CARI LEWAT GOOGLE

SUARA HATI INSAN CATUR

Olahraga Catur Diusahakan Segera Masuk Ajang Olahraga Dunia Multi Event - OLIMPIADE

Membaca berita dari situs resmi FIDE beberapa hari ini, ada berita penting bahwa Presiden FIDE Kirsan Ilyumzhinov dengan segala daya upayanya akan mengusahakan (baca: mengklaim) olahraga catur agar segera masuk dalam kegiatan olahraga multievent - OLIMPIADE. Popularitas catur di seluruh di dunia dijadikan alasan kuat bagi Ilyumzhinov untuk mendesak IOC (komite olimpiade) agar catur dimasukkan dalam OLIMPIADE (bukan Olimpiade khusus catur, seperti yang selama ini dilaksanakan). Jika ini bisa terlaksana, sungguh suatu perkembangan dan kemajuan yang signifikan dalam catur. Dan pengaruhnya juga akan luar biasa. Catur akan terangkat di seluruh dunia. Efeknya lagi para sponsor juga akan bisa lebih banyak masuk ke catur. Ujung-ujungnya para insan catur yang akan memetik keuntungan. Hadiah-hadiah mungkin akan bertambah besar. Kesejahteraan atlit catur menjadi terdongkrak beberapa kali lipat. Para pejabat-pejabat di daerah juga akan semakin getol mengusahakan agar di daerah/negaranya akan ada atlit catur yang hebat yang akan dapat mengharumkan nama daerah/negaranya. Berikut adalah berita tentang hal ini yang saya terjemahkan langsung dari situs resmi FIDE.

Presiden World Chess Federation (FIDE) Kirsan Ilyumzhinov yakin bahwa catur akan segera bisa dimasukkan dalam Olimpiade (multi event).

Berbicara kepada Gulf News, Ilyumzhinov berkata: "Tujuan saya adalah untuk memastikan bahwa catur segera menjadi bagian dari gerakan Olimpiade dan salah satu acara di Olimpiade. Sampai hari ini, FIDE terdiri dari 165 negara dan kita bersama-sama naik banding untuk mendapatkan pengakuan dari International Olympic Committee (IOC)."

Ilyumzhinov adalah salah satu tokoh yang paling kuat dan berpengaruh dalam olahraga catur di dunia saat ini. Dia adalah Presiden dan Ketua Republik Kalmykia dan telah menjadi presiden FIDE sejak Nopember 1995 (sudah 14 tahun). Dia telah melakukan perjalanan dalam rangka mempromosikan permainan ini ke seluruh penjuru dunia.

Ditanyakan tentang begitu cepatnya catur tersebar di seluruh benua di dunia, Ilyumzhinov berkata: "Catur sekarang sedang dimainkan dan dipertandingkan di seluruh benua. Asia, Eropa dan Amerika mengorganisir banyak turnamen catur setiap hari. Menyenangkan sekali melihat catur yang digelar dan dipertandingkan secara teratur di Meksiko dan Argentina. "Di Asia ada dentuman turnamen terutama di Vietnam dan saya senang bahwa Uni Emirat Arab (UEA) juga memberikan kontribusi sangat besar untuk popularitas permainan ini. Shaikh Bin Sultan Al Nahyan Kalifat sebagai Presiden Asia Chess Federation sangat aktif mengagendakan turnamen. Saya juga sangat terkesan dengan jumlah talenta muda di daerah ini," Ilyumzhinov telah mendapatkan gelar dan kehormatan dari National Academy of Sciences dari Federasi Rusia dan New York Academy of Sciences.

Ilyumzhinov juga memberikan perhatian khusus pada kemajuan catur di negara India. "India adalah negara yang sangat maju caturnya. Vishwanathan Anand adalah salah satu Grand Master terbesar di dunia pada periode ini. Dia telah menunjukkan jalan dan petunjuk bagi banyak anak muda untuk berkembang dan maju (caturnya)," katanya.

Ilyumzhinov yang berjuang untuk menyebarkan permainan ini pada tingkat paling dasar. "Kami memiliki program khusus dari FIDE untuk catur di sekolah. Kami sekarang sedang mendukung catur sebagai subjek akademik (baca: pelajaran sekolah/extra kurikuler)," ujar Ilyumzhinov, yang merupakan wakil dari Mahkamah Republik Federasi Rusia dan Presiden Rusian Chamber of Entrepreneurs.

Berita di atas diterjemahkan dengan bantuan GOOGLE TRANSLATE dan diperhalus bahasanya oleh PENULIS BLOG dari alamat :
http://www.fide.com/component/content/article/15-chess-news/3677-chess-will-soon-be-an-olympic-spor

Wah, enak nih jika catur masuk Olimpiade seperti olahraga-olahraga lain macam sepakbola, tinju, atletik, dan lain-lain. Bisa-bisa atlit catur di Indonesia nanti akan dapat gaji seperti pemain sepakbola... Mungkin nggak ya?

GENS UNA SUMUS.

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2017, allright reserved.