CARI LEWAT GOOGLE

SUARA HATI CATUR

FOTO CATUR PILIHAN

Belajar Catur Dengan Komputer Yang Efektif & Efisien (1)

Pada jaman dulu sebelum ada komputer yang canggih, para atlit catur harus bekerja keras agar mempunyai skill bermain catur yang tinggi. Mereka harus meluangkan waktu/tenaga/biaya yang sangat banyak agar mampu menyelesaikan program belajarnya. Proses belajar menjadi sangat melelahkan dan membosankan. Belajar catur manual tanpa komputer sungguh banyak memiliki keterbatasan.

Misalnya jika seorang pecatur ingin melihat/menganalisa partai dalam buku Informator (terbitan Sahovski Yugoslavia) dengan urutan 1) membuka papan catur dan menata buah catur, 2) harus membaca satu per satu notasi caturnya dan melangkahkan buah catur satu per satu sampai selesai. Pengalaman untuk 1(satu) partai, dibutuhkan sekitar 1(satu) jam apalagi kalo masih menganalisa sendiri partai-partainya, tentu akan lebih banyak lagi waktu yang harus dipakai. Dengan memanfaatkan komputer, berdasarkan pengalaman saya selama ini, hanya dibutuhkan waktu rata-rata sekitar 1(satu) menit saja per partai untuk melihat/menjalankan partai catur.

Keterbatasan lainnya, jika ingin mencari partai-partai yang menggunakan opening sesuai keinginan, kita harus memelototi satu per satu notasi (atau melihat kode ECOnya juga bisa). Jika hanya 1 atau 2 partai saja tidak masalah. Tapi bagaimana jika partai yang akan dicari berisi ratusan atau bahkan ribuan partai, tentu pekerjaan ini akan sangat melelahkan dan membosankan. Dengan komputer, cukup mengklik mouse dan mengetik beberapa kata maka dalam hitungan detik/menit semua kebutuhan kita akan terpenuhi.

Dengan komputer, kita juga bisa memiliki database partai yang berjumlah ribuan bahkan jutaan partai (Mega Database 2007 berisi sekitar 3.5 juta partai). Saya sendiri memiliki koleksi partai tidak kurang dari 6(enam) juta partai (termasuk database utama, database korespondensi, database pecatur lokal, database partai engine catur, database partai saya sendiri, dan database lainnya). Semua ini cukup disimpan dalam 1 (satu) keping DVD yang besarnya tidak lebih besar daripada sebuah buku standar. Kalo ini dikonversi ke buku tentu sudah tidak bisa dibayangkan berapa banyaknya kertas yang dibutuhkan dan berapa ruang untuk menyimpannya (mungkin satu gudang tidak cukup).

Komputer juga bisa kita mintai pertolongan untuk menganalisa partai yang sudah ada dalam komputer (misalnya menganalisa partai yang pernah kita mainkan). Tak pelak lagi, komputer catur memiliki akurasi yang sangat tinggi dalam menganalisa (tentu setting waktu juga harus tepat). Hal ini tentu akan sangat membantu pecatur untuk memperbaiki permainannya. Dalam suatu posisi, dimana kita kebingungan tentang apa langkah yang terbaik, komputer bisa kita mintai bantuan untuk mencari langkah terbaik dari posisi yang sudah kita pasang.

Dan yang pasti kita bisa sparring catur dengan komputer. Meskipun saya sering frustasi (karena tidak pernah menang), tapi ini memberikan pengalaman baru yang menyenangkan bagi kita daripada hanya main dengan manusia.

Masih banyak lagi kemampuan komputer yang bisa kita manfaatkan untuk "percepatan pembelajaran" catur kita. Pecatur modern wajib menggunakan komputer, agar bisa survive di pertikaian yang sangat sengit dalam dunia catur ini.

Ada 2 elemen penting dalam belajar catur dengan bantuan komputer :

1. Database Catur
2. Engine Catur


[ bersambung ... ]

VIDEO CATUR PILIHAN

SPARRING CATUR vs Shredder

PARTAI CATUR GM TOP DUNIA

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2014, allright reserved.