CARI LEWAT GOOGLE

SUARA HATI CATUR

FOTO CATUR PILIHAN

Mengenal Jenis-Jenis Notasi Catur - Catatan Langkah-Langkah Permainan Catur

Saya kira tidak ada permainan yang memiliki catatan yang rapi dan menyejarah seperti permainan/olahraga catur. Kita yang hidup di abad informasi ini, bisa melihat dan menyaksikan permainan catur yang dilakukan oleh para master puluhan, ratusan bahkan ribuan tahun yang lalu. Ini semua berkat yang namanya NOTASI CATUR. Notasi catur adalah catatan langkah-langkah catur di atas media (misalnya kertas). Dengan catatan notasi catur ini kita bisa memainkan kembali partai catur yang sudah dimainkan. Saking pentingnya NOTASI CATUR ini, setiap peserta dalam pertandingan catur selalu diwajibkan untuk menulis NOTASI CATUR. Ratusan, ribuan bahkan jutaan partai catur telah dimainkan hingga saat ini (yang tercatat di pertandingan resmi) oleh master-master catur dari jaman dahulu, sekarang dan yang akan datang. Mega Database 2009 buatan Chessbase yang berisi partai-partai lengkap dari masa ke masa berisi tidak kurang dari 4 (empat) juta partai. Pada posting hari ini, saya akan tuliskan serba-serbi NOTASI CATUR untuk kita semua. Simak ya...

Jenis-jenis notasi catur :


NOTASI CATUR untuk mencatat langkah-langkah catur :

1. Notasi ALJABAR

Notasi aljabar adalah notasi yang paling banyak digunakan sampai saat ini. Notasi ini mencatat buah catur apa yang dijalankan, petak asal dan petak tujuan (Notasi panjang) dan hanya ditulis huruf buah dan petak tujuan (notasi pendek). Program komputer juga menggunakan notasi jenis ini dengan format PGN-nya. Variasi dari notasi aljabar ini hanya penyebutan nama buah saja. Misalnya untuk bahasa Indonesia Menteri disingkat dengan notasi huruf M, Kuda - K, Benteng - B. Sedangkan untuk bahasa Inggris Menteri ditulis dengan huruf Q (Queen), benteng dengan R (Rook), Kuda dengan N (kNgiht) dan seterusnya. Untuk bidak/pion notasi buah tidak ditulis. Dan penyebutan urutan petaknya dipandang dari sudut pihak PUTIH. Dalam program komputer kemudian muncul pengembangan notasi aljabar yang disebut dengan NOTASI FIGURINE yang mana penyebutan huruf buah catur diganti dengan GAMBAR (Simbol Font Figurine). Notasi Aljabar Figurine ini sekarang yang mendominasi buku-buku catur modern (termasuk buku legendaris INFORMATOR terbitan Yugoslavia yang menjadi acuan master catur di dunia termasuk di Indonesia).

Penyebutan petak-petak papan catur papan catur untuk NOTASI ALJABAR :



Berikut contoh notasi aljabar (notasi aljabar/panjang) dengan huruf buah dalam bahasa Inggris:

1. e2-e4 e7-e5
2. Ng1-f3 Nb8-c6
3. Bf1-b5 a7-a6
4. Bb5xc6 d7xc6
5. d2-d3 Bf8-b4+
6. Nb1-c3 Ng8-f6
7. O-O Bb4xc3

Notasi pendek :

1. e4 e5
2. Nf3 Nc6
3. Bb5 a6
4. Bxc6 dxc6
5. d3 Bb4+
6. Nc3 Nf6
7. O-O Bxc3

2. Notasi MENGURAI

Notasi mengurasi sekarang sudah jarang dipergunakan. Yang masih ada notasi ini adalah pada buku-buku terbitan lama (berbahasa Inggris). Notasi catur mengurai prinsipnya sama saja dengan notasi aljabar yang mencatat huruf buah yang digerakkan, petak asal dan petak tujuan. Perbedaannya hanya pada cara penyebutan petaknya. Pada notasi mengurai, petak pada papan catur dibagi menjadi dua yaitu sayap raja dan sayap menteri. Dan penyebutan urutan petaknya tidak hanya dipandang dari sudut PIHAK PUTIH saja tetapi kedua pihak. Notasi ini memang agak membingungkan bagi pemula.

