CARI LEWAT GOOGLE

SUARA HATI INSAN CATUR

FAKTA-FAKTA TENTANG BOBBY FISCHER DAN YANG BERHUBUNGAN DENGANNYA

Tidak ada insan catur yang tidak mengetahui pecatur terbesar sepanjang sejarah catur, pecatur legendaris mantan juara dunia GM Bobby Fischer atau GM Robert James Fischer dari Amerika Serikat. Kehebatan dan prestasinya di catur tidak ada yang meragukannya. Totalitas dan kecintaannya yang sangat besar di catur sungguh luar biasa dan tidak lumrah manusia. Siapa yang tidak kagum kepada Fischer? 2 pecatur top dunia, KASPAROV dan CARLSEN pun kagum belaka dengan pecatur legendaris yang kontroversial ini. Langkah-langkah Fischer begitu brilyan dan juga menarik sekali gayanya. Menurut pendapat saya pribadi, FISCHER ini adalah salah satu pecatur top dunia yang telah MENDAPATKAN PENCERAHAN CATUR yang luar biasa. Sehingga sangat sukses karir catur, mampu mendominasi lawan-lawannya yang juga hebat-hebat. Bahkan saat dikeroyok oleh barisan pecatur dari UNI SOVIET kala itu, masih saja menang. Berkali-kali dicurangi tapi tetap bisa melewati. Meskipun sangat terkenal, mungkin ada hal-hal rahasia atau yang tidak kita ketahui tentang FISCHER ini. Dalam kesempatan ini saya sharing hal-hal yang mungkin saja tidak diketahui tentang Grandmaster catur yang super hebat ini. Juga cerita tentang Dwi Tarungnya lawan Spassky, dan pengunduran dirinya ketika mau Dwi Tarung lawan Karpov. Berikut informasinya...

Berikut ada 34 hal-hal yang mungkin saja tidak kita ketahui tentang GM Bobby Fischer dan hal-hal yang berhubungan dengannya, utamanya dengan negara Soviet dan tentang seterunya GM Boris Spassky (Soviet) saat mereka bertemu dalam Dwi Tarung yang seru - ala Dwi Tarung Carlsen-Anand 2013.

1. Robert James "Bobby" Fischer dilahirkan di kota Chicago-USA tahun 1943. FIscher besar di Brooklyn.

2. Boris Spassky (seteru terberat Fischer) lebih tua 6 tahun (daripad Fischer) dan berasal dari kota Leningrad-Rusia.

3. Di Uni Soviet, catur sangat penting, yang mana pecatur terbaik (bisa menjadi juara dunia) dianggap sebagai PAHLAWAN NEGARA.

4. UNI SOVIET (sekarang menjadi Rusia dan banyak pecahan negara-negara seiring ambruknya rezim komunis di negara itu) selalu mendominasi catur Internasional, telah memenangkan 24 perebutan gelar juara dunia resmi.

5. Sangat berbeda dengan Amerika Serikat, catur negara ini hanya pernah punya 1 JUARA DUNIA (sebelum Fischer) yang merupakan pecatur NATURALISASI yaitu GM Wilhelm Steinitz, yang menang Kejuaraan Dunia di tahun 1888 (berasal dari Hungaria dan lama tinggal di negara Inggris sebelumnya).

6. Saat usia 13 tahun, Fischer sudah menjadi juara catur Amerika Serikat. Fischer di-DO (drop out) alias dikeluarkan dari sekolahnya saat SMA.

7. Spassky meraih gelar MInya saat usia 16 tahun.

8. Boris Spassky lolos sebagai penantang Juara Dunia, setelah mengalahkan pesaing beratnya sesama negara, Tigran Petrosian tahun 1969.

9. Fischer  sebelumnya belum pernah mengalahkan Spassky.

10. Fischer  tak diragukan lagi telah masuk dalam favorit dwi tarung, setelah menundukkan banyak grandmaster top dunia (kala itu) di 20 partai catur terakhirnya yang tak terbantahkan untuk menantang Spassky.

