CARI LEWAT GOOGLE

SUARA HATI INSAN CATUR

BAGAIMANA SIH CARANYA PUNYA ELO RATING INTERNASIONAL DAN GELAR INTERNASIONAL?

Mempunyai ELO Rating Internasional kayaknya masih istimewa bagi para insan catur Indonesia. Hal ini karena memang sulit dan butuh perjuangan untuk mendapatkannya, utamanya di negara kita tercinta. Selama ini teman-teman catur yang belum mempunyai ELO Rating Internasional, mendapatkan ELO Rating internasional setelah bertanding catur di luar negeri baik di kejuaraan resmi atau pun tidak resmi (Turnamen OPEN Internasional). Turnamen-turnamen catur resmi umumnya bukan sembarang pecatur yang bisa ikut serta, karena kalo resmi ya biasanya mewakili INDONESIA di ajang tersebut. Yang resmi misalnya ada OLIMPIADE CATUR, World Youth, World School, ASIAN GAMES, SEA GAMES, ASEAN AGE, World Age, dan lain-lainnya. Kalo Turnamen-turnamen yang OPEN (tidak resmi) di kawasan ASEAN misalnya ada di Malaysia (Kuala Lumpur Open, Malaysia Open, Penang Open, Selangor Open, Johor Open, dll.). Di Philliphine juga lumayan sering (bisa 2-3x mengadakan turnamen catur open internasional dengan hadiah besar). Singapore biasanya setahun sekali mengakan turnmen catur semacam ini. Lalu ada BANGKOK OPEN, Vietnam Open, Myanmar Open, Brunei Open, dll. Kawasan lain yang relatif dekat dengan Indonesia yang sering menggelar turnamen catur Internasional (FIDE Rated) adalah AUSTRALIA, seperti Australian Open, Sydney Open, dll-nya. Karena turnamen catur di luar negeri, tentu BUTUH BIAYA YANG SANGAT MAHAL (untuk ukuran kebanyakan pecatur Indonesia) agar bisa ikut ke sana. 

Sungguh sangat disayangkan di Indonesia BELUM ADA TURNAMEN CATUR FIDE RATED yang digelar secara rutin, utamanya yang TIDAK MEMBATASI RATING PESERTA. Selama ini di Indonesia sudah ada Turnamen catur Internasional BERGENGSI dengan hadiah sangat besar dan sangat membanggakan insan catur Indonesia. Turnamen tersebut adalah INDONESIA OPEN yang sudah 3x (tiga kali) digelar di Indonesia. Semoga akan selalu digelar setiap tahun dengan hadiah yang makin lama makin besar dan menjadi turnamen catur elit yang disegani di kawasan ASEAN, ASIA bahkan dunia. Sayangnya turnamen catur Indonesia Open ini membatasi peserta yang harus MEMPUNYAI RATING ELO minimal 2200. Memang ada beberapa pecatur yang ELO ratingnya di bawah 2200, tapi itu tidak banyak dan merupakan WILD CARD dari pihak penyelenggara. IDEALNYA meniru turnamen-turnamen catur di luar negeri, MESTINYA INDONESIA OPEN ini juga disertai TURNAMEN semacam kelompok CHALLENGER (Seperti digelar di Malaysia Open, Singapore Open, Bangkok Open, dll.) yang tidak membatasi ELO Rating peserta sehingga memberikan kesempatan kepada pecatur YANG TIDAK PUNYA RATING ELO FIDE bisa memilikinya. Semoga ide ini bisa dilaksanakan untuk INDONESIA OPEN 2014 mendatang.












