CARI LEWAT GOOGLE



SUARA HATI INSAN CATUR





Chessbase 10 Telah Dirilis, Produk Manajemen Database Catur Terbaru Yang Telah Lama Ditunggu Insan Catur

Salah satu software catur canggih yang telah lama ditunggu-tunggu rilisnya oleh para insan catur adalah Chessbase 10. Harus diakui bahwa Chessbase ini adalah software catur untuk manajemen database catur yang paling banyak dipakai oleh para pecatur. Mulai dari para penghobi hingga para pecatur profesional dunia. Mereka maklum belaka dengan kehebatan dan kecanggihan fitur-fitur yang dimiliki oleh Chessbase. Boleh dikata semua kebutuhan pecatur untuk pengolahan database catur telah disediakan oleh software buatan Jerman ini. Dengan lengkapnya fitur-fitur Chessbase, para pecatur menjadi semakin mudah berlatih dan belajar catur dengan komputer untuk kemajuan caturnya. Rilis Chessbase 9 ke Chessbase 10 yang cukup lama tentunya memiliki banyak sekali penambahan-penambahan fitur-fitur yang semakin berguna bagi kita para pecinta komputer catur.

Dilengkapi dengan Seri Mega Database yang diupdate 1 tahun sekali oleh Chessbase menjadi sarana yang lengkap untuk belajar catur. Apalagi kalo ditambahi lagi dengan produk-produk unggulan terbaru Chessbase seperti Fritz 11, Rybka 3, Power Books 2009, Opening Encyclopedia 2009, dan lain-lain. Saat ini Chessbase telah menjadi perusahaan software catur besar yang telah dipercaya oleh para insan catur utamanya bagi para profesional catur dan master catur.

Seperti telah kita ketahui bersama dengan software Chessbase ini kita bisa menyimpan data notasi catur kita ke dalam komputer untuk dimainkan kembali. Termasuk memberi catatan-catatan (anotasi) ke dalam partai. Bahkan analisanya tidak hanya berupa text saja tapi bisa juga dengan gambar, suara atau pun video! Kita bisa menyimpan dan mengolah database catur unggulan (seperti seri Mega Database) sesuai dengan keinginan kita. Kita bisa mengurutkan berdasarkan opening (untuk belajar opening), bisa mengurutkan berdasarkan pemain (untuk mempelajari gaya permainan para grandmaster), berdasarkan endingnya (untuk belajar ending), mencari partai dengan posisi tertentu dan masih sangat banyak fitur pengolahan database catur semacam ini.



Dengan Chessbase ini pula kita bisa membuat database training untuk anak didik catur kita untuk latihan catur yang berupa kuis-kuis, baik opening, ending, taktik maupun strategi. Tentunya hal ini sangat menarik bagi murid-murid catur karena lebih interaktif dan tidak membosankan. Dengan materi yang bisa kita susun sendiri, pembelajaran menjadi jauh lebih efektif.

Meskipun Chessbase ini merupakan software pengolah database, tapi Chessbase bisa ditanami dengan engine catur (Chessbase Engine, UCI Engine) untuk menganalisa partai catur. Dalam setiap bundlenya, biasanya sudah tersedia beberapa engine. Untuk Chessbase 10 ada engine Fritz6 dan Crafty versi terbaru.

Salah satu fitur Chessbase yang sangat saya sukai adalah kita bisa membuat OPENING REPORT dari suatu opening yang telah kita pilih. Opening Report ini dibuat berdasarkan database opening yang kita seleksi dari database utama. Dengan Opening Report ini kita bisa mengetahui jalur-jalur opening yang sesuai teori, statistik opening, kecenderungan serangan, dan masih banyak lagi.

Kita juga bisa membuat cetakan buku dengan gaya 'theory table' ala buku BCO (Batsford Chess Opening), ECO atau NCO yang sudah sangat familiar dengan para penggemar catur. Dengan opening bisa dipilih sendiri, tentu ini menjadi sarana catur yang sangat berguna untuk pembelajaran catur, khususnya opening. Karena meskipun sudah ada komputer yang canggih untuk belajar catur, harus diakui kita tidak bisa meninggalkan materi pelajaran catur yang berupa cetakan (hard copy).

