CARI LEWAT GOOGLE

SUARA HATI INSAN CATUR

Drama Manusia Lawan Mesin Dalam Catur

Benarkah Saat Ini Manusia Sudah Kalah Mutlak Lawan Mesin Dalam Bermain Catur?

Sudah sejak lama manusia mencoba kekuatan komputer dalam bermain catur. Para pakar hardware komputer telah berusaha keras untuk merancang mesin catur yang sekuat mungkin dan para programmer juga sudah memasukkan kode-kode program catur yang setangguh mungkin dan sulit dikalahkan oleh manusia (bahkan oleh Grandmaster sekalipun).

Pada awalnya memang manusia (Grandmaster) masih mampu menundukkan komputer. Tetapi seiring dengan semakin cepatnya prosesor dan canggihnya hardware yang dibuat manusia serta semakin canggihnya kode-kode program yang dibuat programmer, pelan tapi pasti manusia semakin sulit mengalahkan mesin pintar ini.

Dulu sekali, masih ingat di benak saya, saya pernah membeli program catur Fritz 2 ke Mas Adji Hartono, MP dan mbak Dwi di Sekolah Catur Enerpac Surabaya di Jl. Dupak (sekarang sudah tutup). Saya beberapa kali masih pernah menang lawan Fritz2 (meski pun skornya tetap kalah jauh). Saat itu saya masih non master. Dan beberapa master kuat waktu itu masih mampu mengimbangi Fritz 2. Kalo tidak salah saat itu yang saya pakai komputernya masih Pentium I (memory Cuma 32 MB).

Tahun demi tahun hardware makin cepat, memory semakin gede dan software catur makin canggih, semakin sulit saya menang vs komputer. Sejak Fritz Versi 8 hingga versi terakhir Fritz 10, saya sudah tidak pernah menang sama sekali (juga tidak pernah remis). Padahal saya juga telah belajar terus dan berhasil meraih gelar master/MN (meskipun master saya kualitasnya tidak seberapa).

Dari statistik yang saya eksplorasi dalam Database, saya menemukan lebih dari 4000 partai manusia lawan komputer. Di data ini saya melihat memang pada awalnya para grandmaster kuat (macam Fischer dan lainnya) masih menang vs komputer. Tapi ya itu tadi, dengan semakin canggihnya si komputer, manusia semakin kewalahan melawan komputer. Dan masih segar dalam benak kita ketika Juara Dunia Catur saat itu (GM Garry Kasparov, yang saat ini tetap dianggap pecatur terkuat sepanjang sajarah catur) saat itu bertekuk lutut melawan super komputer buatan IBM, Deep Blue dengan skor 3.5-2.5 (coba akses ke alamat http://en.wikipedia.org/wiki/Deep_Blue_versus_Garry_Kasparov). Sejak peristiwa ini, para pakar komputer menganggap manusia sudah kalah oleh mesin (dalam bermain catur). Heran juga ya? Yang membuat manusia, tapi manusia kok kalah oleh produk yang dibuatnya sendiri.

Dunia dikejutkan dengan diciptakannya software Chinook (Coba akses ke http://www.cs.ualberta.ca/~chinook/ dan http://www.sci-tech-today.com/news/Unbeatable-Checkers-App-Solves-Game/story.xhtml?story_id=01000015ZX10) yang mengklaim dirinya sebagai program Checkers (sejenis program catur, tapi aturannya lebih sederhana) yang sempurna dan tidak mungkin bisa dikalahkan oleh manusia (kalo manusianya betul terus hasilnya remis, atau Chinook vs Chinook pasti hasilnya remis). Memang permainan catur jauh lebih komplek dibandingkan dengan checkers. Tapi para programmer Chinook telah merencanakan proyek serupa untuk permainan catur. Dalam waktu yang tidak terlalu lama, manusia sudah tidak mungkin lagi menang lawan komputer (terbaik hanya remis). Kita tunggu saja nanti bagaimana dengan proyek Chinook ini! Teman-teman bisa main Checkers?

Kalo sudah begini apa permainan catur masih menarik lagi ya?

Download Partai Manusia vs Komputer

Berikut saya sharingkan partai-partai Manusia vs Mesin yang saya ambil dari database pribadi saya. File data bisa dibuka dengan program catur keluarga Chessbase (Chessbase, Chessbase Light, Fritz, Shredder, Junior, Hiarc, dll).

Isi database : 4860 partai. GRATIS LHO!!! Buruan Download!.

Untuk Download Klik di sini (format ZIP, dimekarkan jadi file CBV), ukuran filenya kecil kok, cuman 721 Kb. Selamat menikmati.

GENS UNA SUMUS.

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2017, allright reserved.