CARI LEWAT GOOGLE

SUARA HATI INSAN CATUR

12 Pecatur Top Nasional Bentrok Di PMS Open X Solo 2008, MF Anjas Novita Juara Bikin Kejutan

Salah satu ajang catur tingkat nasional yang digelar setiap tahun dan selalu ditunggu-tunggu masanya oleh para pecinta catur dan master catur di tanah air adalah PMS (Perkumpulan Masyarakat Solo) Open yang digelar di kota Solo Jawa Tengah. Di tahun 2008 ini PMS Open X digelar dengan memperebutkan hadiah total Rp.20 juta. Turnamen catur PMS Open kali ini berkategori IV Percasi (turnamen ini bisa menerbitkan norma gelar MN/MP bagi peserta yang memperoleh nilai sesuai peraturan Percasi). Kategori IV sudah merupakan kategori yang tinggi untuk level nasional. Turnamen ini cukup bergengsi dengan ikut sertanya 12 pecatur top nasional dalam ajang catur di bumi bekas kerajaan Mataram ini. Yang hadir dalam PMS Open tahun ini adalah pecatur top GM Susanto Megaranto, GM Ardiansyah, GM Cerdas Barus dan lain-lainnya. Setelah para jawara-jawara catur dari seantero negeri beraksi dengan alotnya dari tanggal 21-26 Oktober 2008, akhirnya MF Anjas Novita dari Jawa Barat secara mengejutkan menjuarai turnamen ini mengungguli pecatur-pecatur yang di atas kertas lebih tinggi ratingnya dari dirinya.

Peserta PMS Open X 2008 ini menurut informasi sekitar 200-an peserta. Puluhan master (GM, MI, MF, MN, MP) dari berbagai provinsi di tanah air hadir dan meramaikan turnamen catur yang diadakan di tengah pula Jawa bagian selatan ini. Turnamen berlangsung sangat seru dengan terjadi cukup banyak kejutan, utamanya di babak-babak akhir. Unggulan pertama GM Susanto Megaranto tak dinyana dikalahkan rekan sedaerahnya dan 'seniornya' MF Awam Wahono, Tapi di akhir cerita Awam digulung oleh yuniornya MF Anjas Novita, sehingga akhirnya Anjas merebut singgasana juara. Begitu cerita yang saya dengar dari Solo.

Berikut hasil 20 besar PMS Open X Solo 2008 yang saya dapatkan dari sms/call dengan teman catur dari kota Solo yaitu MP (Master Percasi) Sony Karmudji tadi malam (terima kasih banyak atas informasinya kawan) :

1. MF Anjas Novita
2. GM Susanto Megaranto
3. MF Awam Wahono
4. MN Joko Purbowo
5. GM Cerdas Barus
6. MN Farid Firmansyah
7. MN Risman Siahaan
8. MF Khairul Anam
9. MN Sandy Kurniawan
10.MI Ronny Gunawan
11.MN Thomas Bueder
12.GM H. Ardiansyah
13.MI Ir. Tirto
14.MF Maksum Firdaus
15.MP Ngadino
16.MN Sofyan Jafar
17.MN Anderson Harun
18.MN Firman Simbolon
19.Mujiroso
20.MP Rusdiansyah

Jika ada informasi yang salah dari peringkat di atas atau ada yang ingin melengkapinya silakan saja segera hubungi saya via email/sms/call untuk saya koreksi. Terima kasih banyak.

Sekitar 5-6 tahun yang silam, saya pribadi pernah ikut PMS Open di kota Solo ini, kalo tidak salah saya waktu itu bersama dengan rekan sedaerah saya MN Samu Prasetyo. Saya waktu itu juga sempat berwisata-ria di keraton Surakarta dan di tempat-tempat lainnya yang menarik di kota Solo. Kalo malam di tepi-tepi jalan, misalnya di dekat alun-alun atau di beberapa tempat lain sering terdengar sayup-sayup gending-gending jawa lengkap dengan suara merdu para pesinden yang menentramkan hati di tengah kota tua ini.

Jadi pengen ikut lagi nih ... kapan-kapan ikut ke PMS Open yuk... entah tahun depan atau kapan?

GENS UNA SUMUS.

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2017, allright reserved.