Yang saya suka lagi, di Chessbase ini telah dilengkapi dengan ribuan foto pecatur dari seluruh penjuru dunia. Jadi saat kita melihat partai di database, kita juga bisa melihat foto dari si pemain. Dari waktu ke waktu Chessbase selalu mengupdate data foto pecatur ini, sehingga datanya semakin lengkap saja.

Di Chessbase versi 10 ini, juga telah dilengkapi dengan Training Taktik, yang tentunya sangat berguna bagi pecatur. Selain itu Chessbase 10 juga telah mendukung Catur Random (Chess960). Dan seperti versi Chessbase sebelumnya, Chessbase 10 juga mendukung Online Database, sehingga pengguna bisa mengupdate databasenya dengan partai-partai terbaru langsung dari servernya Chessbase di Jerman.

Rasanya-rasanya masih banyak fitur-fitur bermanfaat dari software catur super canggih ini. yang belum saya sampaikan. Untuk lebih lengkapnya, berikut fitur-fitur Chessbase 10 yang saya kutip langsung dari situs resminya :

ChessBase 10 Mega Package

ChessBase is a personal, stand-alone chess database that has become the standard throughout the world. Everyone uses ChessBase, from the World Champion to the amateur next door. It is the program of choice for anyone who loves the game and wants to know more about it.
Available from 21 July 2008 (English and German), 11 August 2008 (Spanish, French, Italian, Dutch)

What you can do with ChessBase: Enter, annotate and save games, including variations, text commentary, spoken comments, embedded pictures, soundtracks and even video sequences; analyse position with GM-strength chess engines Fritz and Crafty (both included); retrieve games according to openings, players and tournaments; generate tournament cross tables and full graphic statistics of players or openings; merge games on-the-fly into an opening tree; generate a player’s dossier containing all available information from the database; find the new move in a game with one mouse click; generate a comprehensive openings report with main and critical lines, plans and most important games; search for material distribution, positions and manoeuvres, mates and stalemates; classify games according to self-defined middle and endgame criteria; print games in superb DTP quality with diagrams and multiple columns; automatic email transmission of positions, games or databases; team championship or correspondence chess management; integrated Chess Media System; and much, much more...

New in ChessBase 10.0: New integrated online database with millions of games, kept topical and up-to-date by ChessBase; split-second online search results (DSL); automatic update of your local reference database (Big or Mega) with the weekly instalments of games; display of games and moves with statistics in tree style; optional restriction to quality games in all searches; openings references include an overview of common variations; new search booster for super-fast results; openings books with instantaneous display of replies; fast-and-easy preparation for any specific players, with tree display and games; player dossier with improved openings references; direct access to the ICCF server for correspondence chess games; new engine functions, e.g. display of discarded lines; new functions for the chess server: e.g. online database accessible for kibitzers, ECO codes in the games lists, tactics training, full Chess 960 support. In addition: new look with high-resolution pieces, improved window management.

System requirements:
Minimum: Pentium 1 GHz, 512 MB RAM, Windows Vista or Windows XP (Service Pack 2), DVD ROM drive, Windows Media Player 9. Recommended: PC Intel Core 2 Duo, 2.4 GHz, 4 GB RAM, Windows Vista 64, GeForce8 graphics card (or compatible) with 256 MB RAM or higher, 100% DirectX compatible sound card, Windows Media Player 11, DVD ROM drive.

Prices (Harga Software Asli) :
359,90 € incl. VAT
302,44 € without VAT (for Customers outside the European Union)
468,78 $ (without VAT)

Situs resmi tentang produk-produk Chessbase 10 bisa dibaca di alamat :
http://www.chessbase.com/shop/product.asp?pid=394 dan
http://chessbase.com/products/chessbase10/overview.htm

Informasi lain seputar Chessbase 10 :
http://64.68.157.89/forum/viewtopic.php?t=22587&sid=5ab836731174d8057d7294c5739dbfb9
http://www.chesshouse.com/ChessBase_10_Mega_Package_p/a330.htm

Wah... jadi kepengen nyoba nih Chessbase 10! Gimana dengan anda?

GENS UNA SUMUS.

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2018, allright reserved.