Penyebutan petak-petak papan catur papan catur untuk NOTASI MENGURAI :



Contoh Notasi Mengurai seperti di bawah ini :

1. P-K4 P-K4
2. N-KB3 N-QB3
3. B-N5 P-QR3
4. BxN QPxB
5. P-Q3 B-N5ch
6. N-B3 N-B3
7. O-O BxN

3. Notasi ANGKA

Notasi ini jarang dipakai dan hanya dipakai misalnya untuk keperluan PERTANDINGAN CATUR SURAT MENYURAT DAN KORESPONDENSI yang saat mulai jarang dimainkan orang karena sudah ada permainan CATUR ONLINE lewat media INTERNET. Ide pembuatan NOTASI ANGKA ini dikarenakan para pemain seringkali memiliki bahasa yang berbeda utamanya dalam penyebutan NAMA BUAHNYA yang membingungkan satu sama lainnya. Sehingga dibuatlah notasi yang standar yang dapat dimengerti oleh semua peserta, yaitu dengan menggunakan angka-angka 4 (empat digit). 2 digit awal adalah petak asal dan 2 digit berikutnya adalah nama petak tujuan. Notasi ini digagas oleh ICCF yaitu Federasi Catur Korespondensi Internasional.

Penyebutan petak-petak papan catur papan catur untuk NOTASI ANGKA :



Contoh Notasi Angka seperti di bawah ini :

1. 5254 5755
2. 7163 2836
3. 6125 1716
4. 2536 4736
5. 4243 6824
6. 2133 7866
7. 5171 2433

NOTASI CATUR untuk mencatat posisi catur :

1. Notasi FORSYTH (FEN)

Notasi ini sekarang merupakan bagian dari standar format file PGN. Notasi ini diperkenalkan oleh Scotsman David Forsyth, seorang jurnalis catur pada abad 19 yang sebelumnya orang agak kesulitan mencatat posisi catur dengan cepat. Kemudian oleh Steven Edwards dikembangkan untuk publikasi catur di internet. Makanya notasi ini disebut dengan NOTASI FEN (Forsyth-Edward Notation). Cara penulisan notasi ini mudah saja, yaitu dengan menuliskan angka-angka dan simbol huruf buah catur secara horisontal dimuali dari baris buah hitam (baris ke-8 kalo notasi aljabar). Kemudian ke baris berikutnya dipisah dengan tanda garis miring. petak yang kosong ditulis angka jumlag petak yang kosong tersebut. Buah putih ditulis dengan HURUF BESAR sedangkan buah hitam ditulis dengan huruf kecil.

Contohnya :



PUTIH JALAN...

Posisi di atas jika dibuat Notasi FEN nya adalah seperti di bawah ini :
1r1qr1k1/p4pp1/7p/1ppBn2Q/3p1P2/5R2/PP1N2PP/6K1 w

2. Notasi Extended (EPD)

Notasi EPD ini lebih sering dipergunakan untuk mencatat permainan catur yang tidak standar, misalnya Catur Random (Chess960) atau Catur Fischer, yang mana buah-buah caturnya (utamanya selain bidak) dibolak-balik dengan jumlah peluangnya sebanyak 960 posisi awal. Beberapa program catur juga mendukung format ini, misalnya Chess Assistant buatan Convekta Software. Notasi ini adalah pengembangan dari notasi FEN dan yang mempunyai struktur lebih lengkap.

PGN (Portable Game Notation) :

Standar format file database catur yang berupa file text ASCII yang berisi notasi langkah-langkah catur (NOTASI ALJABAR) dengan aturan tertentu. File database catur ini adalah satu-satunya format database catur yang dapat dibuka dan dimainkan oleh hampir semua program catur mulai di PC Desktop, PDA bahkan sampai versi PONSEL. Sebagian besar situs-situs berita turnamen (misalnya Chessbase, Ruschess, The Week In Chess, dll) telah lama menggunakan format PGN ini untuk menyebarkan partai-partai pertandingan via internet.

Kegunaan Notasi Catur di antaranya adalah :

1. Sebagai bukti administrasi dalam pertandingan. Jika kedua pemain mengalami masalah misalnya buah catur jatuh atau berubah, notasi catur bisa dijadikan bukti dengan me-replay langkahnya sejak awal permainan yang dilakukan wasit.
2. Sebagai catatan sejarah seperti yang sudah saya bahas pada aline-alinea sebelumnya.
3. Sebagai bahan pelajaran catur. Misalnya pecatur yang belajar bisa memainkan kembali partai catur para Grandmaster top dunia untuk mempelajari strategi permainan dan juga menyimak langkah-langkah penemuan baru yang dibuat Grandmaster tersebut.
4. Sebagai media berkomunikasi antar kedua pemain dalam pertandingan CATUR BUTA (Blinfold)
5. Ada yang mau menambahkan?

Sumber tentang posting hari ini diantaranya adalah :
http://en.wikipedia.org/wiki/Chess_notation
http://en.wikipedia.org/wiki/ICCF_numeric_notation
http://en.wikipedia.org/wiki/Descriptive_chess_notation
http://en.wikipedia.org/wiki/Portable_Game_Notation
http://www.drpribut.com/sports/standard.txt

Makanya... kita musti rajin 'nyatat' NOTASI CATUR baik di pertandingan, utamanya saat berlatih! bukankah demikian?

GENS UNA SUMUS.

VIDEO CATUR PILIHAN

SPARRING CATUR vs Shredder

PARTAI CATUR GM TOP DUNIA

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2014, allright reserved.