CARI LEWAT GOOGLE

SUARA HATI INSAN CATUR

Insan-Insan Catur Di Balik Kesuksesan Para Grandmaster Top Dunia

Tak bisa dipungkiri bahwa di balik kesuksesan para grandmaster top dunia terdapat insan-insan catur yang mendukung pencapaian kesuksesan mereka. Sulit rasanya mereka sukses seperti sekarang ini tanpa dukungan, bimbingan dan nasehat orang-orang terdekatnya. Posting kita kali ini akan menceritakan orang-orang dekat para pecatur dunia saat ini yang memberikan 'roh keberhasilan' kepada para pendekar catur ini. Bagi teman-teman catur yang berperan sebagai pelatih, sekondan, orang tua, pasangan, pengurus atau apalah namanya sangat diharapkan dukungan, bimbingan, nasehatnya untuk kemajuan orang-orang catur terdekatnya. Ya pastilah...

GM Garry Kasparov (Rusia)

Meskipun Kasparov sudah tidak aktif lagi alias mundur dari dunia 'persilatan' catur, tapi masih layak kita perbincangkan. Kasparov kecil mulai kelihatan bakat cemerlang di catur saat dia mampu memecahkan problem catur sulit dimana orang dewasa di kampungnya kesulitan menyelesaikan problemnya. orang yang paling awal membinanya belajar catur adalah GM Vladimir Makogonov yang saat itu mengajar di sekolah catur Botwinnik di kota Moscow Rusia. Makogonov inilah yang meletakkan dasar-dasar bermain catur bagi Kasparov kecil. Guru catur Kasparov yang lain adalah GM Alexander Shakarov.

GM Viswanathan Anand (India)

Istrinya Aruna Anand selalu setia menemaninya ke manapun Anand ikut dalam turnamen-turnamen catur besar. Jelas ini memberikan spirit kepada Vishy Anand menapaki tangga kesuksesan di dunia catur hingga saat ini namanya bertengger di peringkat No.1 daftar ELO Rating FIDE per 1 April 2008. Vishy Anand juga berkali-kali meraih penghargaan Oscar Catur sebagai pemain terbaik dunia (termasuk tahun ini). Pelatih Anand yang terkenal adalah Elizbar Ubilava yang juga melatih sebagian besar pecatur hebat India saat ini.

GM Vladimir Kramnik (Rusia)

Marie-Laure, seorang jurnalis Perancis adalah istri Kramnik yang senantiasa mendoakan suaminya agar sukses di dunia catur. Per 1 Januari 2008 kemarin Kramnik bertengger di peringkat No.1 dunia, meskipun per 1 April 2008 singgasananya digeser pecatur India GM Viswanathan Anand. Pecatur yang pernah melatih Kramnik antara lain GM Alexander Motylev, GM Sergey Rublevsky dan GM Miguel Illescas.

GM Veselin Topalov (Bulgaria)

Pecatur yang berjasa atas keberhasilan pecatur No.1 Bulgaria ini adalah pelatih sekaligus manajernya yaitu MI Silvio Danailov. Seperti telah kita ketahui bersama Topalov akan ditantang oleh GM Gata Kamsky (USA) dalam dwi tarung (semi final) memperebutkan juara dunia sejati. Yang menang akan berhadapan dengan kesaktian pemenang antara Anand vs Kramnik. Kita tunggu ya siapa yang menang.

GM Alexander Morozevich (Rusia)

Yang membuat pandai Morozevich adalah pecatur GM Alexey Kuzmin. Pecatur yang membelot dari seri Grandprix FIDE 2008-2009 (karena menganggap kejuaraan ini terlalu lama) ini sekarang menduduki peringkat ke-3 dunia di bawah Anand dan Kramnik.

GM Magnus Carlsen (Norwegia)

Pecatur muda usia GM Magnus Carlsen ini menghebohkan dunia persilatan catur dengan performancenya yang sangat memuaskan dalam berbagai turnamen besar seperti Corus 2008, Linares 2008, Melody Amber 2008 dan sekarang 1st FIDE Grandprix Baku. Orang yang sangat berjasa terhadap keberhasilan pecatur jenius dari Norwegia ini adalah ayahnya sendiri Henrik Carlsen yang menjadi manajernya. Sedang yang menjadi pelatih anak ini adalah GM Simen Agdestein. Diprediksi Carlsen ini bisa menjadi juara dunia jika Kramnik dan Anand sudah redup (baca tua usianya).

GM Levon Aronian (Armenia)

Pecatur Armenia ini juga merupakan salah pecatur terkuat dan tersukses di dunia saat ini. Hanya dalam hitungan kurang dari 5 tahun Aronian meluncur bak meteor dan mengancam siapa saja yang menghadangnya. Pelatih Aronian yang terkenal adalah pecatur gaek GM Gabriel Sargissian. Pecatur yang juara catur random (chess960) ini juga merupakan kandidat juara dunia di masa mendatang.

GM Shakhriyar Mamedyarov (Azerbaijan)

Pecatur ini mengaku tidak mempunyai pelatih catur khusus. Ayahnya sendirilah yang memberikan segala dukungan untuk kemajuan catur anaknya. Lahir di keluarga atlit, pecatur Azerbajian ini sering masuk dalam daftar 10 besar top dunia. Saudara perempuannya adalah master-master catur.

