CARI LEWAT GOOGLE

SUARA HATI INSAN CATUR

Makanan / Nutrisi Bagi Pecatur, Diet Apa Yang Dilakukan Oleh Para Grandmaster Top Dunia?

Untuk bisa survive dalam pertikaian yang sangat sengit dan ketat di dunia catur, pecatur dituntut memiliki stamina yang prima. Selain stamina tubuh, yang sangat penting juga adalah kekuatan/kesehatan otak. Dengan otak yang berkemampuan cemerlang, pecatur bisa melakukan kalkulasi dengan sangat akurat seefisien mesin, dalam sampai jauh ke dapan, luas mencakup semua kemungkinan langkah, dan dengan kecepatan sangat tinggi. Mampu mengingat banyak data-data (varian-varian catur) di dalam otaknya sebanyak mungkin. Beberapa ahli kesehatan nutrisi menyarankan agar para pecatur melakukan diet agar memiliki otak dengan kemampuan maksimum.

Ada yang diet dengan memakan buah-buah tertentu. Ada yang melakukan diet ketat dengan pola makan tertentu pula. Bahkan ada yang menggunakan makanan suplemen untuk otak (semacam pil/kapsul doping) untuk menajamkan kemampuan otaknya. Para Grandmaster pecatur top dunia amat memperhatikan apa yang dimakan setiap harinya. Apalagi menjelang atau selama mengikuti turnamen, mereka akan ekstra ketat dalam hal makanan.

Dari situs chessbase yang saya baca (alamat ada di bawah), pernah diadakan survei yang dilakukan pakar nutrisi kepada para master catur yang terdiri dari 72 pecatur (17 wanita, 55 pria berusia 18-55 tahun), dari 35 negara, dengan rating rata-rata untuk wanita 2402 dan pria 2551 (berdasar rating FIDE Oktober 2006). Dari survei ini terungkap hal-hal menarik soal makanan yang dikonsumsi para pecatur top dunia ini.

Dari survei yang dilakukan ditemukan 66.7% makan 3x sehari, sedang 33.3% diantaranya sering tidak sarapan. Dari data ini sebagian pecatur master selalu sarapan setiap hari. Makan pagi ini akan langsung berpengaruh terhadap fisik dan mental pecatur di pagi hari. Zat-zat makanan yang dikomsumsi akan langsung diproses ke dalam tubuh dan masuk ke sel-sel otak untuk diproses. Jadi kesimpulannya : SANGAT PENTING SARAPAN PAGI BAGI PECATUR.

Dari survei, juga terungkap bahwa 66.6% diantara mereka menghindari makanan-makanan berat (banyak) selama/sekitar turnamen. Makanan berat ini disinyalir akan membebani pencernaan tubuh dan oksigen lebih banyak dipakai dalam perut daripada untuk otak. Kesimpulan : JANGAN MAKAN BESAR SELAMA TURNAMEN, CUKUP MAKAN MAKANAN RINGAN DAN MINUMAN.

Kebanyakan dari mereka hanya makan makanan ringan dan minuman (95.8%). 80.5% makan coklat, 14.6% makan buah, 9.8% sereal (tau kan?). Untuk minuman jawara-jawara catur ini 72.1% minum air (aqua), 42.6% kopi, 29.5% teh, 23.6% jus buah.

Juga tampak dari survei bahwa 1/3 (sepertiga) dari para Grandmaster ini (sudah saya duga) mengkonsumsi makana suplement (pil/kapsul/jamu), yah... semacam doping. Saya dalam beberapa kesempatan juga memergoki beberapa pecatur nasional (saya tidak sebutkan namanya) yang memakai makanan suplemen dalam suatu turnamen. Jadi KALO PERLU MINUMLAH SUPLEMEN KHUSUS UNTUK OTAK.

Lebih lengkap tentang informasi/survei nutrisi bagi pecatur di situs Chessbase silakan akses link di bawah ini :
http://www.chessbase.com/newsdetail.asp?newsid=4335

Situs yang membahas terapi makanan untuk otak :
http://jilbab.or.id/archives/323-terapi-makanan-untuk-otak

Buku-buku catur berbahasa Indonesia yang membahas masalah makanan untuk otak diantaranya :

1.Makanan Untuk Otak
Author:Lorraine Perretta
Publisher:Erlangga
ISBN:979-7564-61-4

2.Brain-Boosting Supplements
Author:James Gormley & Shari Lieberman
Publisher:Bhuana Ilmu Populer
ISBN:979-694-645-9

Nutrisi suplemen dari GM Viswanathan Anand bisa dibaca di link :
http://www.nutricentre.com/pages/loadxmlcategory.aspx?category=BrainNutrition

Buku bahasa Inggris dari situs toko online Amazon yang membahas nutrisi otak :
Optimum Nutrition For The Mind, Penulis: Patrick Holford

Apa yang kita makan sudah optimal ya untuk otak kita? Mari kita introspeksi diri masing-masing....

GENS UNA SUMUS.

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2017, allright reserved.