CARI LEWAT GOOGLE

SUARA HATI INSAN CATUR

Belajar Catur Dengan Komputer Yang Efektif Dan Efisien (11) - Melatih Kalkulasi Catur Dengan Memanfaatkan Fitur Training Di Software Fritz

Banyak cara untuk melatih kalkulasi catur. Bisa dengan cara manual atau bisa juga dengan memanfaatkan software catur. Meskipun tidak banyak software catur untuk melatih kalkulasi, tapi tetap dimungkinkan untuk melatihnya. Dalam posting SERI BELAJAR KOMPUTER CATUR Edisi ke-11 kali ini, saya akan sharingkan bagaimana melatih dan meningkatkan kemampuan kalkulasi kita dengan program catur yang sudah kita kenal yaitu FRITZ. Untuk posting SBKC (Seri Belajar Komputer Catur) edisi mendatang, akan dipostingkan juga melatih kalkulasi dengan software-software lain. Software catur Fritz buatan Chessbase ini yang memiliki fitur untuk melatih kalkulasi adalah yang mulai Fritz versi 9 kemudian 10 dan yang terbaru versi 11 (2008). Fitur yang saya maksudkan adalah fitur TRAINING (Attack, Check dan Defence). Bahkan dalam Fritz versi terbaru ada tambahan fitur yang khusus untuk kalkulasi yaitu CALCULATION TRAINING.

Kita semua sudah tidak meragukan lagi betapa pentingnya skill KALKULASI ini dalam catur. Kalkulasi menurut para ahli catur memiliki beberapa faktor :

1.BOARD VISION, atau bisa disebut sebagai KETELITIAN PAPAN. Bisa didefinisikan sebagai kemampuan pecatur untuk melihat/mengetahui apa yang terjadi di atas papan dalam beberapa detik (misal 5 detik) saat pertama melihat papan catur. Ada juga ahli catur yang menyebutnya dengan VISUALISASI. Menurut instruktur catur terkenal MI Jacob Aagaard dalam bukunya yang menjadi best seller yaitu Excelling At Chess Calculation, ada kutipan yang berbunyi "DON'T THINK, LOOK!". Maksudnya kita tidak akan bisa menghitung langkah dengan baik, jika kita tidak/belum mampu melihat papan dengan baik lebih dulu (atau bisa dikatakan SEBELUM MATA KITA TELITI MELIHAT PAPAN, KITA AKAN KESULITAN UNTUK MENGHITUNG LANGKAH DENGAN BAIK (akurat, dalam, luas, cepat). Board Vision terbagi menjadi 2 : 1) Static Board Vision, mengetahui apa yang terjadi HANYA PADA BUAH yang terlihat di atas papan dan 2) Dynamic Board Vision, mengetahui apa yang terjadi pada buah-buah catur SETELAH BERPINDAH atau pertukaran langkah (setelah visualisasi di atas papan). Jadi dynamic board vision memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi.

2.PATTERN RECOGNITION, atau bisa disebut dengan HAPALAN TEMA/POLA/KEPINGAN POSISI. Dengan memiliki hapalan posisi semacam ini, proses kalkulasi menjadi jauh lebih mudah, bahkan kalo perlu tidak usah dihitung langkahnya (jika posisi hampir 100% sama persis, misal pada OPENING dan ENDING tertentu). Perlu disebut di sini bahwa POLA/KEPINGAN POSISI berbeda dengan TEMA. Pola mengacu pada posisi-posisi tertentu dari buah catur, sedangkan tema mengacu pada NAMA dan identifikasi dari suatu pola serangan/pertahanan YANG LEBIH UMUM SIFATNYA. Jadi tema-tema terbagi menjadi banyak pola-pola. Contoh tema misalnya seperti : ZUGZWANG, SERANGAN GANDA, SINAR-X, SKAK TARIK, BUKA SELUBUNG, MAT TAK TERBELA, LANGKAH SELIPAN, PAKUAN, PENGUNCIAN, ANCAMAN TAK TERBELA, PENGOSONGAN PETAK, PAKSAAN PROMOSI, SKAK ABADI, PAT, dan lain-lain masih banyak lagi. Contoh pola misalnya Pola LUCENA pada ENDING BENTENG, Pola FISCHER pada ending GAJAH-KUDA, POLA Sisilia Naga dalam OPENING, dan lain-lain.

