CARI LEWAT GOOGLE

SUARA HATI INSAN CATUR

Puasa - Salah Satu Cara Memperkuat Kinerja Otak

Catur adalah olahraga adu kekuatan otak dan stamina (duduk sambil berpikir dalam waktu lama). Stamina yang baik ditentukan oleh metabolisme tubuh yang serasi dan seimbang, misalnya tekanan darah normal, kadar gula dalam darah normal, kadar lemak dalam tubuh yang tidak berlebihan, dan sebagainya. Saya kok belum pernah melihat ada pecatur gendut yang menjadi pecatur top. Kesehatan tubuh yang prima akan langsung berpengaruh pada kinerja otak. Kesehatan Otak yang prima sangat dibutuhkan dalam pertandingan catur, utamanya untuk KALKULASI LANGKAH CATUR yang LUAS, DALAM dan AKURAT.

Beberapa cara yang bisa ditempuh untuk menyehatkan tubuh dan otak adalah misalnya dengan OLAHRAGA FISIK, MAKAN MAKANAN YANG BERGIZI DAN SEIMBANG, ISTIRAHAT YANG CUKUP, MEDITASI (atau SHOLAT YANG RUTIN DAN KHUSYU dan DZIKIR bagi yang beragama Islam), SENAM OTAK, MAKANAN/MINUMAN SUPLEMEN yang sudah teruji para ahli, dan PEMBUANGAN RACUN-RACUN DALAM TUBUH (yang paling mudah dan baik adalah dengan PUASA, yang lain misalnya dengan PIJAT REFLEKSI, AKUPUNKTUR, dll.). Maka sudah sangat tepatlah ajaran dari Agama Islam (dan agama lainnya) yang mewajibkan umatnya berpuasa. Karena memang PUASA ini dapat menyehatkan rohani (mental) dan jasmani (termasuk otak di dalamnya).

Selain sehat, puasa juga menentramkan hati dan pikiran kita. PIKIRAN YANG TENANG adalah salah satu tanda OTAK SEHAT. Bagaimana bisa menang caturnya kalo pikiran gelisah tak menentu, banyak masalah kehidupan, tidak fokus? Bagaimana bisa main catur dengan baik jika konsentrasinya terganggu dengan hal-hal yang memusingkan misalnya punya MASALAH KEUANGAN, BERTENGKAR DENGAN ORANG DEKAT (istri,rekan kerja,teman sekolah,dll.), PROYEK TIDAK SELESAI dan masalah lainnya. Pikiran yang tenang mutlak dibutuhkan dalam catur. Supaya pikiran bisa tenang, bisa dicapai misalnya dengan BERPUASA.

Secara ilmiah, PUASA akan membuang racun-racun yang berbahaya bagi tubuh yang sedikit atau banyak masuk ke dalam tubuh kita selama bertahun-tahun atau bahkan puluhan tahun yang lalu lewat makanan-makanan dan minuman 'modern' yang setiap hari kita santap, atau istilahnya DETOKSIFIKASI. Seperti yang telah kita alami dalam keseharian kita bahwa agak sulitlah mendapatkan makanan dan minuman bebas kimia di jaman sekarang. Sebagian besar makanan sudah mengandung zat pengawet, pewarna, penguat rasa, dan yang sejenisnya. Makanan alami yang kita anggap 100% bebas kimia pun, seperti buah-buahan dan sayur-sayuran, termasuk nasi yang kita makan sehari-hari pun sejatinya masih ada zat-zat kimianya, walau tidak sebanyak makanan/minuman buatan pabrik. Meskipun yang berwenang telah menyatakan makanan-makanan dan minuman-minuman ini sehat dan tidak berbahaya bagi tubuh kita jika dikonsumsi. Yang diproduksi oleh petani 'modern' nyatanya mengandung pupuk-pupuk kimia dan insektisida yang juga dibuat di pabrik kimia. Jadi yang paling bijaksana bagi kita adalah dengan DETOKSIFIKASI misalnya lewat PUASA (baik puasa tahunan wajib PUASA RAMADHAN dan atau puasa Sunah seperti PUASA SENIN-KEMIS dan puasa lainnya bagi yang MUSLIM).

Bagi pembaca Muslim yang kebetulan bulan ini sedang menjalankan Puasa Ramadhan, semoga puasanya lancar saja, tetap menjaga dan memilih makanan yang akan dikonsumsi. Pilih makan-makanan dan minuman yang sehat dan sedikit mengandung bahan kimia untuk BERBUKA dan SAHUR. Karena akan percuma saja kita BERPUASA kalo tetap makan dan minum bahan-bahan yang banyak mengandung zat kimia di saat Berbuka dan Sahur. Usaha DETOKSIFIKASI kita akan sedikit hasilnya bagi tubuh kita kalo tidak mau dibilang gagal.

Sumber-sumber lainnya di internet yang bisa dibaca soal manfaat puasa dan kesehatan tubuh/otak bisa diakses di alamat di bawah ini:

http://suddenlybecomesmart.blogspot.com/2009/08/puasa-menjernihkan-otak.html
http://www.edumuslim.org/index.php?option=article&article_rf=97
http://mdopost.com/news2009/index.php?option=com_content&view=article&id=3971:puasa-mencuci-pikiran-mencuci-otak-&catid=34:berita-utama&Itemid=53
http://mariraihsukses.blogspot.com/2009/08/pengaruh-puasa-pada-otak-dan-pikiran.html
http://www.indowebster.web.id/showthread.php?p=1673732

Wah...Setelah puasa, main caturnya semoga tambah kenceng ya...

GENS UNA SUMUS.

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2017, allright reserved.