CARI LEWAT GOOGLE



SUARA HATI INSAN CATUR





Variasi-Variasi Jenis Permainan Catur Yang Beraneka Ragam

Permainan catur yang kita cintai ini telah dimainkan orang sejak ribuan tahun yang lalu. Dalam perjalanannya permainan catur memiliki jenis variasi yang sangat banyak. Mungkin orang ada yang bosan dengan permainan catur standar, lalu menciptakan variasi-variasi catur. Untuk catur standar (catur dengan buah dan papan standar) saja ada banyak macamnya. Mulai dari catur klasik, catur cepat, catur kilat, catur buta, catur random, catur korespondensi (surat), catur online (main via internet), dan lain-lain. Ada lagi yang mulai membuat variasi catur dengan merubah / menambah buah catur dan jumlah petaknya. Ada juga yang merubah peraturannya, misalnya crazy/lose chess dimana yang habis buahnya dulu yang menang dan lain-lainnya. Sampai yang paling ekstrem menambah buah catur baru. Posting hari ini akan mencoba mendata berbagai variasi permainan catur yang pernah dimainkan orang.

Berikut sedikit daftar variasi-variasi permainan catur :

Catur Menggunakan Buah Standar dan Peraturan Standar

1. Catur Klasik
2. Catur Cepat
3. Catur Kilat
4. Catur Buta
5. Catur Online
6. Catur Korespondensi
7. dan lain-lain.

Catur Menggunakan Buah Standar Tapi Peraturan Tidak Standar

1. Catur Random/Fischer (Chess960), buah dan papan catur standar, hanya urutan tata letak buahnya diubah-ubah sejak awal permainan. Variasi posisinya berjumlah 960.
2. Catur Tandem, catur dengan 4 orang pemain, tapi buah+papan caturnya cuma 1. Setiap pasangan tidak diperbolehkan berkomunikasi, langkah gantian.
3. Catur Estafet, catur dengan 1 buah+papan catur tapi dengan jumlah pemain yang banyak (lebih dari 1), langkahnya bergantian.
4. Catur Kartu, langkah catur ditentukan dengan kocokan media kartu (yang biasa dipakai untuk main remi), jadi ada faktor keberuntungan juga.
5. Catur Voor, salah satu pihak mengurani jumlah buah catur sejak awal permainan atau kadang bisa juga mengurangi jatah jam caturnya.
6. Catur 'Lose Chess' (Crazy Chess), yang habis dulu buah caturnya menang.
7. dan lain-lain.

Catur Yang Menggunakan Buah Tidak Standar

1. THE CONQUEROR CHESS, inovasi dari anak Indonesia saudara Yohanes Daris Adi Brata (Jakarta). Jika Anda bosan dengan permainan catur biasa, maka The Conqueror Chess adalah tantangan baru. Dimodifikasi dari catur konvensional, The Conqueror Chess dapat dimainkan oleh 4 orang sekaligus. Baik secara tunggal atau kerjasama antar 2 pemain melawan 2 pemain lainnya. The Conqueror Chess memberikan peluang strategi yang lebih banyak dengan menyerang, bertahan, bekerjasama, ataupun mengadu domba.
Lebih lengkap ke sumbernya langsung:
http://www.blackinnovationawards.com/finalist.php?year=2007&finid=29

2. Catur Hexagonal, menggunakan papan catur yang berbentuk hexagonal dengan 9 bidak dan 3 gajah. Peraturan mirip dengan catur standar.



3. dan lain-lain...

Jenis Permainan Lain Yang Mirip Dengan Permainan Catur:

1. XiangJie atau Catur China
2. Checkers
3. Go
4. dan lain-lain.

Sedang software catur yang bisa dipakai untuk bermain dengan berbagai macam variasi semacam ini antara lain :

*ChessV yang mendukung sampai 50 jenis variasi permainan catur dari yang standar sampai yang tidak standar. Situs ChessV adalah http://www.chessv.com/

*Zillion Games, yang berisi dan bisa memainkan hampir semua jenis variant (plus tambahan permainan yang non-catur) situs resminya ada di http://www.zillions-of-games.com/

Lebih lengkap silakan mengakses portal catur 'chess variant' yang berisi permainan-permainan catur tidak standar alias keluar dari pakemnya. Langsung saja terbang ke sasaran di alamat :

http://www.chessvariants.org/Gindex.html
http://en.wikipedia.org/wiki/Chess_variant

Teman-teman, siapa yang suka bermain catur dengan buah dan papan catur yang aneh-aneh di luar pakem?... Kayaknya asyik yah, buat ngilangin boring. Tapi jangan kebablasan ya. Nanti catur normalnya jadi kacau...

GENS UNA SUMUS.

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2018, allright reserved.