Syarat-syarat agar punya ELO Rating Internasional selain harus mengikuti turnamen catur yang menggunakan ELO Rating FIDE (Internasional) antara lain (sesuai peraturan dalam FIDE Handbook), termasuk TRIK-TIP agar cepat naiknya ELO Rating FIDE kita:
  1. Pada awalnya harus bertemu minimal sebanyak 9 kali/babak CATUR KLASIK (kalo gak salah, kalo salah tolong dikoreksi ya) dengan pecatur yang telah memiliki ELO Rating Internasional. Dan akan dicatat di situs FIDE dalam bulan berikutnya. Karena FIDE selalu merilis ELO Rating Internasional setiap tanggal 1 awal bulan. 
  2. Jumlah rating yang didapat tergantung dari SIAPA SAJA LAWANnya dalam turnamen catur yang diikuti. Menang berarti PENAMBAHAN angka rating. KALAH rating akan minus atau berkurang.
  3. Selain itu faktor yang menentukan penambahan angka rating adalah RATING RATA-RATA LAWAN. Meskipun kalah dengan seorang GM, ini akan sangat menguntungkan karena Rating rata-rata lawan yang kita miliki tinggi. Sama-sama dapat poin 5 dalam 9 babak (9 lawan punya ELO Rating semua), yang satu sering ketemu GM/MI/MF atau peserta dengan ELO tinggi. Yang satunya 'lewat pinggir', ketemunya lontong-lontong yang ratingnya seperti 'angka tahun' tentu perolehan rating akan jauh berbeda. 
  4. Bagaimana triknya agar cepat punya ELO Rating tinggi? 1] Dalam 3 (tinga) babak awal usahakan nilai lumayan tinggi atau minimal poin 2-lah. Jangan sampai 'rokade panjang' alias kalah terus. Jika bisa maka babak-babak berikut akan ketemu lawan 'berat' dengan elo tinggi (apalagi jika 3 babak 3 poin) bisa-bisa ketemu Grandmaster di meja 1. Kalo rokade panjang (poin 0-0-0) dalam 3 bbk tentu lawan berikutnya akan lontong, bisa-bisa lawannya GAK PUNYA RATING (unrated). Ini sangat merugikan kita.
  5. Trik lainnya agar mudah mendapatkan ELO Rating adalah IKUTLAH TURNAMEN CATUR yang mana kita berada di 'seeded' bawah dalam turnamen tersebut. Pengalaman jika berada di seeded atas, akan beratlah mempertahankan angka ELO kita (jangankan penambahan) tanpa kita masuk 10 besar dalam turnamen tersebut. Meskipun perolehan angka kita tidak tinggi dan terlempar dalam 10 besar jika kita seeded bawah umumnya tidak akan banyak berkurang ELO kita, bahkan sering juga bisa nambah angkanya. Ini kisah nyata.
  6. Bagi pecatur yang UNRATED (belum punya rating), USAHAKAN LANGSUNG ikut turnamen catur yang kelompok OPEN, bukan yang CHALLENGER. Atau ikut ke turnamen catur yang banyak peserta punya ELO tinggi. Jika kita ikut turnamen catur open yang ELO rating maksimal hanya 2200-an (bahkan banyak yang 1900-an ke bawah), bisa dipastikan ELO rating yang kita dapat akan sangat kecil meskipun KITA JUARA dalam turnamen tersebut. Lebih baik ikut turnamen catur besar ber-elo rating rata-rata tinggi dengan poin sedang (misal poin 5 saja) tapi ketemu banyak peserta ber-elo tinggi, dibandingkan JUARA 1 di turnamen catur yang rata-rata elo-nya sangat rendah. INILAH TRIK dan RAHASIANYA. Beberapa teman master saya pake trik ini dan berhasil keduanya meraih gelar MASTER FIDE (MF) meskipun poin yang didapat tidak terlalu tinggi dan hanya masuk l;ebih rendah di bawah 20 besar (rank 24 misalnya).
  7. TRIK lainnya adalah usahakan TIDAK KALAH (kalo bisa menang tentu lebih menguntungkan) ketika ketemu lawan ber-elo rating sangat tinggi dalam turnamen tersebut. Trik yang bisa kita lakukan adalah, MEMPERSIAPKAN OPENING dengan sebaik-baiknya menghadapinya kemudian berusaha UNGGUL OPENING (kalo bisa unggul materi 1 pion atau unggul posisi), saat posisi middle kita bisa TAWARKAN DRAW/REMIS kpd lawan tersebut. Jika kita benar-benar unggul, tidak jarang lawan berat ini bersedia ditawari draw. Dia juga punya kekuatiran kalah dan akan banyak berkurang elonya jika kalah sama kita yang elo-nya rendah atau UNRATED. Jika ketemu lawan sejajar atau lebih rendah ratingnya daripada kita, KITA HARUS MENANG, NGE-MIK dan JANGAN SAMPAI KALAH!!
  8. Jika ada waktu, usahakan ikut turnamen catur FIDE Rated minimal 2x dalam setahun. Semakin banyak turnamen diikuti tentu akan semakin cepat penambahan rating elo kita. Tentu ini juga tergantung dari hasil yang kita dapat dalam turnamen ini. Jika sudah punya ELO Rating di atas 2200 bisa ikut ke INDONESIA OPEN yang tentunya biayanya akan lebih murah daripada ikut turnamen catur di luar negeri.
  9. Untuk mendapatkan gelar internasional, syarat ELO Rating minimal untuk MF adalah 2300 (putra) dan MFW 2100 (putri). Untuk MI adalah 2400 dan MIW harus minimal 2200. Untuk raih gelar GM minimal ELOnya 2500 dan GMW 2300. Khusus untuk gelar MI/MIW dan GM/GMW harus mendapatkan beberapa kali NORMA gelar dulu agar gelarnya menjadi penuh. Gelar MI/MIW dan GM/GMW harus mendapatkan norma sebanyak 3 (tiga) kali. Ini jelas dalam aturan di situs FIDE.
  10. Kita sudah sah dan resmi memiliki ELO Rating FIDE jika nama kita dan angka rating kita sudah terdaftar di SITUS REMIS FIDE (http://ratings.fide.com).
  11. Adakah TRIK dan hal-hal lainnya yang belum saya sampaikan soal ELO Rating ini?