11. Reykjavík, Islandia – sebuah daerah netral dari pengaruh Soviet dan Amerika Serikat – sebagai tempat dwi tarung yang terpilih.

12. Dwi Tarung Fischer-spassky dilakukan sebanyak  24 games dimainkan Juli-Augustus 1972.

13. Yang menang mendapatkan hadiah uang $78,125.

14. Yang kalah terima $46,875.

15. Fischer mempersiapkan diri menghadapi Dwi Tarungnya (lawan Spassky) dengan menarik diri ke dalam hotel di bagian utara New York dan mempelajari tentang literatur dan partai-partai Spassky sebelumnya. Jaman itu komputer belum dipakai sebagai belajar catur yang efektif.

16. Fischer suka mendengarkan musik rock ketika mempersiapkan diri menghadapi turnamen catur.

17.
Pertandingan Dwi Tarung Fischer-Spassky hampir saja batal, karena Fischer mengeluarkan tuntutan terakhit di kota New York.

 18. Tuntutan ini termasuk 30 persen untuk hak siar TV dan Film, dan 30 percen penyelenggara.

19. Dwi Tarung mereka ditunda selama negosisasi. Spassky menunggu di Islandia.

20. Henry Kissinger mendesak Fischer untuk setuju main dwi tarung, melihat potensi sebagai pemenang secara simbolis dan perang dingin (Amerika-Soviet).

21.
Ketika pertandingan akhirnya berlangsung 10 hari kemudian dari jadwal, menjadi dwi tarung paling berat sepanjang sejarah catur. Fischer mengawali permainan babak-babak awal dengan buruk. Kalah di babak pertama setelah menolak bermain remis.
 
22. Fischer
tidak muncul dalam pertandingan kedua, dia mengeluhkan suara dari kamera film dan TV yang mengganggu perhatiannya. Dia dianggap kalah diskualifikasi untuk babak tersebut, dianggap telah meninggalkan pertandingan (WO). 0-2 untuk Spassky.
 
23.
Seorang anggota Champnya Fischer, imam katolik Bill Lombardy, merusak kabel mobil Fischer sehingga menghalangi dirinya pergi ke bandara.

24. Federasi Soviet menekan Spassky untuk memanfaatkan perilaku buruh kubu Fischer agar menolak dan mengklaimnya agar menang, tapi Spassky menolak dan ingin terus bertanding.

25.
Sebagai olahragawan yang sportif, Spassky mengabulkan permintaan Fischer, kali ini game ketiga akan dimainkan di sisi ruangan, jauh dari kamera film (tapi dipantau oleh video). Fischer memenangkan pertandingan ini, dianggap sebagai titik balik pertandingan.
 
26. Babak 4 and 5 berakhir remis. Fischer memenangkan babak 6, dianggap sebagai partai terbaik dalam Dwi Tarung mereka. 
Spassky memuji dia di akhir pertandingan babak itu.
 
27. Setelah Babak-17, Skornya Fischer 10, Spassky 7.

28.
Soviet menuduh Amerika memiliki perangkat elektronik khusus (ingat proyek Star Gate) dipasang di kursi khusus yang digunakan James Fischer. Perangkat ini, kata mereka (Soviet) ketika Fischer dengan menggeser kursinya, akan mengganggu gelombang otak Spassky kala itu. Petugas keamanan melakukan pencarian menyeluruh dari area pertandingan termasuk meneliti kursi. Tidak ada perangkat rahasia ditemukan. 

29.
Spassky mengakui kekalahan melalui telepon selama penundaan dalam game 21. Kala itu masih musim dan berlaku PARTAI TUNDA. Bobby Fischer akhirnya merebut juara dunia catur yang baru.
 
30.
Grandmaster Belanda Jan Timman menyebut kemenangan Fischer sebagai "kisah seorang pahlawan sendirian yang mengalahkan seluruh kerajaan."

