CARI LEWAT GOOGLE



SUARA HATI INSAN CATUR





The King : Engine Catur Yang Tertanam di Program Chessmaster

Sepengetahuan saya Chessmaster adalah program catur yang paling banyak dipakai di Indonesia selain Fritz. Sejak versi 1000 dahulu yang masih disimpan dalam 1 buah disket 1.44 MB sampai versi terbaru Chessmaster XI (Grandmaster Edition) yang tersimpan dalam 1 keping DVD.




Saya kira para pembaca semua setuju bahwa Chessmaster memiliki tampilan grafis yang memukau dan menyenangkan. Fitur-Fiturnya juga sangat menarik. Seperti Tutorial Training Catur, adanya pecatur virtual (tiruan manusia lengkap dengan foto-fotonya), Board 2D/3D-nya yang macam, natural language annotation dan lain-lain. Ubisoft telah merilis program ini dalam berbagai platform mulai yang untuk desktop, ponsel (sistem operasi Symbian), Mesin Game XBOX, Sony PS (Playstation), sampai untuk mesin game Nintendo.


Jika anda bermain lawan Chessmaster, sebenarnya yang anda lawan adalah engine The King. Untuk Chessmaster 10th yang digunakan adalah engine The King 3.3 (buatan Johan The Koning, programmer berkebangsaan Belanda). Belum tahu untuk yang Chessmaster XI enginenya versi apa.

Sayang kita tidak bisa mainkan engine lain pada Chessmaster (tidak seperti Fritz yang bisa mainkan engine tamu, bahkan kita bisa memainkan Chessmaster/engine The King). Meskipun The King 3.3 tidak sekuat Rybka, Shredder, Fritz dan engine terkenal lainnya, tapi jangan remehkan dia dan coba kalahkan The King 3.3 kalo bisa.

Engine The King dikenal sebagai engine dengan gaya permainan posisional yang sangat solid. Pertahanannya sulit ditembus. Bagi yang terbiasa latihan dengan Chessmaster akan merasakan hal ini. Saya sering men-setup 'posisi menang' (menang bidak atau posisi bahkan kualitas), tapi sulit sekali melakukan tekanan lawan Chessmaster dan menang cepat, bahkan saya masih kalah. Ada saja cara dia untuk meloloskan diri.

Bukankah begitu teman-teman?

Situs resmi Chessmaster :
http://chessmaster.uk.ubi.com/xi/index.php

Referensi Lain :
http://en.wikipedia.org/wiki/Chessmaster

Rilis-rilis Chessmaster :
http://www.gamefaqs.com/search/index.html?game=chessmaster&platform=0 dan
http://www.mobygames.com/game-group/chessmaster-series

Download partai-partai The King :
http://www.chessgames.com/perl/ezsearch.pl?search=the+king

GENS UNA SUMUS

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2018, allright reserved.