CARI LEWAT GOOGLE



SUARA HATI INSAN CATUR





Bermain Catur Online : Main Catur Lawan Pecatur Dari Seberang Dunia

Rasanya asyik ya kalo bisa bermain catur online di internet lawan orang dari seberang dunia sana. Kalo kita sudah bosan bermain langsung lawan manusia dan juga lawan komputer, catur online bisa dijadikan alternatif. Via catur online juga memungkinkan kita untuk main catur lawan grandmaster, meski tidak berhadapan langsung dengan orangnya.

Catur online maksudnya tentu kita main catur tidak langsung berhadapan dengan lawan kita, tapi lewat media internet. Lawan tidak hanya bisa satu kota tapi bisa lawan pecatur yang tinggalnya beratus bahkan beribu-ribu kilometer dari tempat kita.
Catur online bisa dilakukan dari komputer desktop, laptop, PDA bahkan dari ponsel pun juga ok. Yang jelas medianya adalah internet. Situs yang menyediakan catur online yang terkenal adalah ICC (Internet Chess Cllub) di alamat : http://www.chesscclub.com/. Di situs ini yang main dari pemula hingga para grandmaster. Untuk lawan para master harus membayar sejumlah uang iuran tahunan.

Produsen software catur terkenal Chessbase juga menyediakan catur online di alamat : http://www.playchess.com/. Untuk main di sini, kita bisa menggunakan program catur online yang disertakan dalam Fritz, Shredder, Junior, dan program keluarga Chessbase lainnya. Bagi member gratis fiturnya terbatas. Member yang bayar tentu fiturnya lebih lengkap, termasuk bisa lawan GM dan ikut kejuaraan catur online. Juga kursus catur online juga lho.
Kalo tidak punya software catur chessbase, anda bisa mendownload software client untuk main catur online di alamat : http://www.fritzserver.org/PlayChessSetup.exe.

Untuk main catur online di ponsel misalnya bisa pake program Fritz Mobil buatan chessbase. Catur online di HP ini menggunakan koneksi GPRS (GSM) dan jalur CDMA. Tentunya ini akan memakan pulsa kita, tapi biasanya murah kok. Karena tarifnya tidak berdasarkan waktu tapi berdasarkan jumlah byte data yang diakses.

Situs main catur online banyak sekali di internet di antaranya :
http://gameknot.com/
http://www.instantchess.com/
http://www.chessmaniac.com/
http://www.playchess.com/
http://www.chesshere.com/
http://games.yahoo.com/
http://pine.cs.yale.edu/java/chess.html
http://www.flyordie.com/chess/
http://www.shredderchess.com/play-chess-online.html
http://www.chessclub.com/
http://www.redhotpawn.com/
http://www.freechess.org/
http://www.chessclan.com/
http://chesshounds.com/
http://www.chessworld.net/
http://www.chess.com/
http://www.caissa.com/
http://www.playchess.de/
http://www.chess.net/
http://www.chesscorner.net/
dan lain-lainnya, kalo masih kurang puas dengan situs di atas silakan anda googling (cari di search engine google) dengan kata kunci "play chess online".

Pada umumnya situs main catur online ada versi gratis dan ada versi bayar. Yang versi bayar tentu memiliki fitur dan fasilitas yang lebih lengkap (misal bisa main lawan GM atau bisa ikut turnamen catur online dan sebagainya).

Met bermain catur online ya!

GENS UNA SUMUS.

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2018, allright reserved.