CARI LEWAT GOOGLE

SUARA HATI INSAN CATUR

Tip Dan Trik Agar PD (Percaya Diri) Bermain Catur Cepat/Kilat

Menanggapi beberapa teman-teman catur yang kesulitan kalo bermain catur kilat (blitz), hari ini saya postingkan beberapa kiat agar kita semua (termasuk saya juga) bisa bermain catur kilat dengan lebih baik, lebih percaya diri. Dan tentu saja diharapkan hasil yang lebih baik di masa mendatang. Memang catur cepat/kilat berbeda dengan catur klasik. Jam catur sangat berperan di catur kilat. Kadangkala lebih baik mengorbankan perwira dengan kemenangan jam, daripada sebaliknya. Posting ini saya ambil dari berbagai sumber, dan barangkali ada yang kurang pas, mohon teman-teman yang pandai mengoreksi/menambahkan. Semoga tidak mengecewakan...

Berikut ringkasan Tip & Trik Bermain Catur Kilat yang saya sarikan dari berbagai sumber :

1.Dalam catur kilat (5 menitan), asumsi kedua pemain berada dalam keadaan krisis waktu. Jika menggunakan increment (waktu tambahan) per langkah, tentu krisis waktu menjadi berkurang. Jika tidak ada increment, memang kedua pecatur krisis waktu betulan. Jadi "segera melakukan penekanan jam catur" harus diprioritaskan. Kalo perlu pelajari reflek memegang buah catur dan memijit buah catur.

2.Sibukkan pikiran dengan segala kemungkinan langkah ke depan. Kita harus mengumpulkan sebanyak mungkin data/informasi dari atas papan dengan kecepatan yang setinggi-tinggi. Dan kalo bisa tekan sekecil mungkin penurunan akurasi langkah. Manfaatkan semaksimal mungkin waktu sendiri dan terutama waktu lawan anda.

3.Utamakan perhatian untuk langkah menyerang dan bertahan lebih dulu. Langkah melakukan check, makan memakan, promosi bidak, pertukaran buah catur, harus dipikirkan pertama kali.

4.Usahakan selalu mempunyai 1 langkah darurat. Dalam catur kilat tidak dibutuhkan langkah indah, tapi yang sangat diperlukan adalah langkah aman dan mudah. Jadi orientasi bukan langkah terbaik, tapi langkah yang baik dan aman.

5.Skill catur tentu sangat membantu, utamanya kecepatan berpikir dan banyak hapalan posisi/langkah di dalam otak. Hapalan opening sangat-sangat menghemat waktu.

6.Bagi mereka yang tidak terlatih catur kilat, lupakan untuk meraih hasil yang baik. Catur kilat menurut saya, termasuk jenis ketrampilan. Ketrampilan menggerakkan buah catur dan memijit buah catur. Hapalan, reflek dan intuisi sangat berperan pada catur jenis ini. Jadi latihlah catur kilat secara rutin, jika memang anda ingin mendapatkan hasil yang baik di catur kilat ini.
7.Lihatlah jam catur hanya pada waktu lawan melangkah.

8.Bermain agresif, menyerang lebih menguntungkan daripada bermain bertahan. Pihak yang menyerang mempunyai peluangPihak yang bertahan membutuhkan energi dan waktu yang lebih banyak yang jauh lebih besar pada catur kilat ini dibanding pada catur klasik.

9.Tetaplah tenang dan waspada. Biasanya yang lebih tenang, langkahnya cenderung lebih akurat. Apalagi kalo posisi unggul, lebih baik memakan waktu beberapa detik lebih lama tapi menghasilkan langkah yang merepotkan lawan daripada melangkah cepat tapi blunder atau mudah ditebak oleh lawan. Kalo kita melangkah bagus dan akurat, ini akan memaksa lawan untuk menggunakan waktu lebih banyak nantinya.

10.Kalo unggul, usahakan pilih jalur yang paling sederhana dengan resiko yang sekecil mungkin.

Ada yang lain yang mau menambahkan? Silakan...

Sumber-sumber yang bisa diakses dan diteliti ulang di alamat :
http://blog.chess.com/Quixotical/my-tips-on-blitz-chess-part-one
http://discipledelamaza.blogspot.com/2007/11/some-thoughts-on-chess-and-blitz.html

Buku yang membahas catur kilat yang sangat terkenal dan direkomendasikan oleh para ahli/master catur adalah buku karangan John Maxwell yang berjudul "Blitz Theory" terbitan Silent Lyric Productions tahun 2005 setebal 111 halaman. Banyak pujian untuk buku kreatif ini yang melakukan pendekatan lain untuk menangani catur kilat.



http://www.amazon.com/Blitz-Theory-How-Win-Chess/dp/0967775205/ref=sr_1_1?ie=UTF8&s=books&qid=1210001942&sr=8-1

Berikut promosi dan daftar isi dari buku Blitz Theory ini :

From the introduction: "The game of blitz chess is only a relative of slow chess, as blitz is chess within a time crisis." While it first appears that five minute chess is no different than the traditional untimed discipline, the contestant eventually concludes that successful blitz play seems to incorporate a certain enigmatic variant to its strategy. This mysterious strategic adjustment is what Mr. Maxwell has investigated to exhaustion, and Blitz Theory is the culmination of his revolutionary discoveries. Learn: -- why the clock is a piece -- what the cardinal rule is -- about the soul of blitz -- to apply the pseudo check -- the use of trash talking. Contents: Foreword by GM Walter Browne 1. Preface 2. Introduction 3. The Complete WBCA Official Rules 4. Strategy 5. Openings 6. Clock Play 7. Advanced Techniques 8. Miscellaneous 9. Conclusion 10. Exercises Bruce Pandolfini: "It is the type of work of which, after reading, one wonders why it hadn't been written and re-written decades ago." GM Walter Browne: "Yields excellent strategies, insightful tactical options and effective techniques for dealing with desperate situations."

Teman-teman... siapa yang sudah punya buku Blitz Theory ini ya....?

Mengingat pentingnya permainan catur cepat/kilat ini, lain waktu kalo ada tambahan teori, posting ini akan saya update...

GENS UNA SUMUS.

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2017, allright reserved.