CARI LEWAT GOOGLE

SUARA HATI INSAN CATUR

VIDEO CATUR PILIHAN

Aneka Ria Pembelaan Sisilia - Pembukaan Paling Populer Dalam Catur

Salah satu skill catur yang wajib dikuasai adalah Opening Catur. Tanpa memiliki HAPALAN dan PEMAHAMAN OPENING CATUR yang baik, si pecatur akan memiliki peluang kesalahan lebih besar, peluang menang kecil/tidak menentu, butuh waktu lebih banyak untuk berpikir dan tentu energi otak yang banyak terkuras pada awal-awal permainan. Pecatur 'alam' semacam ini akan sulit naik levelnya, dan kalopun bisa juara, ini tidak akan langgeng. Padahal waktu dan energi ini sangat dibutuhkan untuk bermain di babak tengah (middle) yang seringkali memakan waktu dan energi yang tidak sedikit. Tak ada yang menyangkal bahwa salah satu opening catur yang paling populer adalah Pembelaan Sisilia, yang dikategorikan permainan setengah terbuka yang bersifat 'adem' pada awalnya, tapi bisa berkembang menjadi panas, tajam bahkan sampai liar penuh komplikasi. Banyak Grandmaster Top Dunia yang menggunakan jurus Sisilia ini sebagai senjata andalan, misalnya pecatur peringkat 1 Dunia GM Veselin Topalov dari Bulgaria yang terkenal ahli dalam Sisilia Najdorf sebagai hitam. Mayoritas Grandmaster top dunia pernah belaka memainkan Sisilia baik sebagai putih atau pun hitam.

Seperti telah kita ketahui Pembelaan Sisilia diawali dengan langkah 1.e4 c5, yang kemudian berkembang menjadi berbagai macam varian tergantung jawaban langkah putih maupun hitam. Varian bisa menjadi Varian standar teori atau mungkin juga bisa berbelok menjadi varian yang tidak beraturan (menyimpang).

Untuk varian standar teori, secara garis besar sebagai hitam, Sisilia ini dikelompokkan berdasarkan susunan bidaknya.

1.Formasi d6-e5, diantaranya Sisilia Najdorf, Sisilia Sveshnikov. Maunya hitam mengembangkan perwiranya dengan lebih cepat. Dan akan menggempur pusat dengan pembebasan langkah d6-d5 yang sebelumnya didukung dengan Be6. Hanya saja hal ini jarang terealisasi dalam jalur Sveshnikov karena petak d5 biasanya untuk parkir kuda putih. Serangan hitam umumnya mengarah ke sayap menteri dengan rokade pendek atau tanpa rokade.

2.Formasi d6-e6, diantaranya Sisilia Scheveningen, Najdorf juga bisa. Jelas hitam berencana memajukan bidaknya ke pusat dengan d6-d5, begitu ada kesempatan. Serangan umumnya ke sayap menteri lewat lajur-c dan bidak a & b (apalagi kalo putih rokade panjang), selain lewat pembebasan pusat dengan d6-d5.

3.Formasi d6/d7-g6, tentu Sisilia Naga, Sisilia Naga Dipercepat. Selain Najdorf, Sisilia Naga adalah variasi yang paling tajam dalam Sisilia, apalagi kalo kedua pihak rokade berlawanan. Momen jual beli pukulan sangat biasa terjadi dan ujungnya tentu berdarah-darah. Kombinasi korban kualitas dan perwira sangat sering terjadi. Seringkali jika bisa lolos ke ending, kesempatan hitam terbuka. Sisilia Naga dipercepat, menunda langkah d6, dan mengutamakan perkembangan perwira. Saya lihat banyak pecatur DKI/Jabar atau yang dilatih master-master dari daerah ini, menggunakan sebagai opening favorit.

4.Formasi d7-e6, yaitu Sisilia Kan, Sisilia Taimanov, Sisilia Paulsen. Tujuannya sih sama, yaitu menggempur petak d5 dengan bidak tapi caranya berbeda-beda. Dengan bidak di a6, menteri di c7, Gajah di e7 (kadang di b4), hitam bermain aktif. Dalam formasi ini, jika putih tetap rokade panjang, biasanya akan mengalami kesulitan. Pecatur kita yang setia dengan jurus maut ini sebagai hitam adalah GM 'abah' Ardiansyah.

5.Formasi selain yang di atas (no.1-4), misalnya Sisilia O'Kelly (langkah a6 dan b5 dimainkan awal), Sisilia Tukar. Sisilia model beginian biasanya dimainkan untuk menghindari jalur utama. Maksudnya mungkin memberikan 'surprise' kepada lawan. Kalo varian tukar banyak dimainkan pecatur 'alam'/amatir. Prospek hitam tergantung dari pengetahuan opening lawan akan jalur ini. Secara umum, jalur 'menyimpang' macam ini, tidak direkomendasikan oleh para ahli.

