CARI LEWAT GOOGLE

SUARA HATI INSAN CATUR

VIDEO CATUR PILIHAN

Buku-Buku Catur Yang Baik Untuk Belajar Ending (Babak Akhir)

Salah satu fase dalam permainan catur yang agak diremehkan untuk dipelajari adalah Ending (Babak Akhir). Kebanyakan para pecatur lebih suka mendalami opening dan taktik catur. Padahal ending juga tidak kalah pentingnya dibanding babak lainnya. Bahkan beberapa ahli menyatakan untuk pemula catur hendaknya ending lebih dahulu dipelajari. Menurut saya pribadi, ending mutlak dikuasai karena pada umumnya saat memasuki ending pecatur hanya menyisakan waktu sedikit (bahkan tidak jarang sampai krisis waktu) dan energi pun sudah banyak terkuras untuk opening dan middle. Tanpa penguasaan ending yang prima, umumnya pemain akan cenderung melakukan blunder di babak ini.

Dan salah satu cara untuk belajar ending adalah dengan mempelajari teori-teori ending dari buku-buku ending yang baik. Selain tentu saja metode belajar ending dengan komputer yang pernah saya posting beberapa bulan yang telah lewat dalam SBKC. Dalam posting hari ini, kita akan mencari buku-buku ending apakah yang bisa kita pilih untuk menemani kita belajar ending.



Menurut pengamatan saya selama ini, buku-buku catur yang sangat baik untuk belajar ending antara lain adalah buku ending yang berjudul Dvoretsky Endgame Manual karya pelatih catur dunia yang terkenal MI Mark Dvoretsky dari Rusia, buku ini sangat lengkap membahas segala seluk-beluk yang berkaitan dengan permainan akhir (ending/endgame). Yang lain tentu seri Encyclopedia Chess Ending (ECE) terbitan Sahovski (penerbit buku catur ternama seperti ECO, Informator, dll.). Hanya di buku seri ECE (seperti juga pada buku-buku terbitan Yugoslavia ini) kekurangannya tidak terdapat penjelasan lengkap tentang teori ending, tapi analisanya digantikan dengan kode-kode yang tentu saja tidak bisa mewakili semua keterangan teori yang diperlukan.



Kemudian ada buku catur terbitan Batsford yang berjudul Batsford Chess Ending (BCE) yang juga penerbit buku opening termasyhur BCO. Buku ini berisi ringkasan segala maca ending sehingga cocok kalo dibawa ke turnamen, disarankan bagi yang telah mempelajari ilmu ending. Dan saya pikir buku karya GM Lev Alburt yang berjudul Just The Fact, Endgame Knowledge adalah buku ending yang sangat baik sekali. Buku ini sistematikanya sederhana, hurufnya besar-besar dan sangat mudah dipelajari untuk para pemula sekalipun. Masih banyak sekali buku-buku catur khusus ending yang diterbitkan oleh para ahli/master catur.

Berikut daftar link buku-buku ending yang direkomendasikan oleh para ahli/master catur :

http://www.chess-strategy-online.com/books/chess-endgame/
http://users.adelphia.net/~j.mccranie/EndgameBooks.html
http://en.wikipedia.org/wiki/Chess_endgame_literature
http://www.chessville.com/reviews/reviews_endgamebooks.htm

dan lain-lain...

Jika merasa masih belum lengkap, silakan mengaksesnya sendiri di toko-toko buku online seperti misalnya Amazon dengan alamat :
http://www.amazon.com/s/ref=nb_ss_gw?url=search-alias%3Dstripbooks&field-keywords=chess%2Bending&x=0&y=0

atau di alamat :
http://www.amazon.com/s/ref=nb_ss_b?url=search-alias%3Dstripbooks&field-keywords=chess%2Bendgame&x=0&y=0
Ada yang ingin menambahkan?

Yuk belajar ending... biar ningkat reting kita!

GENS UNA SUMUS.

TAHUKAH ANDA?

SPARRING VS SHREDDER

PETUAH GRANDMASTER

BUKU TAMU

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2014, allright reserved.