CARI LEWAT GOOGLE

SUARA HATI CATUR

FOTO CATUR PILIHAN

JENIS-JENIS LANGKAH TAKTIK DALAM PERMAINAN CATUR

Taktik Catur merupakan salah satu skill catur yang musti kudu dikuasai dengan baik oleh pecatur yang ingin menjadi pecatur tangguh. Tanpa memiliki skill catur yang baik, partai menang tidak akan mudah dikonversi menjadi kemenangan alias banyak remisnya, keunggulan akan sulit digiring dan direalisasikan menjadi kemenangan asli. Seorang master catur yang baik akan selalu punya taktik catur yang bisa MEMAKSAKAN KEMENANGAN, atau mempunyai kemampuan DAYA DOBRAK, DAYA CONGKEL, selalu bisa menimbulkan 'PERCIKAN API' di kubu lawan, dst... Juga partai imbang, boro-boro bisa menang, mempertahankan keseimbangan saja sulit dan ujung-ujungnya bisa malah kalah karena memaksanakan kehendak ingin menang. Jika tidak menguasai taktik catur yang mumpuni, partai kalah - ya sudah pasti kalah (kecuali tentu lawan blunder) karena tidak bisa melakukan serangan balik atau memasang jebakan/perangkap agar memancing lawan melakukan langkah blunder. Pendek kata taktik catur amat sangat penting sekali perannya agar permainan catur kita bisa maksimal. Bahkan para Grandmaster sepakat bahwa CATUR adalah 99% TAKTIK. Secara sederhana TAKTIK bisa diartikan sebagai LANGKAH itu sendiri! Ada istilah TAKTIK ada STRATEGI. Strategi=Apa yang harus dilakukan? Taktik=Bagaimana (langkah apa) cara melakukannya? Kalo Kombinasi=Puncak dari Taktik! Posting hari Jum'at akhir pekan ini, kita akan diskusi tentang JENIS-JENIS LANGKAH TAKTIK dalam catur. Apa bedanya dengan TEMA TAKTIK? Beda kawan...!

TEMA TAKTIK adalah identifikasi atau penamaan penggolongan atau pengelompokan taktik BERDASARKAN CIRI BANGUNAN YANG ADA DAN MENGANDUNG TAKTIK baik ciri-ciri GEOMETRIS (letak-letak buah catur) atau pun ciri-ciri lainnya. Contoh tema taktik antara lain: PAKUAN, SERANGAN GANDA, SKAK TARIK, SINAR-X, ZUGZWANG, BUKA SELUBUNG, PENGOSONGAN PETAK, dan lain-lainnya. Tentang tema-tema taktik ini sudah pernah saya bahas dalam posting terdahulu di alamat:
http://www.komputercatur.com/2008/03/daftar-lengkap-tema-tema-taktik-dalam.html

Sedang yang kita bahas pada kesempatan kali ini adalah pengelompokan JENIS-JENIS (BUKAN TEMA) TAKTIK Catur atau bisa juga diganti/disebut namanya menjadi JENIS-JENIS LANGKAH CATUR! Karena bukankah taktik itu sama saja/mirip dengan langkah? Apapun yang anda langkahkan sudah pasti ada atau termasuk dalam jenis-jenis langkah di bawah ini. Para pelatih catur biasanya akan bilang kepada muridnya, APA MAKSUD TUJUAN DARI LANGKAHMU? Ini bisa diartikan sebagai APA JENIS LANGKAHMU?. Berikut ini adalah daftar JENIS-JENIS langkah catur yang sudah kita kenal bersama:

LANGKAH CHECK MATE
LANGKAH CHECK
LANGKAH CHECK ABADI
LANGKAH MAKAN (BUAH YANG MEMAKAN TIDAK KENA MAKAN)
LANGKAH MENUKAR (BUAH YANG MEMAKAN DIMAKAN BALIK OLEH LAWAN)
LANGKAH PROMOSI BIDAK (MENJADI MENTERI)
LANGKAH PROMOSI BIDAK (MENJADI SELAIN MENTERI)
LANGKAH MENCIPTAKAN BIDAK BEBAS
LANGKAH MENGANCAM
LANGKAH MENJAGA
LANGKAH MENJAGA SAMBIL MENGANCAM (MULTI FUNGSI)
LANGKAH MENCEGAH
LANGKAH LARI (DARI ANCAMAN)
LANGKAH MENUTUP (DARI ANCAMAN)
LANGKAH MENUTUP PUSAT (RANGKAIAN BIDAK)
LANGKAH MENGEMBANGKAN BUAH CATUR
LANGKAH ANCAM BALIK
LANGKAH MENGADU
LANGKAH MEMBATASI
LANGKAH MENGUASAI PETAK
LANGKAH MENGUASAI LAJUR
LANGKAH MENGUASAI DIAGONAL
LANGKAH MINTA BANTUAN PERWIRA LAIN
LANGKAH MEMBUKA LAJUR
LANGKAH MENCEGAT (MEMBLOKADE)
LANGKAH MENUNGGU (BOLAK BALIK)
LANGKAH SELIPAN
LANGKAH MENGAMANKAN RAJA (TERMASUK ROKADE)
LANGKAH MENJAGA PETAK
LANGKAH MENDOBRAK RANGKAIAN BIDAK
LANGKAH PERBAIKAN POSISI PERWIRA
LANGKAH MEMPERKUAT (PETAK, BIDAK, LAJUR, DIAGONAL, DLL.)
LANGKAH MENGURUNG (misalnya agar perwira yg terjebak tidak bisa keluar)
LANGKAH MENGEROYOK (misalnya bidak)!

Ada lagi jenis-jenis langkah lainnya? (Asal jangan LANGKAH SERIBU aja ya?) hehehe... (^_^).

Semoga dengan semakin paham tentang jenis-jenis langkah (taktik) di atas, akan memudahkan kita untuk membuat keputusan langkah dalam permainan kita sendiri!

GENS UNA SUMUS.

VIDEO CATUR PILIHAN

SPARRING CATUR vs Shredder

PARTAI CATUR GM TOP DUNIA

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2014, allright reserved.