Sedang dari kaca mata pemain putih, Sisilia ini seringkali dikelompokkan selain susunan bidak, perkembangan perwira (utamanya Gajah), juga berdasarkan arah rokadenya.

1.Sisilia Sozin - Bc4 - Rokade Pendek, disukai pecatur penyerang, pecatur legendaris yang terkenal dan sukses pake Sozin sebagai putih adalah mantan juara dunia dari Amerika Serikat GM Bobby Fischer. Putih menyerang sayap raja melalui gempuran f4. atau e5 dengan dukungan gajah putih pada diagonal a2-g8. Akhir-akhir ini Varian Sozin kalah pamor dengan Variasi Serangan Inggris.

2.Formasi Serangan Inggris/Yugoslavia Be3 & f3 - Rokade Panjang. Varian ini juga bersifat sangat tajam. Formasi serangan Inggris menjadi sangat populer setelah para master catur Inggris sukses menggunakannya dalam turnamen seperti GM John Nun, GM Anthony Miles, dan yang terbaru GM Michael Adams. Sekarang Serangan Inggris telah menjadi formasi yang ampuh dan banyak dipakai GM top dunia untuk menjinakkan hitam yang memakai jurus Sisilia Najdorf dan atau Scheveningen.

3.Sisilia Alapin - Anti Sisilia - Rokade Pendek. Varian ini populer di kalangan pecatur yang senang dengan gaya posisional. Idenya adalah menghindari jalur-jalur tajam khas Sisilia yang bisa diperbuat hitam. Para master dari Indonesia saya lihat cukup banyak yang memainkan varian ini jika pegang putih. Salah satunya yang tentu kita semua tahu adalah GM Susanto Megaranto.

4.Sisilia Gambit Smora, mengutamakan perkembangan perwira catur dan merebut tempo/inisiatif. Biasanya banyak dimainkan pada catur kilat/blitz 5 menitan. Pemegang buah hitam yang kurang berpengalaman dengan varian gambit ini, seringkali kesulitan menghadapi serangan cepat buah-buah putih. Namun bagi pecatur yang susah 'tahu kuncinya' Gambit Smora, dianggap merugikan putih.

5.Formasi Be2 serangan f4 - rokade pendek, menyerang sayap raja. Sisilia ini juga disukai pecatur posisi. Terkadang serangan putih bisa berbelok ke sayap menteri. Sisilia model seperti ini bersifat tenang-tenang menghanyutkan.

6.Formasi Ikatan/Jepitan Maroczy, e4 dan c4. Sangat disukai pecatur bergaya posisi. Putih rokade pendek dan melakukan jepitan perlahan dari petak pusat namun pasti. Memainkan varian ini membutuhkan kesabaran dan keuletan.

7.Anti Sisilia Varian Paku - Bb5. Formasi lain yang menghindari Jalur langkah tajam dari hitam. Tanpa banyak kata, putih melenyapkan kuda hitam di c6 yang 'nakal'.

8.Sisilia Formasi Paku - Bg5. Jalur tajam selain Sozin dan Serangan Inggris adalah gempuran putih dari petak g5 dengan gajahnya. Variasi yang terkenal melewati jalur ini adalah Sisilia Klasik-Richter Rauzer, Sisilia Najdorf (putih rokade panjang) dan Sisilia Sveshnikov (putih rokade pendek).

9.Formasi Hypermodern dengan Fianchetto Gajah. Variasi dalam Sisilia yang jarang dipakai ini mengandalkan kekuatan Gajah-Gajah Putih yang di-fianchetto ke petak g2 dan atau b2 yang aktif pada diagonal panjang. Serangan bisa ke sayap raja atau sayap menteri, tergantung posisi hitam.

10.Sisilia Tertutup tanpa langkah fianchetto dan langkah d4. Biasanya bidak ke d3. Bisa rokade pendek atau panjang dengan arah serangan yang tidak tentu, tergantung dari posisi hitam.

Cerita-cerita dan teori tentang masing-masing Varian dalam Sisilia yang lebih rinci dan mendalam, akan dibahas dalam posting tersendiri. Sebagian sudah pernah saya bahas dalam posting-posting terdahulu.

Jika ada bahasan saya yang salah, silakan para master mengoreksinya dengan memberikan komentar di bawah. Terima kasih.

Siapa yang tidak suka dengan Pembelaan Sisilia? Coba aja kawan, baru tahu rasanya. Awas pedas...!

GENS UNA SUMUS.

TAHUKAH ANDA?

SPARRING VS SHREDDER

PETUAH GRANDMASTER

BUKU TAMU

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2014, allright reserved.