CARI LEWAT GOOGLE

SUARA HATI INSAN CATUR

Download Database Opening Repertoire : Sisilia Najdorf, Serangan Inggris B80

Menurut pengamatan saya selama menjadi pecatur, opening yang paling banyak dipakai oleh pemain (sebagai pemegang buah hitam) menghadapi putih 1.e4 adalah Pembelaan Sisilia. Hampir selalu, saat ikut turnamen setiap pemain yang pegang putih dengan memainkan 1.e4 akan menemui Pembelaan Sisilia ini (1. ... c5). Memang Pembelaan Sisilia ini adalah opening yang paling populer saat ini menghadapi langkah putih 1.e4. Jadi sangatlah wajib bagi pemegang buah putih untuk mempelajari, menghapal, memahami opening ini secara mendalam. Putih belajar bagaimana menjinakkan hitam dengan Sisilia ini. Bagi pemegang buah hitam (apalagi yang mempunyai gaya bermain yang aktif dan agresif), Sisilia bisa dijadikan senjata andalan untuk mencari menang.

Dari sekian banyak varian dalam Sisilia, yang terpopuler adalah Sisilia Najdorf. Variant Najdorf (bernama Najdorf karena dipopulerkan oleh GM Miguel Najdorf dari Argentina) menjadi terkenal setelah banyak pecatur top dunia memakainya secara teratur dan menjadikannya senjata andalan dengan hasil yang cukup memuaskan sebagai pemegang buah hitam.

Yang terkenal menggunakannya dengan sukses di antaranya pecatur legendaris dari Amerika Serikat GM Bobby Fischer, pecatur top Rusia yang saat ini beralih ke dunia politik GM Garry Kasparov dan juga salah satu pecatur terkuat dunia GM Veselin Topalov dari Bulgaria. Pecatur yang disebutkan terakhir bahkan telah menemukan langkah novelty (penemuan baru) yang saat ini dikenal sebagai variasi Topalov.

Para grandmaster yang beraliran 1.e4 mulai mencari cara untuk menjinakkan Sisilia Najdorf ini dengan langkah-langkah penemuan barunya. Salah satu cara yang terbaik dan banyak dipakai saat ini adalah putih menerapkan apa yang dinamakan variasi 'Serangan Inggris' dengan diawali menempatkan Gajahnya di petak e3 diikuti dengan rokade panjang dan selanjutnya melakukan penetrasi ke sayap raja hitam dengan memajukan bidak-bidaknya (bidak f,g,h) menghunjam ke singgasana raja hitam. Sebaliknya hitam membalasnya dengan serangan ke sayap menteri yang rokade panjang. Cara ini terbukti cukup ampuh untuk menghadapi Sisilia Najdorf. Disebut dengan 'Serangan Inggris' karena cara ini dipopulerkan oleh pecatur-pecatur Inggris seperti GM John Nunn, GM Nigel Short dan GM Michael Adams.

Serangan Inggris dimulai dengan langkah-langkah : 1.e4 c5 2.Kc3 d6 3.d4 cxd4 4.Kxd4 Kf6 5.Kc3 a6 6.Ge3!? di sini hitam bisa memilih 2 lanjutan yang banyak dipakai yaitu aliran 6.... e6 dan aliran 6.... e5. Masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan. Yang menyukai langkah 6.... e6 ingin melidungi petak krusial dalam Sisilia petak d5. Sedang yang menyukai 6.... e5, lebih mengedepankan aktifnya perwira Gajah hitam dari c8.

Dalam kesempatan kali ini saya akan mempostingkan yang beraliran 6.... e6 (kode ECO B80). Jadi langkahnya menjadi 1.e4 c5 2.Kc3 d6 3.d4 cxd4 4.Kxd4 Kf6 5.Kc3 a6 6.Ge3!? e6 7.f3. Silakan menyimak dan mempelajarinya baik-baik, semoga memberi manfaat yang sebesar-besarnya bagi kita semua.



Download Partai Pembelaan Sisilia Najdorf Serangan Inggris B80, langsung Klik Di Sini (partainya sampai yang terbaru lho). Yang diambil adalah partai antar GM Super (elo di atas 2600) sejumlah 161 partai. Bagi yang ingin partai lengkapnya (4566 partai), silakan japri (email) ke saya.

Teori tentang Opening ini silakan download Klik Di Sini (diambil dari ECO).

Siapa yang suka pake Sisilia Najdorf Serangan Inggris?

GENS UNA SUMUS.

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2017, allright reserved.