CARI LEWAT GOOGLE

SUARA HATI INSAN CATUR

Memperbaiki & Menjaga Konsentrasi Dengan Memperbaiki Sikap Duduk Dalam Bertanding Catur

Salah satu faktor terpenting untuk kesuksesan bermain catur dalam turnamen adalah memiliki konsentrasi yang baik selama turnamen catur. Berbagai cara ditempuh oleh pecatur untuk meningkatkan konsentrasinya mulai dari memperbanyak jam istirahat, meningkatkan stamina dengan banyak olahraga, melakukan senam otak (brain gym), melakukan meditasi, menjaga makanan, sampai minum minuman suplemen untuk otak. Sebenarnya ada lagi cara lain yang sederhana untuk memperbaiki permainan catur dan telah lama diterapkan oleh para ahli catur. Cara ini adalah dengan menjaga sikap duduk tertentu yang dapat mengkondisikan diri pemain agar selalu konsentrasi atau fokus pada permainan catur di depannya.


Kalo kita perhatikan tingkah polah para grandmaster dalam turnamen catur, bermacam-macam gaya (sikap duduk) yang mereka lakukan. Ada yang dengan merangkapkan kedua telapak tangan di kepala, ada yang memegang keningnya dengan sebelah tangan, ada yang menopangkan dagunya di atas sebelah telapak tangan, ada yang menjauhkan badan/kepala dari buah catur, ada yang sebaliknya mendekatkan kepalanya pada papan catur, dan sebagainya. Ini semua mereka lakukan demi kenyamanan diri dalam bermain dan yang paling utama adalah agar mereka bisa berkonsentrasi dengan lebih baik.
Sikap duduk dalam bertanding ini bisa diibaratkan sebagai kuda-kuda pada belajar silat. Semakin baik/kuat kuda-kuda seorang pesilat, semakin sulitlah si pesilat dijatuhkan lawan. Begitu pula sikap duduk dalam Catur. Semakin baik dan teguh sikap duduk yang dilakukan (berarti semakin fokus dan konsentrasi), maka akan semakin sulitlah menaklukkan si pecatur ini.
Karena pentingnya sikap duduk ini, banyak sekolah catur yang melatih sikap duduk ini secara khusus kepada anak didiknya pada awal-awal masa belajar sebelum memberikan materi teknis ilmu catur. Karena akan sulitlah bagi si anak untuk berkonsentasi penuh dalam catur, jika sikap duduknya tidak mendukung.
Berikut foto-foto sikap duduk para Grandmaster ketika bertanding catur:
Gaya Pecatur No.1 dunia GM Viswanathan Anand dari India, saat konsentrasi di Turnamen Catur Linares.
GM Magnus Carlsen dengan gaya bertopang dagunya saat bertanding.
 
GM Boris Gelfand dikenal sering mendekatkan kepalanya ke papan catur saat bermain seperti tampak pada gambar di atas.
  
Pecatur No.1 Bulgaria GM Veselin Topalov sedang fokus ke papan catur dengan merangkapkan kedua telapak tangannya di pipi-pipinya.
  
GM Alexander Morozevich sedang konsentrasi dengan menutupi mulutnya dengan genggaman tangannya.
  
Pecatur Rusia yang pernah mengalahkan GM Garry Kasparov yaitu seperti tampak pada gambar ini GM Vladimir Kramnik sedang konsentrasi dengan menekan jempol tangannya pada dagu.
  
Pecatur terkuat Hungaria GM Peter Leko sedang berpikir keras dalam sebuah turnamen catur tingkat atas dengan merangkapkan kedua telapak tangannya pada keningnya.
Masih ada beberapa gaya yang lain dari para GM ini saat bertanding catur. Silakan amati sendiri dan tiru yang paling cocok dan nyaman anda lakukan, demi perbaikan konsentrasi selama bermain catur. 
Teman-teman, gimana gaya/sikap duduk anda dalam bermain catur? Sudah seberapa kuat dan fokuskah konsentrasi anda?
GENS UNA SUMUS.

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2017, allright reserved.