CARI LEWAT GOOGLE

SUARA HATI INSAN CATUR

Bagaimana Belajar Catur Yang Efektif dan Efisien? (3) - Pendayagunaan Engine Catur

Engine catur adalah otak komputer catur. Kala kita bermain lawan program catur, hakekatnya kita bermain dengan engine catur yang dipakai dalam program tersebut.

Dalam posting seri ke-3 dari SBKC (SERI BELAJAR KOMPUTER CATUR) ini saya sharingkan pengalaman saya tentang apa yang bisa dimanfaatkan dari engine catur :

1.Bermain catur lawan engine. Kita bisa memilih engine-engine yang ingin kita lawan (kita pilih sesuai gaya dan kekuatannya). Saat ini ada ratusan engine di Internet yang bisa didownload. Sebagai sparring, engine catur sangat baik sekali, sebagai variasi lawan pecatur manusia. Kalo anda sudah merasa tidak punya lawan di daerah anda, coba saja sparring dengan komputer. Anda akan merasakan 'pukulannya' yang keras. Orientasi pada SPARRING.


2.Menganalisa partai dalam database. Yang dianalisa bisa partai apa saja. Bisa partai Grandmaster atau bisa partai diri sendiri. Menganalisa partai sendiri bermanfaat untuk mengevaluasi kelemahan permainan kita (dimana salahnya dan apa langkah yang sebaiknya dilakukan. Fitur menganalisa partai adalah fitur terpenting dari engine catur selain untuk sparring. Partai yang dianalisa dengan engine kualitasnya tidak perlu kalah dari analisa seorang GM (Analisa GM menang di komentar verbal yang lebih menarik, analisa engine menang di langkah-langkah yang lebih akurat). Analisa yang dilakukan bisa sekaligus seluruh langkah (otomatis), bisa juga secara manual langkah per langkah. Orientasi pada ANALISA PARTAI.

3.Menganalisa posisi catur dan mencari langkah kelanjutan terbaik. Fitur ini sangat berguna terutama untuk menganalisa posisi kritis. Fitur ini juga sering dipakai oleh seorang master untuk membantu dalam meng-anotasi (mengomentari/ menganalisa) suatu partai catur. Dengan bantuan engine, akurasi sebuah analisa akan jauh lebih baik. Orientasi pada ANALISA POSISI.

4.Menganalisa / mengeksplorasi opening baru. Dengan engine yang sangat baik, kita bisa melakukan eksplorasi di opening dan bisa mencoba untuk menemukan langkah-langkah baru (Novelty) dalam opening. Sepengetahuan saya hal seperti ini, seringkali dilakukan oleh para Grandmaster saat menyiapkan diri dalam menghadapi lawan tertentu (sebagai siasat untuk menghindari persiapan opening lawan). Orientasi pada OPENING NOVELTY/BARU.

5.Menyelesaikan (bukan menganalisa) suatu posisi di babak akhir. Dengan program khusus untuk ending seperti Freezer (bukan Fritz, coba akses http://www.shredderchess.com/chess-info/features/freezer-windows-features.html), hal ini bisa dilakukan untuk mencari langkah penyelesaian yang akurat dengan waktu jauh lebih cepat dibandingkan dengan engine konvensional. Engine Freezer hanya bisa menangani Ending dan tidak bisa dipakai untuk bermain partai seperti engine-engine lainnya. Orientasi pada PENYELESAIAN ENDING.

6.Memecahkan Problem Mat (2,3,4 dst. langkah mati). Hampir semua program catur ada fitur untuk memecahkan problem Mat. Dalam produk keluarga Chessbase (Fritz dkk.), yang dipakai adalah engine Mate 2.0. Meski fitur ini kurang berguna dibanding fitur-ftur engine lainnya, tapi enak juga untuk memverifikasi problem mat yang telah kita pecahkan atau untuk mengecek apakah problem tersebut 'problem ninja' (suatu problem catur yang memang tidak ada pemecahannya) atau bukan. Orientasi pada MEMECAHKAN PROBLEM MAT.

7.Mempertandingkan engine-engine. Manfaatnya untuk melihat permainan engine-engine tersebut untuk menentukan engine mana yang cocok dengan kebutuhan kita. Pertandingan antar engine bisa Engine Match (Dwitarung 2 engine) atau Engine Tournament (Turnamen Antar engine). Dari sini kita bisa tahu dan melihat sendiri mana engine yang terbaik dan layak kita pakai sebagai engine utama. Orientasi MELIHAT PERMAINAN ENGINE.

Silakan para ahli catur menambahkan dan mengkritisi (dalam komentar), jika dipikir ada yang kurang/salah untuk kemajuan catur kita bersama.

Teman-teman punya engine apa aja?

SBKC-4 : Skedul Belajar Komputer Catur Yang Efektif & Efisien

GENS UNA SUMUS.

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2017, allright reserved.