31.Spassky secara pribadi disalahkan oleh Soviet atas kekalahannya lawan Fischer. Mereka mulai mencari pecatur sebagai penantang baru, muncullah nama Anatoly Karpov.

32. Spassky secara tidak resmi diasingkan dari catur Soviet. Spassky diizinkan untuk berimigrasi ke Paris pada tahun 1976. Dia (Spassky) menjadi warga negara Prancis dan terus bermain dalam berbagai turnamen catur, meskipun dia tidak pernah lagi mencapai prestasi besar di catur.

33.
Fischer muncul di sampul Sports Illustrated dan di Bob Hope televisi khusus dengan Olympian Mark Spitz.

34.
Keanggotaan di Federasi Catur AS berlipat dua kali Antara 1972-1974, periode ini dikenal sebagai "The Fisher Boom."

35.
Sayangnya, Fischer menolak untuk mempertahankan gelarnya, dan dicopot gelar juara dunia hari itu pada tahun 1975. Karpov menjadi juara dunia catur baru menggantikan Fischer.

36. Fischer kemudian tidak bermain catur lagi selama 20 tahun setelah gak jadi lawan Karpov ini.

37. Fischer menghilang bersembunyi, ternyata tinggal di kota Pasadena dan San Francisco.

38.
Pada tahun 1992, Fischer Menyetujui untuk 'ulangan' (tidak resmi) pertandingan dalam acara yang diberi sanksi kontroversial yang diselenggarakan di Yugoslavia, kemudian di bawah embargo internasional. Pemerintah AS memperingatkan Fischer yang memainkan itu akan melanggar sebuah perintah eksekutif yang ditandatangani dan menjadi undang-undang oleh Presiden George HW Bush.

39.
Fischer nekat bermain juga, menjaring hadiah $ 3,5 juta setelah mengalahkan Spassky lagi. Surat perintah penangkapan dikeluarkan dan Fischer tidak pernah kembali lagi ke AS

40.
Fischer selanjutnya tinggal di Budapest, lalu Filipina. Dia ditahan di Jepang pada tahun 2004 karena mencoba menggunakan paspor AS dan dicabut paspornya. Dia telah lolos deportasi ke AS, ketika Fischer mendapatkan suaka di Islandia, yang merupakan kemenangannya yang terbesar.
 
41.
Bobby Fischer meninggal karena gagal ginjal di sana pada 17 Januari 2008, pada usia 64 tahun. 

42.Kisahnya memberikan latar belakang untuk film "Searching For Bobby Fischer (1993)" dan itu menjadi subjek Bobby Fischer melawan dunia, sebuah film dokumenter yang diputar di Sundance Film Festival tahun ini.

43. Direktur David Fincher (Fight Club, The Social Network) kemudian memperkenalkan film "Pawn Sacrifice", sebuah film biografi yang fokus pada kehidupan awal Fischer sampai dengan puncak karirnya atas kemenangan bersejarahnya lawan Spassky.

Sumber:

6 komentar:

  1. sangat di sayangkan sekali fischer menolak untuk bertanding lawan karpov,mungkin kalau mereka bertanding akan lebih seru dari partai karpov-kasparov
    blog endgame catur ,

    BalasHapus
  2. Oya dr yg saya tonton di pawn sacrifice kalo bobby fischer setelah mendapat gelar GM mengalami penurunan mental itu kalo boleh tau disebabkan apa ya. Soalnya dr yg saya baca diatas gk ada pembahasan tentang itu

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Oya dr yg saya tonton di pawn sacrifice kalo bobby fischer setelah mendapat gelar GM mengalami penurunan mental itu kalo boleh tau disebabkan apa ya. Soalnya dr yg saya baca diatas gk ada pembahasan tentang itu

    BalasHapus
  5. Sayang GA sejaman dgn carlsen....tpi bgi saya tetap Fischer akan lebih baik daripada carlsen dengan perbedaan point 1/2....Prodigy OF the chess vs Mozart OF the chess

    BalasHapus

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2017, allright reserved.