CARI LEWAT GOOGLE

SUARA HATI INSAN CATUR

Jam-Jam Catur Yang Digunakan Dalam Turnamen-Turnamen Catur, Yang Terbaru DGT 2010

Kalo kita bermain catur di turnamen tingkat nasional, sudah pasti sebagai pemegang buah putih harus menyediakan peralatan catur. Yang dimaksud peralatan catur ini adalah: buah catur, papan catur dan jam catur. Memang jam catur saat ini sudah merupakan kebutuhan primer bagi peserta yang mengikuti turnamen besar, jika panitia tidak menyediakan jam catur. Jam catur atau chess clock ini sangat berguna untuk membatasi waktu pikir masing-masing pemain agar turnamen bisa berjalan tepat waktu sesuai skedul. Dulu saat jamannya waktu bertanding masih menggunakan peraturan 'partai tunda', pertandingan berjalan sangat lama dan membosankan (sampai 8 jam lebih sekali main, bahkan masih ditunda segala dengan sistem 'langkah sampul'). Seiring dengan berjalannya waktu dan semakin mudahnya orang mendapatkan jam catur, kini pertandingan hanya dibatasi sekitar 3 -4 jam saja untuk sekali main untuk catur klasik. Jam catur mulai dipakai dalam turnamen catur di Inggris sekitar tahun 1883.

Saat ini turnamen catur cenderung semakin pendek. Kalo dulu sebuah turnamen bisa berlansung dalam setengah bulan, sekarang dapat dipersingkat dalam hitungan hari saja. Umunya 3-6 hari saja, turnamen sudah selesai. Belum lagi jaman sekarang, semakin sering turnamen diadakan dengan sistem catur cepat (25 menitan) 1-2 hari selesai yang biasanya diadakan waktu hari-hari libur (Sabtu, Minggu). Turnamen cepat semacam ini berdasarkan pengamatan saya, selalu ramai dikunjungi peserta. Bahkan yang domisilinya jauh dari tempat pertandingan, menyempatkan diri untuk ikut. Pada umumnya mereka beralasan waktu untuk ikut turnamen hanya hari libur (Sabtu dan atau Minggu) saja. Hari-hari biasa banyak yang sibuk bekerja dan tidak bisa mengikuti. Bahkan saya lihat meskipun hadiahnya relatif kecil, turnamen tetap ramai diikuti.

Jadi jaman sekarang peran dari jam catur sangat penting dalam sebuah turnamen catur. Saya melihat juga, teman-teman catur sangat menyukai permainan catur kilat (sekitar 5 menitan) atau sering disebut dengan 'lightning chess'. Mereka bergembira ria dan refreshing dengan catur kilat ini. Karena permainan segera cepat selesai dan berganti dengan permainan berikutnya. Hanya perlu diwaspadi bahwa kalo terlalu banyak bermain catur kilat (5 menitan) seperti ini, dikhawatirkan kemampuan kalkulasinya menjadi dangkal dan tidak mampu menangani bangunan-bangunan kompleks, karena terbiasa dengan hitungan dangkal dalam permainan kilat.

Turnamen catur modern yang menggunakan sistem KO (gugur), mengharuskan salah satu pemain tersingkir. Umumnya permainan dilakukan 2 (dua) x hitam-putih dengan catur klasik. Jika draw maka dilakukan play-off dengan ditambah 2 partai lagi hitam putih dengan waktu dibuat menjadi catur cepat. Jika masih seimbang (2-2), maka dilakukan sistem 'sudden-detah' dengan setingan hitam diberi waktu 5 menit dan, putih 6 (atau 7) menit dengan aturan JIKA REMIS MAKA HITAM MENANG.

Kembali ke bahasan jam catur ya. Jam catur seperti kita ketahui bersama ada 2 jenis: jam catur analog (misalnya merk Jerger buatan Jerman) dan jam catur digital (misalnya DGT 2000). Jam catur digital yang terbaru adalah DGT XL dan DGT 2010 yang saat ini sering digunakan dalam turnamen-turnamen tingkat internasional.



Jam catur analog umumnya menggunakan rangkaian mekanik dengan menggunakan 'per' untuk menjalankannya dan jarang yang memakai batere. Jam ini merupakan gabungan semacam 2 jam weker yang dihubungkan dengan rangkaian mekanik, sehingga jika salah satu pemain memencet tombol jam catur, jam caturnya berhenti dan jam catur lawan bergerak. Pada setiap jam catur, diberi tanda berupa bendera untuk mengetahui jam siapa dulu yang jatuh alias waktu habis. Makanya ada istilah 'jam jatuh' atau 'bendera jam jatuh' atau dalam bahasa Inggris sering dikatakan 'flag drop'. Jam catur analog memiliki kelemahan tidak bisa dipakai untuk sistem Fischer Chess Clock yang menggunakan 'increment' (waktu tambahan untuk tiap langkahnya). Umumnya harga jam catur analog lebih murah daripada yang digital. Harganya berkisar antara Rp. 250 ribu - Rp. 1.5 Juta.



Sekarang hampir setiap turnamen tingkat internasional telah menggunakan sistem increment ini yang hanya bisa diaplikasikan pada jam catur digital jam catur digital yang displaynya menggunakan LCD ini. Harga jam catur digital saat ini sekitar Rp. 500 ribu - Rp. 3 juta. Buatan Eropa tentunya harganya jauh lebih mahal. Kalo pengen murah ya beli saja yang buatan China. Konon kalo belinya di China sana harganya bisa dibawah Rp. 500 ribu. Soal kualitas ya... saya kurang tahu. Jam catur digital juga mempunya kelebihan dapat dihubungkan dengan DGT Smart Board, sehingga tidak hanya langkah-langkahnya saja yang masuk komputer tapi juga waktu realtime yang dipakai kedua pemain akan juga ikut tersimpan.

Berikut link-link yang bisa anda kunjungi untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap soal jam catur ini :
http://www.chesscentral.com/equipment_chess/chess-clock-game-time.htm
http://www.chessdirect.co.uk/acatalog/CATALOGUE___SHOP_CHESS_CLOCKS_46.html
http://en.wikipedia.org/wiki/Game_clock

Teman-teman semua, siapa yang belum punya jam catur?

Hari gini ... belum punya jam catur?

GENS UNA SUMUS.

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2017, allright reserved.