CARI LEWAT GOOGLE

SUARA HATI INSAN CATUR

Seni Menonton Permainan Catur - Sepele Tapi Penting Untuk Kemajuan Catur

Catur adalah olahraga otak yang bagi para penggemarnya sangat mengasyikkan untuk ditonton. Namun saya sering mendengar komentar dari orang-orang awam yang bertanya, 'Apa sih yang ditonton dan menarik dari permainan catur?', 'Orang melototin kayu/plastik kok diliat!', 'Catur permainan yang membosankan', dan komentar-komentar lain yang senada. Meskipun permainan catur tidak bisa disoraki seperti sepakbola atau basket atau bulu tangkis atau lain yang penuh gegap gempita, malah catur ini sangat 'sepi sunyi & lengang' suasananya, tapi sebenarnya banyak sisi-sisi menarik yang bisa kita lakukan saat menonton catur (utamanya dalam pertandingan) yang mana kita bisa mengambil keuntungan dari menonton catur unruk kesenangan dan kemajuan catur kita. Dalam kesempatan posting kali ini kita akan membahas, pegimana kita bisa lebih menikmati permainan ini, utamanya bagi para penonton awam.

Dari pengamatan, pengalaman pribadi, dan sharing dengan teman-teman master, ternyata ada berbagai macam cara menikmati permainan catur. Dari menonton catur ini, alangkah baiknya jika bisa mengambil manfaat/pelajaran untuk kemajuan catur kita sendiri atau untuk anak didik kita. Berikut di antaranya...


Menebak Langkah Berikutnya

Jika 2 orang master kuat sedang bertarung, yang paling asyik adalah menebak langkah-langkah dari si master ini. Bagi pecatur yang levelnya jauh di bawah kemampuan sang master, biasanya akan bingung dan heran dengan langkah-langkah yang di luar dugaan yang nonton. Yang sering terjadi adalah rasa penasaran. Namun penonton yang skill caturnya tidak jauh berbeda dengan pemain, akan lebih bisa mengikuti jalannya permainan, bisa memahami dan dapat menyelami pikiran si master.

Menyimak Opening Yang Dipakai

Yang biasa dilakukan saat menonton catur yang lain adalah melihat dan menyimak opening/jurus catur apa yang dipakai kedua pemain. Siapa tahu sang master menggunakan opening yang sama dengan yang kita mainkan tapi jurus-jurus yang dipakai ada inovasi/perbaikan, sehingga bisa kita tiru/terapkan pada permainan kita sendiri.

Dan jika kita adalah peserta juga dalam turnamen yang diikuti kedua pecatur yang ditonton, yang berarti mereka berdua adalah calon lawan kita, maka wajib bagi kita menyimak opening yang digunakan untuk kita evaluasi dan simulasikan serta akan kita persiapkan nanti secara manual atau lebih baik dengan engine catur. Pengetahuan yang mendalam akan permainan calon lawan adalah salah satu rahasia sukses para master catur di turnamen.

Melihat Ekspresi Dan Lagak Pemain

Yang juga asyik untuk dilihat adalah melihat mimik atau ekspresi wajah dan berbagai gaya duduk serta tingkah polah kedua pecatur yang sedang duel. Apalagi kalo pemain sedang blunder, ada yang geleng-geleng kepala, ada yang berdecak kecewa, ada yang sedikit berteriak tanpa sadar, ada yang memukul kepalanya sendiri dengan telapak tangan, sampai yang hanya diam membisu tapi keluar keringat dingin sak jagung-jagung (maksudnya bijinya) besarnya.

Seringkali saya tersenyum lihat teman-teman catur yang kalo sedang bertanding, kakinya digoyang-goyang seperti sedang mendengarkan musik yang iramanya enak sekali (mungkin irama otak kali ya). Padahal keadaan sunyi senyap seperti di kuburan. Apalagi kalo posisinya sedang menang, wah goyangan kakinya semakin tambah kencang saja, seolah bisa meruntuhkan gedung pertandingan, hehehe....

Saya juga tersenyum kalo ada pecatur yang bagai aktor menjadi 'pemain watak', lho apa maksudnya?. Maksudnya si pecatur ini, berlagak telah melakukan blunder dan kecewa dengan aksi-aksi seperti yang telah saya sebutkan di atas, padahal dia ini sedang memasang jebakan yang dahsyat. Pecatur yang lugu dan kurang 'jam terbangnya' saya lihat sering kena tipu. Tujuannya tidak lain dan tidak bukan supaya lawan mengira dia blunder, dan ceroboh dan justru dia sendiri yang blunder.

Yang juga sangat sering saya lihat adalah taktik memprovokasi lawan agar si lawan ini 'buru-buru' melangkah. Caranya biasanya pihak yang unggul saya tonton sering meninggalkan gelanggang untuk sekedar 'jalan-jalan', ke toilet lama, merokok santai, sampai ada yang makan & ngopi di warung segala. Tujuan utama adalah agar si lawan buru-buru melangkah karena merasa diremehkan atau takut kalah jam banyak, padahal sejatinya posisi sedang sulit-sulitnya (bangunan komplikasi) dan membutuhkan banyak kalkulasi yang akurat. Sebenarnya taktik provokasi 'di-tinggal-tinggal' ini sah-sah saja, karena memang gak ada peraturan yang melarang hal ini.

