CARI LEWAT GOOGLE

SUARA HATI INSAN CATUR

Rahasia GM Viswanathan Anand, Persenjatai Diri Dengan Teknologi Tinggi AMD Untuk Menang Dwi Lomba Lawan Kramnik

Juara dunia catur GM Viswanathan Anand (India) telah dihadiahi atas prestasinya mempertahankan gelar juara dunia catur oleh para sponsor Advanced Micro Devices (AMD) pemimpin komputasi gaming dunia, hari Senin kemarin. Komputer ini didukung oleh teknologi terbaru AMD dengan prosesor Phenom Quad-Core (4 Inti) dan satu teraflop ATI Radeon 4870 × 2 kartu grafis masa depan dengan spesifikasi yang cocok dengan kebutuhan pemrosesan raksasa (seperti pada simulasi perhitungan langkah-langkah catur yang kompeks, termasuk menemukan langkah-langkah NOVELTY pada opening seperti yang dilakukan Anand dan Tim Sekondannya saat menemukan langkah Gb7 Slavia pada Dwi Tarungnya lawan Kramnik).

"Pertama, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada AMD untuk hadiah yang fantastis. Saya selalu menggunakan dan sangat menikmati teknologi ini. Tiga fokus utama yang saya pertimbangkan dalam permainan catur dengan teknologi ini adalah performa, kecepatan dan memori dan saya percaya bahwa AMD adalah pemimpin/teratas dalam tiga parameter ini" kata Anand sambil tersenyum dan menerima hadiah.

"Saya telah menggunakan teknologi terbaru AMD untuk mensimulasikan semua langkah-langkah catur yang saya pelajari menghadapi lawan saya (Kramnik) selama latihan di rumah dan mendapatkan semua daya dan performa yang diperlukan untuk mensimulasikan kecerdasasan buatan dalam permainan catur," kata Anand. Anand mengatakan pula bahwa penggunaan teknologi komputer untuk belajar dan latihan catur, untuk mengembangkan opening baru (menemukan NOVELTY), menganalisa dan memecahkan posisi babak tengah yang kompleks dan menyelesaikan Ending sulit benar-benar akan dan sudah merevolusi cara permainan catur dimainkan dan dipelajari.

"Kehadiran teknologi komputer dalam dunia catur telah mengubah cara permainan dimainkan dimainkan hari ini, jika melihat dua dekade ke belakang, tepatnya pada tahun 1987 ketika pertama kali komputer database catur dibuat. Hari ini, tanpa bantuan komputer, sulit untuk bersaing dalam pertandingan catur. Yang perlu dicatat adalah paradigma pemikiran manusia sebagaimana semua kompetitor saya juga menggunakan bantuan teknologi komputer yang berpikiran bahwa permainan catur masih dapat dimenangkan (tidak mentok, alias remis terus!)", kata Anand.

Anand pertama memenangkan gelar dunia pada tahun 2000. Dia kembali menjadi juara dunia pada tahun 2007 dan mempertahankan gelarnya lawan Vladimir Kramnik pada tahun 2008 ini. AMD menandatangani kontrak dengan Vishy, sebagai grandmaster yang dikenal penuh perhatian kepada dunia catur sebagai duta AMD di India awal tahun ini. AMD adalah pemimpin global penyedia solusi inovatif dalam pengolahan komputasi, grafis dan konsumen pasar elektronik.

"Prestasi Vishy kali ini memang sangat fonumenal. Kami percaya bahwa AMD dan Vishy Anand telah membantu menyampaikan pesan agar dapat membuat keputusan yang tepat. Kami sangat bangga dapat bekerja dengan dia", kata Ramkumar Subramanian, Vice President Pemasaran AMD India pada sesi tanya jawab.

Diterjemahkan dibantu Google Translate dan diperhalus bahasanya oleh penulis dari sumber :
http://www.thaindian.com/newsportal/sports/world-champion-anand-gets-new-technology-to-better-his-chess_100134013.html

Nah... berdasarkan cerita di atas, Anand telah membuktikan dirinya, bahwa dengan teknologi canggih komputer kemampuan bersaingnya di profesi catur menjadi meningkat dengan bukti dia menang lawan Kramnik pada Dwi Lomba WCC 2008. Dan kita semua tahu belaka bahwa Anand menang lawan Kramnik salah satu rahasianya adalah persiapan matang oleh timnya (menggunakan komputer catur) untuk menemukan langkah NOVELTY pada opening (Semi Slavia dengan langkah Gb7 nya yang terkenal!) dengan raihan 2x menang MEMEGANG BUAH HITAM!!!. Sekarang siapa lagi yang mau menyangkal dan alergi dengan komputer catur? Silakan saja kalo ingin ngos-ngosan bersaing dengan para kompetitornya... Tul nggak?

GENS UNA SUMUS.

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2017, allright reserved.