CARI LEWAT GOOGLE



SUARA HATI INSAN CATUR





Berlatih Taktik Catur Secara Online Di Chess Tactic Server - chess.emrald.net

Bagi para pecatur serius, ilmu taktik catur merupakan senjata yang harus dikuasai untuk memenangkan persaingan di dunia catur yang sangat ketat sekarang ini. Taktik dibutuhkan untuk menyerang dan berikutnya penyelesaian jika posisi sudah unggul menuju kemenangan, dan juga dibutuhkan pula untuk bertahan jika posisi sedang inferior atau sedang diserang agar lolos dari kekalahan (menuju hasil draw/remis) atau malah bisa menyerang balik dan menghasilkan kemenangan. Taktik catur paling sering muncul di babak tengah. Tapi jangan salah, sejatinya taktik akan muncul sejak langkah pertama sampai permainan selesai, mulai dari pembukaan-middle sampai babak akhir. Taktik adalah BAGAIMANA CARA MELAKUKAN dan 'rekannya' yaitu strategi/planning adalah APA YANG HARUS DILAKUKAN... Melakukan di sini tentu saja melakukan proses menyerang dan bertahan dalam catur. Banyak sekali cara untuk melatih taktik baik secara manual maupun dengan bantuan komputer. Kelebihan belajar taktik berbantu komputer adalah belajar menjadi lebih menyenangkan, dan materi akan dapat dikerjakan dalam jumlah banyak dan dengan waktu yang jauh lebih cepat. Dan konsekuensinya, si pelajar catur ini akan segera dapat menyelesaikan (khatam) belajar taktik caturnya dengan jauh lebih cepat daripada belajar manual (tanpa komputer). Dalam 1 jam mungkin kita hanya bisa belajar taktik sejumlah kira-kira 10 posisi taktik jika menggunakan cara manual. Tapi kalo menggunakan program komputer (khusus belajar taktik), dalam 60 menit akan bisa menghabiskan materi taktik sebanyak tidak kurang dari 50 posisi, jadi bisa 5x lipatnya. Banyak program komputer yang bisa digunakan untuk belajar taktik misalnya menggunakan program Chess Academy, Convekta Chess (CT-Art), Personal Chess Trainer (Chessimo), Chess Position Trainer, Chess Mentor, dan lain-lainnya. Pada kesempatan kali ini, saya akan sharingkan belajar taktik SECARA ONLINE (maksudnya lewat media internet) yang terhubung dengan Chess Tactic Server di chess.emrald.net.

Cara mendaftar belajar taktik online ini mudah saja, dan yang terpenting adalah GRATIS... yaitu dengan mengunjungi situs server taktik di alamat http://chess.emrald.net. Kemudian tinggal kita daftar dengan klik pada tulisan : Not a tactician? Register here di halaman utama situs ini (sebelah kiri). Kemudian kita lengkapi dan ikuti saja isiannya. Syaratnya harus mempunyai account email dulu. Yang belum punya email silakan daftar misalnya di Yahoo (mail.yahoo.com) atau Gmail (mail.google.com/mail/) atau penyedia layanan email lainnya. Dan nantinya kita akan dikirimi email yang berisi validasi atau verifikasi atau aktifasi menuju server taktik tadi. Kita klik saja link validasi dalam email yang kita terima nantinya untuk mengaktifkan account kita di Chess.Emarald.net ini.

Setelah ada pesan sukses, kita bisa langsung belajar taktik. Cara mainnya tinggal LOGIN dulu dengan nama account yang sudah kita daftarkan dan passwordnya. Setelah sukses loginnya, tinggal klik Start Tactic. Pada awalnya kita diberi rating sebesar 1500. Nantinya jika kita benar menebak langkah taktik, rating kita akan tambah nilainya. Sebaliknya JIKA SALAH, atau KURANG CEPAT MENEBAKNYA, rating kita akan turun. Setiap posisi mempunyai rating. Semakin tinggi rating suatu posisi taktik berarti tingkat kesulitannya semakin tinggi dan tinggi pula nilainya jika kita bisa dengan benar menebaknya dalam waktu yangtelah ditentukan.

Selain sebagai variasi (kalo kita bosan belajar taktik dengan program catur taktik secara offline), kelebihan belajar taktik di server ini adalah, kita bisa mengukur kemampuan taktik kita yang direpresentasikan dalam angka rating. Semakin tinggi rating taktik kita di server tersebut, maka akan semakin baiklah kemampuan taktik kita.

Jangan dikira mudah untuk mendapatkan rating yang tinggi di server taktik ini. Penyebab utamanya adalah WAKTU YANG DISEDIAKAN SANGATLAH SINGKAT, yaitu rata-rata 3-7 detik per posisi. Jika kita bisa menebak langkah taktiknya, tapi waktunya lebih lama dari waktu yang telah ditentukan, rating kita akan turun juga (meskipun sedikit). Jika kita salah langkahnya, nilai pengurangan ratingnya akan lebih besar. Latihan taktik catur online di server taktik ini sangat saya sarankan BAGI PARA PECATUR YANG KECEPATAN BERPIKIRNYA LAMBAT atau yang biasanya kesulitan berpikir dan berkonsentrasi JIKA DALAM KRISIS WAKTU.

Sangat menantang dan menyenangkan... Bikin penasaran untuk segera pengen mendapatkan rating yang tinggi. Di situs ini juga disediakan fasilitas untuk melihat rating-rating para anggotanya berdasarkan negaranya. Yang berbendera Indonesia sangatlah sedikit (sekitar 33 orang) saat posting ini dibuat. rating tertinggi masih 1700-an. Anggota server taktik ini sangat banyak ribuan dan dengan jumlah posisi yang jutaan posisi (dan terus bertambah terus) sehingga kita tidak akan kehabisan bahan untuk belajar taktik. Level taktiknya juga bervariasi yang bisa kita lihat pada rating posisi tersebut.

Yuk belajar taktik online dan kejar rating taktik saya di chess.emrald.net...

GENS UNA SUMUS.

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2018, allright reserved.