Mencermati Dan Mengambil Pelajaran Dari Aksi Pemain Yang Tidak Sportif

Saya lihat ada pemain watak yang memang sengaja melakukan tindakan yang bisa merusak konsentrasi lawan, misalnya dengan memencet jam catur dengan sangat keras, padahal jam catur ini milik lawan. Ada yang sengaja menjatuhkan beberapa buah catur. Ada yang 'makan besar' saat pertandingan yang mana dia tahu kalo lawannya pecatur 'miskin' yang sedang 'ngempet' karena dana minim. Dan lain-lain tindakan yang tidak sportif.

Tujuan dia melakukan 'akting ini' tentu saja agar lawan rusak atau terganggu konsentrasinya, tidak bisa melakukan kalkulasi langkah dengan akurat dan melakukan blunder. Tindakan semacam ini tentu jangan ditiru karena suatu saat akan menjadi bumerang dan merendahkan repurasi kita sebagai pecatur (dicap sebagai pecatur yang curang alias tidak sportif).

Mencermati Dan Mengambil Pelajaran Dari Pemain Yang Sportif Dan Sopan

Selain belajar dari kecurangan dan kelicikan para pemain yang sebaiknya tidak kita plagiat, saya juga senang menyimak gaya pecatur yang elegan dan sangat sportif. Umumnya master-master catur besar memiliki wibawa kuat selain karena 'kesaktiannya' juga bisa karena kepribadiannya yang menawan. Cara berpakaiannya rapi dan enak dipandang. Tutur katanya halus, cara memegang buah caturnya mantap tapi tenang dan halus tanpa suara, tulisan notasinya jelas, cara memijit buah catur juga nyaman.

Kalo sudah kalah materi banyak, tidak malu-malu menyerah, merobohkan rajanya dan mengajak jabat tangan sebagai ucapan selamat, kadang dengan ucapan pujian yang menyenangkan. Sedang kalo menang, tidak congkak dan mau melayani analisa langkah dari lawannya dengan senang hati.

Dengan pecatur yang di bawahnya tidak pelit bagi ilmunya. Dengan pecatur di atasnya menghormati dan tidak syirik. Kalo diajak main sabun, gono-gini, KKN catur, mafia catur, jual-beli poin, 'paroan', atur poin, atau apalah namanya, bisa menolak dengan halus dan tidak menyinggung perasaan lawan. Dan sikap-sikap lain yang menyenangkan. Rasa-rasanya kita tidak terlalu kecewa jika kalah dari pecatur 'baik' ini dan akan senang jika menjadi sahabatnya.

Menikmati Keindahan Langkah-Langkah Catur

Salah satu yang kita tunggu dari aksi-aksi master catur di medan laga adalah langkah-langkah indah dan brilyan baik berupa langkah-langkah opening temuan baru (novelty) yang bikin menang, langkah pertahanan yang sangat kuat, sekokoh batu karang, dan utamanya langkah-langkah kombinasi yang sulit nan cantik memukau yang bisa memetik poin.

Dalam permainan tingkat master, hampir selalu kemenangan harus dicapai dengan langkah-langkah sulit yang mengandung 'daya mendobrak dan memaksa' (terkecuali lawan bikin blunder). Langkah-langkah semacam ini tentu membutuhkan kalkulasi yang dalam dan akurat selain pemahaman posisi yang sangat baik. Memang konsekuensi dari LANGKAH BAGUS adalah SULIT UNTUK DIKALKULASI. Jika kedua pecatur bermain 'biasa saja', tidak ada percikan api, tidak ada langkah yang 'mendobrak', walaupun tidak ada yang blunder, permainan akan cenderung berakhir remis/draw.

Menikmati Keindahan Komposisi Buah Catur

Selain langkah-langkah catur, kita bisa juga menikmati keindahan komposisi/susunan buah catur yang kadangkala timbul dalam permainan peserta. Saya kadang menemui posisi aneh yang unik dan lucu. Ada yang bidaknya tumpuk tiga. Ada yang kuda-kudanya 'kawin' dan berkumpul di pusat papan, ada yang buah-buah caturnya sangat simetris, ada yang Rajanya kelayapan dan terbuka tapi kebal dan tidak bisa dibunuh padahal masih di middle/babak tengah, sampai yang bentengnya seolah-olah melompat karena kalo dilihat sepintas benteng tidak mungkin melangkah ke petak itu, padahal karena bidak-bidaknya menutup.

Ada posisi yang lucu, satu pihak seolah-olah banyak makanan gratis (kadang berupa perwira sampai 2-4 titik), tapi anehnya tidak satupun makanan ini boleh dimakan, karena akan wassalam. Yang bagus malah mengorbankan perwira sendiri, dan bisa slamet... Dan seterusnya.

Ada tambahan yang lain dari rekan-rekan? Silakan...

Gimana teman-teman, yuk kita tonton master-master catur bertanding... Cari hiburan dan siapa tahu ada yang bisa diambil pelajaran.

GENS UNA SUMUS.

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2017, allright reserved.