CARI LEWAT GOOGLE

SUARA HATI INSAN CATUR

Bagaimana Memasukkan Notasi Partai-Partai Pribadi Ke Dalam Database Catur?

Akhir-akhir banyak yang bertanya, bagaimana memasukkan notasi partai-partai ke dalam database catur? Memang salah satu cara 'wajib' belajar catur yang baik adalah mendata/merecord partai-partai kita sendiri (atau anak didik bagi instruktur) ke dalam database. Dari partai-partai dalam database pribadi inilah kita dapat 'berintrospeksi' tentang permainan kita. Kita kok sering blunder fatal (salah hitung), jelas kalkulasi kita masih lemah dan musti ditingkatkan (konsentrasi, teknik kalkulasi, dll).

Mungkin kita memiliki kelemahan di opening misalnya, tinggal belajar mendalami opening, atau middle/taktiknya yang kurang tajam/peka langsung belajar berbagai macam taktik, endingnya sering blunder, berarti harus memperbanyak hapalan dan pengertian ending. Salah menilai posisi, makanya belajar memahami posisi-posisi catur dan nmengevaluasi bangunan secara akurat, dan lain-lain.

Apa yang bisa kita lakukan, setelah partai-partai ini masuk ke dalam database? Mungkin bisa seperti di bawah ini :

1.Mereplay ulang beberapa kali (jumlah pengulangan terserah, minimal 3x lah). Asumsi kita menggunakan Fritz, bisa menjalankan fitur Game-Replay, kecepatan replay bisa diatur sesuai kenyamanan kita. Dengan melihat partai ini sambil merenung apa yang kita pikirkan/lakukan saat kita di masa lalu memainkan partai tersebut.

2.Menganalisa partai-partai tadi menggunakan engine catur. Pilih engine-engine yang kuat seperti Fritz, Shredder, Rybka, Zappa, dll. Bisa dilakukan dengan menjalankan fitur Tools-Analysis (analisanya bisa dipilih Full Analysis, Blunder Only, Deep Position Analysis, dll.). Dari analisa menggunakan engine ini kita bisa tahu lebih persis mana-mana langkah kita yang salah, apa penyebab kekalahan kita.

3.Mencetak partai-partai ini untuk arsip kita, sebagai perjalanan sejarah kita sebagai pecatur. Saya pribadi memiliki partai-partai mulai dari awal saya main catur dulu sampai yang terbaru. Mungkin ini bisa juga dijadikan kenang-kenangan bagi anak cucu kita.

Oh iya kok lupa. Terus bagaimana memasukkan partai-partainya ke dalam database pak?

Langkahnya mudah saja kok pak... (asumsi kita menggunakan program Fritz) :

1.Buat database baru yang nantinya diisi partai-partai kita. Caranya Tekan tombol F12 (Open Database) kemudian tekan lagi tombol Ctrl-X (atau menjalankan menu File-New-Database) atau klik icon "create New Database" di toolbar. Ketik nama database (sebaiknya nama kita sendiri) misalnya fulan. Klik Save (atau tombol ENTER).

2.Aktifkan window board (menu awal) dengan menekan tombol F12.

3.Matikan engine yang sedang aktif (agar saat kita memasukkan partai, komputer tidak menjawab langkah kita, jadinya kita bisa memasukkan langkah hitam-putih). Caranya jalankan menu Engine-Switch Off Engine.

4.Pada panel engine (kanan) yang biasanya tampak nama engine yang aktif (misal Fritz10) akan berganti dengan kata 'Stopped'. Bisa juga dengan meng-Klik pada kata Stop di sebelah kanan nama engine.

5.Ambil notasi anda dan masukkan langkah-langkahnya pelan-pelan tapi pasti (kayak jam aja ya). Setelah selesai anda bisa menyimpan partai ini ke dalam database yang sebelumnya telah kita buat dan saat ini sedang kita buka.

6.Untuk menyimpan partai, jalankan menu File-Save dan akan muncul kotak dialog penyimpanan. Di sini anda bisa memasukkan data-data partai anda seperti nama pemain putih/hitam, nama turnamen yang diikuti, tanggal kejadian, babak, hasil, dll. Semakin lengkap tentu semakin baik. Kalo sudah klik OK.

7.Selesai, partai anda sudah masuk dalam database. Coba kita membuka window database. Di sana akan tampak partai yang telah kita masukkan. Selanjutnya ambil lagi notasi anda yang lain dan masukkan sesuai prosedur di atas (mulai langkah ke-5).

8.Tapi jangan lupa untuk mengaktifkan engine kembali, agar nantinya komputer bisa diajak sparring. Soalnya kalo lupa, saat kita melangkah dia bengong karena enginenya tidak/belum aktif. Aktifkan engine kembali dengan menghilangkan tanda centang pada menu Engine-Switch Off Engine.

9.Oh iya. untuk memanggil partai yang sudah di-entry, tinggal membuka databasenya dan meng-klik partai yang ingin kita lihat. Atau jika ingin dianalisa tinggal plih partai dan jalankan menu Tools-Analysis.

Semoga dapat memberi pencerahan kepada kita semua. Bagi yang pandai, silakan dikoreksi kalo ada yang salah. Terima kasih.

GENS UNA SUMUS.

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2017, allright reserved.