CARI LEWAT GOOGLE



SUARA HATI INSAN CATUR





Swiss Perfect, Software Pairing Sistem Swiss Turnamen Catur Yang Saat Ini Paling Banyak Dipakai Di Indonesia

Tak bisa dipungkiri bahwa Swiss Perfect adalah software pairing (penentuan lawan) yang saat ini paling banyak dipakai di Indonesia. Banyak sekali turnamen catur yang memakai sofwtare ini daripada pendahulunya Swiss 46 (Swiss Master 4.6). Hal ini mungkin disebabkan karena kemudahan pengoperasian dan fitur-fitur Swiss Perfect lebih banyak dibandingkan dengan Swiss 46/48. Swiss 46/48 memang masih berbasis teks/DOS (versi terbarunya Swiss Master 5 telah menggunakan antarmuka grafik, tapi tidak/jarang dipakai di tanah air).

Yang lalu Kejurnas Catur 2007 di Surabaya menggunakan Swiss Perfect. Turnamen Terbuka Catur Merah 2008 yang akan diselenggarakan di 15 kota di Jatim pun menggunakan Swiss Perfect for Windows untuk pairingnya.






Sebenarnya Swiss Perfect ini juga ada yang versi DOS/teks (sekitar tahun 2001 saya telah menggunakan sofwtare yang versi text ini dalam turnamen catur Unmer di Malang bertajuk "CITRA HALIM CUP", yang saat itu dihadiri oleh GM H. Ardiansyah). Tapi yang banyak dipakai adalah yang for Windows.

Akhir-akhir ini Swiss Perfect dan Swiss Master telah mulai digeser oleh software pairing turnamen swiss yang lain yang lebih canggih yaitu : SWISS MANAGER. Kejuaraan tingkat nasional Telkom Open 2007 di Geger Kalong Bandung dan yang terbaru kejuaraan Sirkuit Catur Asia di Tarakan-Kaltim barusan juga menggunakan Swiss Manager. Beberapa waktu lalu saya telah memposting tentang Swiss Manager ini.

Salah satu fitur yang diandalkan oleh Swiss Manager yang tidak ada di Swiss Perfect dan Swiss Master adalah kemampuan publikasi hasil turnamen di internet. Tapi sebenarnya saat ini Swiss Perfect mempunyai program utility lain yang baru dibuat oleh programmer Jonathan Paxman agar hasil Swiss Perfect ini bisa langsung dipublikasi di internet dengan mudah. Program kecil tersebut bernama sp2html.



Dengan sp2html, semua hasil laporan turnamen dari Swiss Perfect (Player List, Pairing, Standing, Cross Table) bisa langsung dipublikasi ke internet dengan beberapa kali klik mouse. Bahkan laporan ini masih dilengkapi dengan PGN Viewer yang mampu memainkan file PGN dari hasil turnamen (jika ada) + sekalian link downloadnya. Hal ini merupakan kemajuan besar bagi Swiss Perfect. Jadi teman-teman wasit komputer yang saat ini telah memakai Swiss Perfect sebenarnya sudah bisa mempublikasikan hasil turnamennya ke internet.

Situs resmi Swiss Perfect bisa diakses di alamat :
http://www.swissperfect.com

Download Swiss Perfect for DOS Klik Di Sini.
http://www.swissperfect.com/swissp.zip

Download Swiss Perfect 98 Build 415 for Windows Klik Di Sini.
http://www.swissperfect.com/setup98eng.exe

Situs resmi Software publikasi sp2html (ada contoh-contoh turnamen yang telah dipublikasi) :
http://sp2html.paxmans.net

Software publikasi hasil turnamen dari Swiss Perfect (sp2html bisa didownload Klik Di Sini).

Ayo teman-teman wasit komputer yang sering memakai Swiss Perfect untuk pairing, publikasikan hasil turnamennya ke internet. Mudah kok!

GENS UNA SUMUS.

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2018, allright reserved.