CARI LEWAT GOOGLE



SUARA HATI INSAN CATUR





Bermain Catur Online Yang Asyik Di Chesscube.com

Selain belajar teori catur yang teratur dengan metode yang efektif, kebutuhan sparring yang cukup banyak bagi pecatur adalah mutlak adanya, jika pecatur ingin meningkatkan level caturnya. Tanpa sparring catur yang cukup, sulit rasanya diharapkan peningkatan level dapat dicapai dalam waktu lebih cepat. Sparring bisa dilakukan di rumah bersama keluarga, bermain di cafe/warung catur dekat rumah, sparring di klub, sparring kunjungan ke daerah lain, bermain catur lawan komputer di rumah, sparring lawan program catur di PDA/ponsel, sampai bermain catur online di internet lawan pecatur di seberang dunia di rumah, di warnet atau bahkan di PDA/ponsel. Salah satu sparring catur yang saya posting hari ini adalah sparring catur online di internet. Banyak sekali situs yang menyediakan layanan bermain catur online baik yang gratis maupun yang berbayar. Yang gratis tentunya fasilitasnya lebih terbatas. Yang berbayar tentu memiliki fitur-fitur yang lebih lengkap seperti ikut pertandingan catur online, bermain lawan Grandmaster, belajar catur dari GM, sampai bermain taruhan online. Kebanyakan situs semacam ini menyediakan layanan gratis sekaligus berbayar. Yang terkenal misalnya chessclub.com (ICC) yang paling banyak penggunanya saat ini, kemudian ada playchess.com punya Chessbase (pembuat program Fritz), yang juga punya anggota banyak dan masih banyak lagi yang lainnya. Yang murni gratis salah satunya adalah freechess.org. Hari ini saya posting bermain catur di situs lain yaitu www.chesscube.com yang gratis dan memiliki tampilan grafis yang indah tanpa harus download software apapun untuk bermain catur online dan tambahan banyak fitur canggih lainnya.

Anda bisa langsung datang di http://www.chesscube.com dan daftar dengan klik icon Register. Kelebihan utama dari chesscube adalah tampilan grafisnya yang menurut saya lebih baik, tidak perlu mendownload software apapun untuk bermain catur online, dan yang terpenting adalah partai yang kita mainkan langsung tersimpan di database chesscube sehingga kapanpun kita bisa mengambil partai-partai kita ini dengan mudah dan mengimpornya ke program kesayangan kita (seperti misalnya Fritz). Sistem rating seperti pada umumnya layanan main catur online memberi barometer kekuatan catur kita. Permainan pun bisa dimainkan dengan waktu yang bisa dipilih apa catur kilat, catur cepat, catur klasik bahkan sampai tanpa batas waktu.

Layanan ini juga menyediakan bermain catur random (catur fischer) dimana susunan buah catur (perwira) dibolak-balik untuk menghindari kebosanan bermain catur yang berpatok pada teori opening saja. Dengan catur random, kita bisa mengasah kemampuan kalkulasi kita dengan lebih baik karena sejak langkah pertama sudah tidak teorinya dan langsung main hitung. Fitur komunitas juga menjadi unggulan chesscube. Kita bisa berteman, mengunjungi klub online, mengunjungi cafe-cafe catur online, dan jangan lupa kita bisa melakukan chatting dengan lawan kita saat bermain catur online.

Layanan lainnya adalah nonton video catur online. Layanan ini adalah satu-satunya dan tidak terdapat di chessclube.com, playchess.com dan situs main catur lainnya. Video catur umumnya adalah belajar catur online dan berbayar. Forum catur juga akan ditambahkan di situs ini untuk masa mendatang. Memang, layanan chesscube.com masih dalam tahap beta dan masih banyak rencana pengembangan menarik di masa mendatang. Kita tunggu saja gimana jadinya dengan Chesscube ini.

Hanya yang patut dicatat, karena tanpa download software apapun dengan tampilan seindah itu, koneksi internet yang dibutuhkan harus cepat. Minimal Telkom Speedy lah. Jika menggunakan dial-up yang kurang baik atau di warnet yang sedang ramai, anda akan kesulitan nyantol ke situs chesscube.com. Chesscube menggunakan teknologi Flash buatan Macromedia dalam membangun situs catur online. Resource yang besar menuntut koneksi internet yang cepat. Saya pikir ini wajar saja mengingat tampilan situsnya yang wah... dan juga tersedianya menonton video catur online.

Gimana? Kedengarannya asyik ya... Yuk main catur lawan saya...

GENS UNA SUMUS.

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2018, allright reserved.