CARA PERHITUNGAN ELO RATING FIDE PECATUR

Perhitungan Elo Rating adalah dengan menggunakan perhitungan matematika sederhana:

Rn = Ro + K (W – We)

Penjelasan :

    Rn = Rating baru

    Ro = Rating lama

    K = Koefisien (Semakin tinggi level pemainnya,maka semakin tinggi koefisiennya)

Nilai K tidak tergantung dari tingkat kesulitan turnamen. Nilai K dari buku manual FIDE adalah :

• 25, untuk pemain yang baru masuk daftar rating. Hal ini berlaku terus sampai pemain tersebut telah menyelesaikan event-event dan telah bermain setidaknya 30 kali.
• 15, untuk pemain yang ratingnya dibawah 2400.
• 10, untuk pemain yang ratingnya telah mencapai 2400 ke atas, dan telah bermain setidaknya 30 kali.

    W = Nilai (+1 untuk setiap kemenangan, +0.5 untuk draw, 0 untuk kekalahan)

    We = Nilai yang diharapkan berdasarkan Ro (kalau lawan ratingnya rendah, We bernilai tinggi, dan sebaliknya.
Penghitungan naik-turunnya rating tidak sekadar point yang diperoleh saja, tetapi berdasarkan kekuatan (rating) rata-rata lawan yang dihadapi.

Berapa nilai kemenangan minimal atau yang diharuskan agar ratingnya tetap alias tidak nambah atau tidak kurang disebut We = Win expectation.

Sedangkan kemenangan (nilai) yang diperoleh adalah W = Win.

Untuk mengetest kemampuan kita menghitung ELO Rating (online) bisa kita mensimulasikannya di http://www.chessmaniac.com/ELORating/ELO_Chess_Rating.shtml

Software aplikasi yang bisa dipake untuk menghitung ELO Rating FIDE:
http://www.download32.com/elo-rating-software.html

Berbagai bahasan detil di forum soal ELO Rating FIDE:
http://wwww.chesskid.com/groups/forumview/elo-rating-system2

Bahasan lengkap ELO Rating FIDE di Wikipedia:
http://en.wikipedia.org/wiki/Elo_rating

PERATURAN RESMI FIDE SOAL RATING yang lengkap (FIDE Hanbook):
http://www.fide.com/fide/handbook.html?id=11&view=category

PERATURAN RESMI FIDE SOAL GELAR yang lengkap (FIDE Hanbook):
http://www.fide.com/fide/handbook.html?id=10&view=category

Sekarang, teman-teman sudah punya ELO Rating FIDE?

3 komentar:

  1. mas, saya mau nanya,,kalo yg belm pernah ikut pertandingan catur sekalipun termasuk di dalam negeri untuk mendapatkn elo rating gimana caranya mas?
    saya ingin sekali nama saya terdaftar sebagai pemain catur

    BalasHapus
  2. Sy main catur dgn mesin yg elorating 2700..belum pernah menang ha ha

    BalasHapus
  3. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai Permainan Catur
    Silahkan kunjungin web kami http://chess.gunadarma.ac.id/ kami menyediakan beberapa artikel mengenai permainan catur.

    BalasHapus

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2017, allright reserved.