CARI LEWAT GOOGLE

SUARA HATI INSAN CATUR

Grandmaster Yang Main Di FIDE Grandprix Elista 2008 Bicara Soal Doping Dalam catur

Dalam dunia olahraga, telah kita ketahui bahwa sebelum bertanding utamanya dalam even besar (bukan even kampung atau kabupaten), kepada atlit biasanya dilakukan tes doping penggunaan obat-obatan terlarang (psikotropika, dll.) agar pertandingan nanti bisa berlangsung fair dan sportif. Sudah banyak kita mendengar dan melihat para atlit olahraga yang didiskualifikasi atau tidak boleh main (bahkan diskors) karena kasus doping. FIDE sudah beberapa tahun ini mencoba melakukan tes doping kepada atlit catur, meskipun belum secara menyeluruh. Dalam kesempatan hari ini, saya coba carikan informasi terkini soal doping ini. Meskipun tidak lengkap, semoga informasi saya ini berguna bagi yang berwenang mengurusi masalah ini. Kita baca apa komentar para GM tentang doping, para komentator saya ambilkan dari turnamen yang saat ini sedang berlangsung. Berikut ini adalah komentar dari beberapa Grandmaster yang ikut pada FIDE Grandprix 2008 di Elista yang berbicara soal doping dalam catur :

GM Shakhriyar Mamedyarov (Azerbaijan)

- Saya tidak memiliki ide tentang doping karena saya belum pernah menggunakannya. Saya rasa doping tidak banyak membantu pemain catur yang memiliki keraguan jika menggunakannya apalagi jika melawan pecatur dengan level di atas tingkatnya. Catur bukanlah olahraga dalam arti fisik, ini bukan olimpiade jenis olahraga seperti olahraga lari atau olahraga senam. Para pemain senior dapat menggunakan sesuatu untuk merasa lebih baik, dukungan untuk dirinya selama permainan - misalnya ada yang mengatakan, banyak minum kopi. Sebenarnya saya tidak peduli sama sekali apakah ada doping atau tidak dalam catur.

GM Ernesto Inarkiev (Rusia)

- Bagi saya doping yang utama dalam catur adalah motivasi psikologis (baca keinginan tinggi untuk menang). Ada beberapa kasus dalam hidup saya ketika saya nampaknya telah habis (merasa lelah fisik dan mental), saya mencoba untuk merenung dan mengembalikan sumber daya tetapi saya sendiri (baca kepercayaan diri). Dalam kasus kita berbicara tentang doping dalam arti sesungguhnya, saya berpikir bahwa mungkin (obat doping) dibutuhkan jika anda sudah merasa kelelahan fisik dan mental (otak sudah buntu).

GM Alexander Grischuk (Rusia)

- Prinsip doping dalam profesi kami adalah keinginan untuk bermain dengan maksimal, untuk berjuang di atas papan catur. Ia memberi saya kekuatan, karena ketika anda tidak merasa seperti bermain tetapi harus, Anda tidak bisa melakukan semuanya dengan sebaik-baiknya. Seperti untuk makanan dan minuman... dalam kasus yang profesional pendekatan ini bisa saja sangat mendukung. Saya rasa beberapa obat doping bisa cocok untuk catur. Setiap obat doping harus diterapkan dengan sangat hati-hati karena jika anda gunakan terus-menerus dalam jangka panjang, hal ini dapat menyebabkan konsekuensi berat (mengganggu kesehatan anda).

GM Evgeny Alexeev (Rusia)

- Jika disebut sebuah doping yang dapat mendorong kekuatan dalam permainan catur, menurut saya, itu hanya satu saja - itu adalah motivasi diri dan perjuangan keras untuk meraih kemenangan (baca BERMAIN NGOTOT: penulis).

GM Rustam Kasimzhanov (Uzbekistan)

- Dalam kenyataan, sejauh yang saya memahami, Anda ingin mendengar sesuatu tentang obat-obatan dengan menggunakan bahan kimia bagi pemain catur? Untuk banyak pemain catur alkohol dapat bertindak sebagai doping selama masa sulit karir catur mereka. Ia membantu mereka untuk mengembalikan stamina, untuk mengatur diri mereka agar lebih dapat mengendalikan emosi. Saya mencoba untuk berpantang dari segala bentuk doping akhir-akhir ini, termasuk alkohol dan kopi selama permainan. Saya mencoba untuk bermain dengan mengandalkan kekuatan alamiah pada sumber daya manusia. Dan anda dapat melihat hasil sekarang ... (Kemarin Kasymzhanov kalah 2 babak berturut-turut). Mungkin, apakah saya harus merubah semua ini?

GM Peter Leko (Hungaria)

- Saya pikir, catur adalah lebih intelektual dibandingkan jenis olahraga fisik. Tidak ada hal yang perlu dibicarakan soal doping dalam catur.

GM Teimour Radjabov (Azerbaijan)

- Sangat sulit untuk mengatakan apa yang dapat Anda gunakan untuk memenangkan permainan. Kopi, teh, rokok tidak bisa menjamin hasil yang baik (dalam turnamen). Jika Anda telah tidur dengan baik, telah datang tepat waktu dan memulai permainan dengan mood yang baik - ini bukan merupakan jaminan keberhasilan juga. Tetapi kalau kita bicara tentang doping dalam kisah nyata, khususnya untuk kasus di Olimpiade Catur Dresden 2008 ketika pemimpin dari tim Ukraina Vasily Ivanchuk tidak hadir dalam tes doping, ini hanya akan menghabiskan banyak waktu saja...

GM Vladimir Akopian (Armenia)

- Catur adalah pekerjaan untuk para Grandmaster sejak anak-anak, walaupun senantiasa menyenangkan, dan sikap untuk profesi ini adalah serius, ini adalah suatu kenyataan. Bermain di tingkat atas, selain bekerja keras, kita juga harus menghabiskan banyak waktu pada persiapan untuk turnamen. Teh yang asli akan membantu saya dalam kondisi lebih baik, Saya tidak pernah menyukai kopi. Selama permainan saya dapat minum beberapa cangkir teh.

GM Vugar Gashimov (Azerbaijan)

- Biasanya selama permainan saya hanya minum air. Catur, kalo saya dapat berkata, adalah jenis doping situ sendiri, bahkan seperti narkoba. Semua Grandmaster telah menjadi kecanduan dengan permainan ini sejak anak-anak dan tidak dapat meninggalkannya dalam sisa kehidupan mereka.

Diterjemahkan dengan dibantu Google Translate dan di diperhalus bahasanya oleh penulis blog dari alamat: http://elista2008.fide.com/question-of-the-day.html

Kalo saya lihat teman-teman master catur yang ikut di turnamen untuk membantu performa fisik dan emosi mereka dalam pertandingan ada yang mengandalkan ROKOK (di luar arena pertandingan), minuman suplemen macam EXTRA JOSS, minum kopi, minum susu, minum teh, hanya banyak makan buah-buahan, makan COKLAT, hanya minum air mineral yang banyak, sampai dengan pil-pil untuk kecerdasan (seperti CEREBROFIT dan sejenisnya). Gimana dengan teman-teman sendiri? Apa pengalaman anda soal doping catur?...

GENS UNA SUMUS.

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2017, allright reserved.