CARI LEWAT GOOGLE



SUARA HATI INSAN CATUR





Personal Chess Trainer (Chessimo), Software Catur Yang Sangat Baik Untuk Belajar Taktik Catur (Bisa Juga Untuk Belajar Strategi Dan Ending) - SBKC 15

Banyak yang telah mengetahui bahwa taktik adalah suatu bagian dari permainan catur yang sangat penting. Sudah banyak para ahli dan master catur yang menekankan betapa pentingnya permainan taktik ini. Taktik catur bisa hadir dalam setiap kesempatan catur, karena taktik adalah aksi langkah catur itu sendiri yang mengandung suatu tujuan. Dan Kombinasi yang dipuja oleh semua pecatur adalah puncak dari taktik. Kombinasi adalah rajanya taktik. Dalam kesempatan kali ini, saya postingkan alternatif lain belajar taktik, yaitu menggunakan software Personal Chess Trainer (PCT). Bagi teman-teman yang pernah dan telah menggunakan software ini, sekarang (tahun 2008) software PCT berganti nama menjadi Chessimo.

Beberapa kali saya telah memposting soal taktik dalam blog ini. Bahkan saya juga memposting Seri Belajar Taktik Catur (SBTC) yang berisikan tema-tema taktik, teori, contoh dan juga download database taktik sesuai temanya. Yang ingin mengakses posting seputar taktik di blog ini bisa langsung menuju ke TKP di alamat :
http://komputercatur.blogspot.com/2007/12/belajar-catur-dengan-komputer-yang.html
http://komputercatur.blogspot.com/2008/03/daftar-lengkap-tema-tema-taktik-dalam.html
http://komputercatur.blogspot.com/2008/04/taktik-dengan-tema-pakuan-pinning-yang.html
Personal Chess Trainer (PCT) ini selain untuk belajar taktik juga bisa untuk belajar strategi (bermain posisi) dan ending (babak akhir) bahkan versi terbaru juga bisa untuk belajar opening. Menurut saya pribadi, PCT ini merupakan salah satu software catur terbaik yang pernah dibuat orang. Pecatur yang belajar pakai PCT ini akan cepat sekali kemajuannya dalam Hapalan Taktik, Strategi dan Ending. Hanya perbendaharaan database Strategi dan Ending di PCT ini tidak sebanyak Taktik.



Prinsip kerja PCT ini menurut saya sangat cerdas dan kreatif, yaitu dengan mengutamakan metode pengulangan. Memang metode 'pengulangan' ini adalah metode belajar yang konvensional tapi tetap ampuh. Hanya tentu waktu yang dibutuhkan agak lebih lama. Tujuan utama dari PCT adalah agar pecatur menpunyai hapalan pola-pola taktik, strategi, ending, opening yang pada awalnya (saat berlatih) disimpan di memori jangka pendek, karena diulang-ulang pola-pola posisi dan langkah akan ditransfer ke memori jangka panjang (yang dikuasai bawah sadar). Dalam bahasa 'planet' sering disebut sebagai PATTERN RECOGNITION.

Setelah pola-pola catur masuk ke memori jangka panjang, si pecatur akan dengan cepat (baca otomatis) mengenalinya saat bermain dan berhadapan dengan papan catur, sehingga sangat memudahkan dia untuk mengkalkulasi langkah dan membuat keputusan langkah. Sebenarnya inilah salah satu rahasia permainan catur. DATABASE HAPALAN Tema/Pola Posisi&Langkah dan hapalan pedoman catur di MEMORI JANGKA PANJANG.

Bagusnya lagi, proses pembelajaran disajikan dalam bentuk kuis yang diberikan secara bertahap dari yang termudah menuju yang lebih sulit dan dilakukan berulang-ulang agar proses belajar bisa terpatri ke dalam otak (memori jangka panjang). Pertama-tama kuis disajikan gampang sekali (1 langkah mati/menang), kemudian diulang-ulang (jumlah pengulangan bisa ditentukan oleh pemakai, minimal 3x pengulangan), terus 2 langkah mati/menang (posisi diambil kelanjutan dari yang 1 langkah mati/menang tadi), begitu seterusnya sampai yang tersulit. Dengan adanya kuis ini si pecatur selain belajar taktik, strategi, opening, ending juga sekaligus belajar KALKULASI LANGKAH.

Dalam PCT ada 4 jenis latihan, yaitu TAKTIK, STRATEGI, ENDING dan ENDING. Setiap jenis latihan terdiri banyak unit. Dan setiap unit terdiri dari banyak kuis untuk diselesaikan. Jika kita khatam (baca menamatkan/menyelesaikan) semua jenis latihan, kita diharapkan telah mengantongi hapalan pola-pola catur sebanyak sekitar 6000 posisi dalam database catur di otak kita (memori jangka panjang). Dan senangnya lagi, pada PCT ini terdapat fitur berupa report/laporan tentang kuis-kuis/unit-unit yang telah kita selesaikan lengkap dengan data kuis yang berhasil dipecahkan, yang gagal termasuk waktu penyelesainnya. Sehingga pelajar catur bisa memantau perkembangan belajar caturnya kapan pun.

