecatur terkuat / terpandai untuk PROBLEM CATUR ini adalah GM Grigorij Evseev (Rusia) rating 2804 (rating ini rating problem, bukan rating untuk turnamen catur biasa). Sedangkan juara dunia roblem Catur tahun 2008 adalah GM Piotr Murdzia (Polandia) ratingnya 2790. Saya tidak tahu, siapakah pecatur Indonesia terhebat dalam PROBLEM CATUR. Adakah teman-teman yang mengetahui informasi tentang ini?

Kejuaraan untuk problem catur umumnya ada 2 (dua) macam yaitu Kejuaraan MEMECAHKAN PROBLEM CATUR (World Solving Chess Championship) dan Kejuaraan MENYUSUN/MENCIPTAKAN/MEMODIFIKASI PROBLEM CATUR (World Chess Composing Tournament).

World Solving Chess Championship juga diatur secara resmi oleh FIDE (organisasi catur dunia). Para peserta terdaftar kejuaraan dunia ini harus menyelesaikan serangkaian test memecahkan problem catur yang telah disediakan oleh panitia, dimulai dengan tingkat kesulitan rendah dan semakin lama semakin tinggi. Nilai dikumpulkan dari waktu yang terpakai oleh para peserta dalam menyelesaikan tugas-tugas problem catur. Jadi semakin kecil/sedikit nilainya berarti rangking/peringkatnya semakin tinggi. Yang paling kecil nilainya (baca paling cepat waktu penyelesaiannya) dialah yang juara.

Biasanya lomba memecahkan problem catur ini ada yang perorangan, ada pula yang beregu. Selain itu juga ada untuk wanita dan anak-anak/yunior (di bawah usia 23 tahun). Berikut skedul yang biasanya digelar dalam kejuaraan problem catur ini :

Waktu: 2 hari, terdiri dari 6 babak dengan masing-masing babak peserta harus menyelesaikan tugas-tugas problem seperti jadual di bawah ini :

* Babak 1 - 3 twomovers 20 minutes solving time
* Babak 2 - 3 threemovers 60 minutes solving time
* Babak 3 - 3 endgame studies 100 minutes solving time
* Babak 4 - 3 helpmates 50 minutes solving time
* Babak 5 - 3 moremovers 80 minutes solving time
* Babak 6 - 3 selfmates 50 minutes solving time

Dalam dunia problem catur ini juga ada gelar seperti layaknya catur permainan yaitu ada GM, MI, MF dan lain-lain. Gak tahu saya, apakah percasi juga mengeluarkan gelar MN/MP untuk versi problem catur ini.

Untuk mengetahui siapa-siapa di kancah catur dunia yang ahli dalam problem catur, silakan melihat rating para pecatur khusus problem catur saat ini dengan mengakses di alamat:
http://www.saunalahti.fi/~stniekat/pccc/rat6.htm

Website komisi FIDE yang mengatur Kejuaraan Problem Catur atau Permanent Commission of the FIDE for Chess Compositions (PCCC) :
http://www.saunalahti.fi/~stniekat/pccc/

Saat ini rekor problem catur (mat terpanjang 267 langkah) bisa ditengok di website:
http://web.iol.cz/vaclav.kotesovec/neweklow.htm

Tentang World Solving Chess Championship (MEMECAHKAN PROBLEM CATUR), silakan baca juga di alamat:
http://en.wikipedia.org/wiki/World_Chess_Solving_Championship

Lebih jauh tentang Problem Catur bisa dibaca juga di alamat:
http://en.wikipedia.org/wiki/Chess_composition

Kok rasa-rasanya Indonesia (Percasi) belum pernah ya mengirimkan atlit caturnya dalam Kejuaraan Problem Catur tingkat Internasional? Atau mungkin sayanya saja yang tidak tahu informasi!... Padahal khan banyak sekali para pecatur 'jalanan' kita yang jago-jago mainin problem catur.

GENS UNA SUMUS.

VIDEO CATUR PILIHAN

SPARRING CATUR vs Shredder

PARTAI CATUR GM TOP DUNIA

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2014, allright reserved.