3.POSITIONAL UNDERSTANDING, atau PEMAHAMAN POSISI secara umum. Jika bangunan yang ditemui tidak masuk jalur yang kita hapal dan pola yang timbul sangat banyak/kompleks maka PEMAHAMAN POSISI dibutuhkan untuk memecahkan masalah di atas papan catur. Skill no.3 ini termasuk yang paling sulit dikuasai oleh pecatur. Untuk membantu memahami segi posisional, harus dikuasai juga PEDOMAN-PEDOMAN CATUR (Chess Wisdom/Guides) sebagai alat bantu membuat keputusan (contohnya seperti pada sidebar di sebelah kanan pada blog ini yang berlabel "PEDOMAN CATUR HARI INI"). Para ahli catur mengatakan "USE WORD/SENTENCE AS THINKING TOOL" atau GUNAKAN KATA/KALIMAT SEBAGAI ALAT BANTU BERPIKIR. Banyak para master yang jika kurang akurat dalam memahami posisi akan tergelincir pada penafsiran yang keliru ketika menganalisa posisi di atas papan. Misalnya secara umum sepasang gajah itu lebih unggul daripada Gajah+Kuda. Tapi si FULAN ini lupa/tidak melihat bahwa salah satu gajahnya bisa ditukar dalam 4 langkah ke depan. Juga misalnya ternyata bidak-bidaknya bisa dipaksa oleh lawan untuk ditutup, tentu pihak yang memiliki Kuda akan lebih unggul. Dan seterusnya.

Sekarang kita kembali bahasan utama kita yaitu MELATIH KALKULASI DENGAN FRITZ. Fitur melatih kalkulasi dalam Fritz ini utamanya untuk melatih STATIC BOARD VISION, yaitu apa yang terjadi hanya pada buah yang terlihat saat itu pada papan catur. Tidak setelah pertukaran langkah. Untuk melatih DYNAMIC BOARD VISION menggunakan software lain, yaitu CHESS VISION TRAINER (tunggu posting dari SBKC edisi berikutnya).

Dalam fitur training di Fritz ini (FRITZ 9 dan FRITZ 10), ada 3 macam yang bisa dilakukan untuk kalkulasi (untuk Fritz 11 ada tambahan 1 lagi yaitu CALCULATION TRAINING) yaitu :

1.ATTACK TRAINING, untuk melatih BOARD VISION yang berkaitan dengan buah-buah catur pada kedua belah pihak TERANCAM. Jadi prosedur/tujuan dari training ini adalah mencari buah-buah yang terancam, baik buah sendiri maupun buah lawan. Setelah mengetahui ada buah catur yang terancam, lakukan KLIK pada buah tersebut. Buah yang diklik akan ditandai dengan warna HIJAU. Kita bisa menyelesaikan 1 training ditandai dengan bergantinya posisi dengan posisi berikutnya. Posisi-posisi yang dipakai training BISA KITA TENTUKAN/PILIH SENDIRI databasenya. Dan saya sarankan GUNANAKAN DATABASE YANG MERUPAKAN REPERTOIRE atau KESUKAAN KITA masing-masing. Hal ini akan meningkatkan hapalan POLA-POLA/KEPINGAN POSISI dari OPENING KITA secara signifikan.



2.DEFENCE TRAINING, untuk melatih BOARD VISION yang berkaitan dengan buah-buah catur yang TIDAK TERJAGA. Baik buah sendiri putih maupun hitam. Prosedur/tujuan dari latihan ini adalah mencari buah-buah yang tidak terjaga dan kemudian melakukan KLIK pada buah tersebut. Teknik lainnya sama dengan yang No.1.

3.CHECK TRAINING, untuk melatih BOARD VISION yang berkaitan dengan buah-buah catur yang BISA MELAKUKAN CHECK. Baik buah sendiri putih maupun hitam. Prosedur/tujuan dari latihan ini adalah mencari buah-buah yang bisa melakukan check dan kemudian melakukan KLIK pada buah tersebut. Teknik lainnya sama dengan yang No.1.

Dengan latihan-latihan tersebut di atas, BOARD VISION (statis) atau KETELITIAN PAPAN diharapkan akan bisa meningkat secara signifikan. Latihan ini bisa dilakukan rutin setiap hari dan kalo bisa ya sesering mungkin. Dan nanti kalo suah teliti, akan berkuranglah kekalahan dengan keluhan, "AKU TIDAK MELIHAT BENTENGNYA BISA KE SINI", "AKU TIDAK MELIHAT KALO TERNYATA KUDANYA TIDAK TERJAGA", "AKU SAMA SEKALI TIDAK TAHU KALO ADA SKAK MAT", dan keluhan "TIDAK MELIHAT" "TIDAK TAHU" lainnya.

Untuk latihan khusus kalkulasi dengan Fritz 11 (CALCULATION TRAINING), akan saya postingkan di kesempatan mendatang. Makanya baca blog ini terus ya.

Bagi teman-teman master yang pandai atau yang ahli komputer catur, tolong kalo ada yang salah dari posting saya kali ini mohon dapatnya saya dikoreksi. Terima kasih banyak ya.

Sumber dari chessbase yang membahasa tentang latihan kalkulasi (board vision) bisa dibaca di alamat :
http://www.chessbase.com/newsdetail.asp?newsid=2923

Yuk, kita latihan kalkulasi, biar lebih teliti dan meningkat level/rating kita...

GENS UNA SUMUS.

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2017, allright reserved.