Hebatnya lagi, PCT menyediakan fitur multi user yang artinya sebelum masuk ke menu latihan utama, pecatur harus memasukkan username dan passwordnya. Setiap user memiliki latihan sendiri-sendiri sehingga, mudah dipantau perkembangan kemajuan belajarnya. Sehingga sangat cocok dipakai untuk sekolah catur misalnya. Karena setiap anak/pelajar bisa latihan dengan PCT dan tidak tercampur datanya dengan user/pelajar lain. Jumlah user yang bisa menggunakan software ini dalam satu komputernya juga tidak terbatas.

Dan satu lagi yang sangat menarik dan berguna yang disediakan di PCT, yaitu adanya fitur 101 Tip Permainan Catur (PEDOMAN CATUR), yang mudah dimengerti untuk diterapkan dalam permainan catur. Lengkaplah sudah fasilitas yang diberikan oleh PCT. Bahkan dalam PCT versi yang baru ada fitur bermain dengan engine catur layaknya Fritz. Hanya engine yang bisa dimainkan cuma Crafty, tidak bisa untuk engine lainnya. Mungkin lain waktu pembuat Chessimo akan menyertakan fitur UCI, sehingga dalam Chessimo bisa dimainkan engine top seperti Rybka, Zappa, Fruit, dll.

Berikut fitur-fitur PCT yang saya ambil dari situs aslinya (sengaja saya biarkan tetap bahasa 'bule' ) :

With Chessimo you will:

* Improve drastically your Combinatory Vision
* Improve your ability to identify Chess Tactic Resources
* Dominate more than 1,000 different Endgame techniques in chess games
* Learn when and how to apply basic and advanced Chess Strategy concepts
* Improve your strategic vision by means of 101 Strategy Tips selected by GM Gilberto Milos
* Improve and accelerate your ability to Calculate Variations in a quick and precise manner
* Increase your knowledge about openings
* Play against the program and save your games
* Analyze moves and resolve your doubts in dialogue with the program
* Refer to games in our Database
* Develop your intuition!

Here are some of the characteristics of Chessimo that represent unique benefits for your Chess Training.

* 101 Chess Strategy Tips
You can learn important chess concepts through 101 Chess Strategy Tips, that will leap-frog your future chess games.

* More than 4000 tactic exercises
You will improve your combinatory vision considerably and memorize several characteristic positions that will help you to identify critical moments of a game.

* More than 700 commented strategy exercises
They will increase your ability to understand the underlying concepts of certain positions.

* Unlimited number of users
Several users can share the same version, each one with exclusive training.

* 191 commented endgames
By studying basic endgames that were selected and commented by a Grandmaster, you will build up important fundaments for this part of the game.

*1440 endgame exercises
You will be able to practice, solidify and increase the knowledge you acquired after studying the commented endgames.

* The software saves your training evolution automatically
You may interrupt exercises during a lesson and the system will always "remind you" where you stopped.

* An auxiliary chessboard
This chessboard relies on the support of the “Crafty” engine and helps you to resolve your doubts and analyze moves that were not performed by the program.

* Integrated Review System
If you stop training for some time, Chessimo enables you to review what you've learnt so far.

* Tips by e-mail
You may receive chess tips that are selected by the IGM Gilberto Milos and send to you per e-mail every fortnight.

* Control of the Learning History
You can visualize the status of already trained units and details about each lesson in the past.

* Customized Settings
You can customize the software according to your preferences, adapting pieces, chessboard, colors, sounds and other features.

* Play against the program, save your games and analyze positions
You may play against the program with the “Crafty” engine and save your games in a database.

In order to install the Chessimo it is required:

Operational System: Windows 2000 (Service pack 2 ou +), Windows XP or Windows Vista
Minimum: 336Mhz
Recommended: 1.6Ghz or high
Minimum: 128MB
Recommended: 256MB or over
Minimum: 2MB graphics card or over
Recommended: 8MB or over
Minimum: 800x600 (resolution)
Recommended: 1024x768
Minimum: 12MB HD space avaliable
Recommended: 30MB or over

Situs resmi Personal Chess Trainer bisa diakses di alamat :
http://www.chessimo.com/

Download software keren bin paten ini bisa langsung ke alamat (versi trial) :
http://www.chessimo.com/download.php

Sebetulnya ada beberapa software yang fiturnya mirip dengan Personal Chess Trainer ini. Bisa saya sebutkan di sini antara lain Chess Mentor, Chess Tactic Art (CT-Art), Chess Academy dan lain-lain. Lain waktu akan saya postingkan software-software canggih belajar catur ini untuk anda semua pengunjung setia blog ini.

Siapa yang belum belajar taktik pakai PCT/Chessimo? rugi lho!...

GENS UNA SUMUS.

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2018, allright reserved.