CARI LEWAT GOOGLE

SUARA HATI INSAN CATUR

Catur Ganda, Bermain Sambil Melatih, Bermain Sambil Dilatih

Suatu saat warung kopi tempat kami berkumpul banyak sekali pengunjungnya, sampai-sampai banyak pemain yang tidak kebagian papan catur. Kalo sedang asyik mereka tentu tidak mau diganti dalam waktu dekat. Sedang teman-teman semua sudah pada ngebet main catur di warung kopi itu. Mau main sama komputer sudah pada bosan karena tidak pernah menang. Mau main di tempat lain, kurang asyik suasananya. Kemudian saya usulkan kepada teman-teman untuk bermain catur 'ganda'. Kayak bulu tangkis saja ya. Sebenarnya catur ganda ini lebih mirip dengan tenis meja. Lho kok bisa? Maksud saya urutan bermainnya. Catur Ganda terdiri dari 4 (empat) orang dengan 1 (satu) set catur. Bisa pakai jam catur, bisa juga tidak. Peraturan sama persis dengan catur normal. Hanya bedanya keempat orang ini jalannya gantian seperti permainan tenis meja, dan aturan lain adalah PEMAIN TIDAK DIPERBOLEHKAN BERKOMUNIKASI atau BERKONSULTASI DENGAN REKANNYA.

Catur Ganda ini memang lucu kelihatannya, karena kalo pemain tidak mengenal betul gaya permainan temannya, mereka bisa saling menyalahkan. Pemain yang satu sudah merencanakan suatu strategi, tapi ... diubah rencananya oleh temannya. Jadi kacau. Catur Ganda ini adalah catur rekreasi untuk mengusir kebosanan dan kejenuhan bermain catur. Lagi enak-enaknya merencanakan suatu kombin, ndak tahunya si rekan nggak ngeh dengan rencana ini dan malah asyik sndiri dengan langkah-langkahnya yang malah bertentangan atau menghalangi rencana pemain yang satunya. Jadi ngrusak suasana... Asyik sekali tampaknya ya...

Saya sarankan kepada teman-teman kalo bermain catur jenis ini adalah 1 pasang akan menarik jika terdiri dari 1 orang pecatur kuat/master dan 1 orang lagi pecatur lemah/biasa. Di sini akan ada proses pembelajaran dari si lemah kepada si master. Jadi sambil bermain juga melatih (untuk si master) dan sambil bermain sekaligus dilatih (bagi si lemah). Pecatur lemah secara 'real time' akan bisa melihat bagaimana master bermain catur dan dia bisa belajar di sini. Sedang pecatur kuat akan menunjukkan bagaimana bermain catur yang baik dan benar sesuai dengan kaidah-kaidah bermain catur.

Nah sejak malam itu, kami mulai menggemari permainan CATUR GANDA ini (ada yang bilang ini Catur Tandem, tapi kayaknya beda dengan catur tandem karena setahu saya CATUR TANDEM ini pemainnya 4 orang dengan jumlah papannya 2 (dua) set). Lain waktu akan saya postingkan Catur Tandem (atau disebut dengan Catur Bughouse). Suasana jadi seru aja... ada yang geleng-geleng kepala atau ngomel panjang pendek 'tengkar' dengan temannya karena temannya ini langkahnya malah ngrusak rencananya. Ada yang senyam-senyum karena merasa aneh dengan permainan catur yang di luar pakem ini.

Selain bisa untuk sarana rekreasi dan belajar/mengajar Catur Ganda yang pasti tentunya bisa menghemat papan catur. Bagaimana tidak? lha wong 1 papan catur bisa dipakai untuk 4 orang. Gimana teman-teman, sudah pernah bermain catur Ganda?

Sayang sekali, saya belum mendengar ada kejuaraan/pertandingan Catur Ganda ini. Kalo catur kilat sudah biasa, Catur Buta juga sering ada, Catur Simultan juga banyak dilakukan. Hanya Catur Ganda yang jarang dipertandingkan...

Mau nyoba Catur Ganda? Asyik lho...

GENS UNA SUMUS.

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2017, allright reserved.