CARI LEWAT GOOGLE

SUARA HATI INSAN CATUR

Forsyth-Edwards Notation (FEN), Notasi Catur Khusus Untuk Mencatat Posisi Catur

Permainan catur adalah permainan yang unik yang dapat dicatat langkah-langkahnya. Setiap pecatur yang mengikuti pertandingan resmi pasti diwajibkan untuk mencatat notasi. Catatan langkah-langkah ini berguna untuk bukti jika ada perselisihan antar pemain dalam suatu pertandingan (misalnya buah catur berubah letaknya atau jatuh, atau jika ada salah satu pemain curang dengan merubah letak posisi buah catur saat lawannya ke toilet, keadaan lampu mati, dan lain sebagainya). Selain itu notasi berguna untuk sarana analisa dan belajar dari partai yang sudah dimainkan untuk dicari langkah-langkah blunder atau langkah bagusnya. Langkah-langkah catur yang dicatat dapat disimpan sebagai database catur yang bisa anda lihat sekarang di produk-produk database catur seperti Mega Database, Super Pro Database dan database-database yang biasa kita download di situs-situs catur. Ada beberapa notasi catur yang kita kenal, seperti notasi aljabar, notasi mengurai, notasi figurine, notasi Forsyth (FEN), dll.

Posting kita hari ini membahas notasi FEN yang khusus dipakai untuk mencatat posisi catur. Jika kita menyimpan suatu posisi menjadi file PGN (dari posisi bukan mulai dari langkah awal), akan terlihat notasi FEN ini di atas pada header setiap partainya. Notasi FEN umumnya tidak kita pergunakan dalam pertandingan, tetapi untuk sarana belajar. Dengan notasi FEN ini kita bisa mencatat sebuah posisi catur yang kita lihat dengan sedikit tulisan dan mudah dibaca kembali. Dengan notasi FEN ini pula kita bisa memasukkan suatu posisi ke program catur seperti Fritz, atau ke web yang menyediakan service Endgame Tablebase.

Berikut aturan penggunaan dari notasi FEN ini :

1.Secara prinsip notasi FEN ini tidak mencatat petak caturnya tetapi mencatat urutan letak buah catur dari kiri ke kanan kemudian dari atas ke bawah.
2.Setiap baris dipisahkan dengan tanda slash /
3.Petak kosong dihitung sebagai satuan bilangan dalam hitungan horisontal
4.Buah catur dicatat simbol buahnya saja. Dengan aturan untuk putih menggunakan huruf besar / kapital dan untuk buah-buah catur hitam menggunakan huruf kecil.
5.Aturan penggunaan simbol buah catur umumnya menggunakan yang bahasa Inggris sebagai berikut :

Putih
Raja - King - K
Menteri - Queen - Q
benteng - Rook - R
Gajah - Bishop - B
Kuda - kNight - N
Bidak - Pawn - P

Hitam
Raja - King - k
Menteri - Queen - q
benteng - Rook - r
Gajah - Bishop - b
Kuda - kNight - n
Bidak - Pawn - p

Baiklah teman-teman, di bawah ini saya beri 2 contoh penggunaan notasi FEN :



Posisi di atas akan dicatat dengan notasi FEN sebagai (perhatikan huruf besar kecilnya):
8/7n/2K3kP/4P3/8/8/8/6N1



Posisi di atas akan dicatat dengan notasi FEN sebagai (perhatikan huruf besar kecilnya):
8/pp3k2/7p/2p1B1p1/6P1/2P2b2/P1P4P/5K2

Mudah dan sederhana bukan?

Selamat belajar notasi FEN ya, semoga berguna di kala ingin mencatat posisi catur dengan cara mudah dan waktu cepat pada pertandingan atau saat latihan.

GENS UNA SUMUS.

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2017, allright reserved.