GM Gata Kamsky (USA)

Banyak yang sudah mengetahui bahwa ayahnya Rustam Kamsky adalah sosok yang sangat berjasa terhadap kemajuan caturnya ini. Dengan pendidikan keras dan ketat (konon saat masih remaja berlatih 12 jam sehari), Rustam Kamsky berharap anaknya ini bisa menjadi juara dunia catur. Karena banyak mafia/politik catur di Rusia sehingga Kamsky merasa tertekan akhirnya keluarga ini hijrah ke negara adidaya Amerika Serikat hingga saat ini. Setelah pecatur legendaris GM Bobby Fischer (alm.) Kamsky lah pecatur terkuat di negara Pamn Sam ini. Bahkan Gata Kamsky sempat non-aktif selama beberapa tahun karena mau pindah karir menjadi seorang dokter. Tapi si Kamsky ini bangkit lagi dengan menjuarai Kejuaraaan Dunia Catur di Kanty-Mansysk Rusia tahun 2007 lalu. Dan kemudian oleh FIDE akan dipertemukan dengan GM Veselin Topalov tahun ini.

GM Teimour Radjabov (Azerbaijan)

Radjabov adalah merupakan pecatur muda lainnya yang sukses karirnya di dunia catur. Pecatur ganteng ini saat ini mewakili negara Azerbaijan. Dulu masih lekat dalam ingatan kita pada kejuaraan Linares 2003, saat Radjabov pernah menghebohkan dunia catur dengan mengalahkan GM Garry Kasparov dengan korban kuda dalam Pembelaan Perancis. Memang Radjabov ini sering menang lawan GM top dengan memegang buah hitam. Aneh ya... Yang melatih Radjabov adalah ayahnya sendiri dan GM Yuri Razuvaev, pecatur Rusia.

GM Peter Svidler (Rusia)

Pecatur yang sangat berpengaruh atas kesuksesan Svidler adalah pelatih catur terkenal dari Rusia yaitu siapa lagi kalo bukan MI Mark Dvoretsky. seperti kita ketahui Dvoretsky pernah sedikit-sedikit menurunkan ilmu kesaktian caturnya kepada banyak GM top dunia macam Yusupov, Anand, Svidler dan lain-lain termasuk pecatur hebat Indonesia GM Utut Adianto. Svidler merupakan salah satu pecatur terkuat di dunia saat ini yang disegani oleh lawan-lawannya. Kalo saya amati Svidler ini wajahnya mirip pecatur Jawa Timur MN Sugianto Tjin. Bener nggak sih?

GM Peter Leko (Hungaria)

Pecatur yang pernah menjadi grandmaster termuda (usia 14 tahun) ini dilatih oleh mertuanya yaitu GM Arshak Petrosian. Istrinya yang tercinta Sofia Petrosian yang dinikahinya tahun 2000 lalu juga memberikan andil yang tidak sedikit dalam memberikan dukungan dan spirit kepada suaminya grandmaster Hungaria ini. Hingga Leko hampir selalu masuk dalam jajaran 10 Top pecatur dunia. Pecatur lainnya yang mempengaruhi permainan Leko dan melatihnya adalah pecatur Kuba GM Amador Rodriguez.

GM Bu Xiangzhi, GM Wang Yue, GM Ni Hua, GM Wang Hao, GM Zhang Pengxiang (China)

Para pecatur dari tirai bambu ini mulai mengancam dominasi pecatur-pecatur dari Eropa Timur (Rusia, Ukraina, Azerbaijan, Hungaria, dll.). Mereka masih muda-muda, cerdas, berkemauan keras dan terbukti sering membuat kehebohan-kehebohan di dunia catur. Orang yang sangat berpengaruh atas kesuksesan tim catur China adalah pecatur senuior China GM Ye Jiangchuan, GM Yu Shaoteng dan lain-lainnya.

GM Judith Polgar (Hungaria)

Sudah terkenal sekali bahwa keluarga Polgar adalah pecatur-pecatur hebat. GM Judith Polgar, GM Susan Polgar dan GMW Sofia Polgar sudah terkenal sebagai pecatur-pecatur wanita hebat di kolong langit ini. Yang berpengaruh terhadap prestasi mereka bertiga adalah ayah mereka sendiri. Sampai saat ini Judith dianggap merupakan pecatur wanita terkuat di dunia. Saya ingin sekali melihat dwi tarung GM Judith Polgar ini lawan salah satu pecatur wanita dari China. So pasti seru habis.

Ada yang mau menambahkan informasi di atas?

Berdasarkan kenyataan di atas sekali lagi saya tekankan, maka bagi teman-teman yang menjadi pelatih, pembina, sekondan, pasangan, orang tua atau apalah namanya yang dekat dengan seorang jagoan catur - dukungan anda semua akan sangat berarti bagi prestasi mereka. Dukungan setengah hati tentu akan menghasilkan prestasi yang setengah pula. Bukankah demikian?

GENS UNA SUMUS.

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2017, allright reserved.