CARI LEWAT GOOGLE

SUARA HATI INSAN CATUR

Belajar Catur Dengan Komputer Yang Efektif & Efisien (2) - Pendayagunaan Database Catur

Yang punya komputer banyak. Yang punya program catur juga banyak. Yang bisa mengoperasikan komputer catur mungkin juga tidak sedikit. Tapi menurut pengalaman saya, sangat sedikit yang bisa mengoptimalkan komputer untuk kemajuan caturnya.

Berikut saya sharingkan pengalaman saya selama saya mengeksplorasi komputer catur, agar pecatur bisa memanfaatkan komputer secara maksimal untuk “percepatan pembelajaran” caturnya. Semoga pengetahuan saya yang sekelumit ini berguna bagi kita semua (juga untuk diri saya sendiri). Terima kasih kepada para pakar komputer catur, atas kritik dan sarannya yang sudah dan akan diberikan untuk kemajuan catur kita semua.

Posting ini adalah seri ke-2 dari SERI BELAJAR KOMPUTER CATUR (SKBC-2).


DATABASE CATUR

Dari database catur hal yang bisa kita lakukan adalah :

1.Mencari partai catur dalam database sesuai kehendak kita (berdasarkan kriteria/filter yang kita masukkan dalam pencarian partai dalam database). Misalnya, ingin menampilkan partai-partai dengan opening Sisilia Najdorf Varian Ge3 yang menang Putih. Dengan sedikit klik mouse dan proses dalam hitungan menit, akan tampil partai-partai yang dimaksud, mencari partainya Kasparov saja yang menang, mencari partai dengan Ending Menteri lawan 2 Benteng, dan seterusnya dan kemudian dijalankan partainya, di-print, atau dibuat database baru. Orientasi pada PENCARIAN PARTAI DALAM DATABASE.

2.Mengumpulkan partai-partai calon lawan dan menyimpannya dalam file database tersendiri, untuk selanjutnya dipelajari opening dan permainannya. Jadi Orientasinya pada OPENING LAWAN. Dengan demikian akan memperbesar peluang menang kita. Misalnya GM Susanto Megaranto dengan memegang buah hitam, Tgl.24 Nopember 2007 nanti akan main lawan GM Kiril Georgiev (Bulgaria) dalam World Cup di Kanty-Mansis Rusia. Setelah diambil partai-partai Georgiev, menunjukkan bahwa Georgiev kalo pegang Putih kebanyakan main 1.d4, maka Susanto sebaiknya menyiapkan opening yang sesuai dengan itu, dan seterusnya.

3.Mengumpulkan partai-partai dengan opening yang kita sukai (sering dipakai) yang kita simpan ke file database tersendiri (misal: file database partai Sisilia Alapin jika pegang putih), selanjutnya database ini kemudian kita pelajari/eksplorasi setiap hari agar kita menguasai jalur-jalur dalam Sisilia Alapin. dan seterusnya. Jadi Orientasinya pada OPENING SENDIRI.

4.Mengumpulkan database dengan ending tertentu (misal Ending Gajah Belang), selanjutnya kita pelajari Ending database yang kita buat ini sampai menguasai betul. Orientasinya pada ENDING.

5.Memiliki Database Taktik (misal database yang berisi 1001 kombinasi catur). Kita pelajari tema-tema taktik dan polanya setiap hari agar dapat diterapkan dalam permainan kita sendiri (Misal tema pakuan, serangan ganda, sinar-x, garpuan, dll). Semakin banyak posisi taktiknya tentu semakin baik. Orientasi pada TAKTIK DAN KOMBINASI.

6.Memiliki Database Posisional. Kita pelajari tema-tema posisionalnya dan polanya agar dapat diterapkan dalam permainan kita sendiri (misal tema bidak lemah, lajur terbuka, petak lemah, diagonal panjang, sepasang gajah, dll.). Semakin banyak database posisionalnya tentu semakin baik. Orientasi pada POSISI.

7.Memiliki Database Teori Opening Catur Terbaru dari GM terkenal (misal: bermain Sisilia Najdorf oleh Kasparov, Hindia Raja oleh Kkasimdzanov, dll.). Dari GM kita bisa belajar teori opening catur terbaru (daripada ECO/BCO/NCO yang kurang up-to-date). Belajarnya secara interaktif, seringkali ada video tutorial, jadi serasa belajar langsung di hadapan sang GM. Orientasi pada TEORI OPENING. Tentu lebih cepat bisa dikuasai daripada lewat buku.

8.Memiliki Database Test Catur (Taktik, Posisi, Opening, Ending). Tujuannya untuk menguji sampai seberapa jauh skill catur kita. Dengan tampilan yang interaktif dan ada umpan baliknya, sehingga latihan/test menjadi kegiatan menyenangkan. Di sini termasuk juga database Problem Mat (2,3,4,5 langkah Mat). Orientasi pada TEST KEMAMPUAN CATUR.

9.Mengumpulkan database lengkap partai diri sendiri. Pecatur yang ingin maju seyogyanya mencatat langkah-langkahnya dalam setiap permainan (utamanya dalam turnamen), sehingga bisa melakukan evaluasi dan introspeksi dari waktu ke waktu. Dari database ini, pecatur dapat memperbaiki permainannya, misal dengan memperbaiki openingnya, memperbaiki ending, atau memperbaiki di mana titik lemahnya. Jika hal ini dilakukan, niscaya kemajuan yang signifikan akan dapat diperoleh. Orientasi pada EVALUASI PERMAINAN SENDIRI.

10.Membuat database dari Engine Match dan Engine Turnamen. Jika pecatur akan mengeksplorasi jalur opening baru (novelty) yang tidak atau jarang dimainkan (tidak ada atau sedikit sekali dalam database), maka bisa didapatkan partainya dari database engine yang kita buat. Kita set agar engine-engine yang ditarungkan memainkan jalur-jalur opening yang akan kita pelajari. Hasilnya kita simpan dengan nama opening, misalnya: Pembelaan Perancis Variant Klasik, h6!?. Setelah cukup terkumpul jumlah partainya (misal 100 atau 1000 partai), kemudian kita pelajari lebih lanjut/eksplorasi database ini. Orientasi pada OPENING BARU.

Ada yang kurang nggak sih?

Seri Ke-3 : Apa yang bisa dilakukan dengan engine catur?

Jadi simak terus ya!

GENS UNA SUMUS.

[bersambung...]

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2017, allright reserved.