CARI LEWAT GOOGLE

SUARA HATI INSAN CATUR

Setting Engine Catur Agar Mendapatkan Kekuatan Maksimum

Teman-teman yang biasa menggunakan komputer (engine catur), tentu ingin agar engine catur yang dipakainya bisa bermain dengan kemampuan yang maksimal. Langkah termudah tentu mengganti komputernya dengan mesin yang lebih cepat dan memori lebih besar yang langsung akan meningkatkan kinerja engine. Apakah hanya cara ini yang bisa dilakukan untuk mendongkrak kinerja engine catur? Tentu tidak teman-teman. Selain mengganti/menambah hardware dengan spesifikasi lebih tinggi, optimasi software juga bisa dikerjakan untuk meningkatkan tenaga engine.

Secara software, ada 2 hal yang bisa dilakukan untuk mengoptimalisasi kinerja engine.

I.Meningkatkan kinerja sistem komputer secara keseluruhan.

Secara prinsip bisa dikatakan kalo kinerja komputer (sistem operasinya/ windowsnya) sudah bekerja maksimal, engine catur juga bisa berkinerja baik. Sebaliknya kalo komputer jalannya lemot, sering error dan hang up, lupakan engine catur akan optimal kerjanya. Apalagi kalo komputernya terinfeksi virus, so pasti engine akan ngos-ngosan nafasnya untuk mengkalkulasi banyak variasi langkah catur. Virus menggerus (baca merampok) memori komputer kita untuk hidupnya. Trik yang bisa dilakukan adalah :

1.Menginstall program untuk mengoptimalkan kinerja komputer seperti TuneUp Utilities, Registry Defrag, Disk Defrag, RAM Booster dan banyak sekali software lainnya yang bisa dipilih untuk meningkatkan kinerja windows.

2.Memasang antivirus dan antitrojan yang ringan tapi tetap handal untuk dipasang. Misalnya yang gratis ada AVG, AntiVir, Avast (Home) dan yang komersil ada NOD32, AvastPro, Kaspersky, dan lain-lain. Pilih yang sumber dayanya paling ringan dalam penggunaan memorinya. Kalo perlu jika tidak terkoneksi ke jaringan, dan aman dari pihak luar (jangan memasukkan flashdisk dulu selama dipakai), antivirus bisa didisable dulu (tapi jangan lupa mengembalikannya lagi setelah dipakai catur!!!).

3.Install ulang kembali windows anda. Dengan menginstall ulang, windows akan fresh dan tentu kinerjanya akan maksimal. Hanya untuk install seperti biasanya memakan tenaga/aktu/biaya yang tidak sedikit.

4.Buang file-file program/data/musik dll. anda yang sudah tidak terpakai. Selain menggunakan memori utama, windows biasanya memanfaatkan ruang harddisk sebagai memori tambahan jika mengakses file-file besar (dalam catur contohnya file Mega Database buatan Chessbase yang berisi jutaan partai memakan ruang harddisk sekitar 500 MB sendiri). Dengan sisa ruang harddisk yang leluasa, diharapkan windows akan berkinerja maksimal. Uninstall program-program yang sekiranya tidak berguna (atau kalo pernah untuk coba-coba).

Ada tip lain?

Beberapa hal di atas bisa dilakukan sendiri (jika anda memiliki skill teknis komputer). Kalo anda awam komputer, sebaiknya segala urusan diserahkan kepada ahlinya, agar nantinya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

II.Memanfaatkan semaksimal mungkin fitur-fitur yang tersedia pada software komputer catur.

Adapun langkah kedua adalah dengan mengoptimalkan setting dari engine catur itu sendiri dengan memanfaatkan semaksimal mungkin dari software catur (GUI) yang dipakai engine catur tersebut. Tip-tipnya mungkin sebagai berikut (kalo kurang bisa ditambah lagi nanti...):

1.Memilih engine catur yang berkualitas untuk dijadikan engine utama. Boleh saja engine-engine lain untuk pendamping atau untuk variasi dalam sparring/analisa. Tapi rujukan terbaik tetap pada engine utama. Engine-engine terkenal seperti Rubka 2.3.2a, Zappa Mexico II, Fruit 2.4, Tiga II 1.4 beta5, Hiarc 12, Fritz 11, Shredder 11, dan lain-lain bisa dipilih sebagai engine utama karena memang terbukti engine-engine tersebut memilki kekuatan yang tidak perlu diragukan lagi.

2.Memasang/Memilih Opening Book yang terbaik. Mungkin yang mudah adalah memilih opening book sesuai/bawaan atau yang disarankan oleh dari pembuat engine. Engine yang terlalu berat (besar) akan memperlambat akses di opening. Orientasi dari opening book ini carilah yang mempunyai variasi opening yang dalam, bukan yang luas (umum). Semakin dalam variasi langkah yang dipakai tentu semakin baik. Atau kalo kita memiliki kemampuan teknis di bidang komputer+catur, kita bisa membuat opening book sendiri. Salah satu situs yang menyediakan opening book yang baik (yang telah diuji sedemikian rupa agar berkinerja maksimal) yaitu http://www.sedatchess.com/scct_opening_book.html, banyak lagi situs-situs lain yang menyediakannya. Silakan googling aja (hubungi pakde Google).

3.Memasang Endgame Tablebase. Dengan adanya database untuk ending ini, kemampuan engine catur dalam menangani babak akhir menjadi jauh lebih baik. Sampai saat ini, endgame tablebase yang tersedia baru mampu menangani 6 buah catur yang tersisa, dan para ahli masih mengembangkan untuk 7 buah catur yang tersisa di papan.

4.Lakukan setting (parameter) engine untuk mengoptimalkan kinerjanya sesuai yang disarankan oleh pembuatnya. Masing-masing engine catur memiliki setting sendiri-sendiri. Bahkan ada yang tidak mempunyai setingan alias setingan tidak bisa dirubah. Dengan setting yang tepat rating dari engine akan meningkat pula.

5.Atur Hash Table yang sesuai dengan permainan yang dijalankan. Hash Table adalah memori tambahan yang khusus dipakai untuk engine catur. Dengan hash table yang tepat, manajemen memori menjadi lebih efisien penggunaannya. Biasanya setting hash table berhubungan dengan waktu yang dipakai engine catur. Semakin cepat partai (misal catur kilat 5 menitan) yang dimainkan umumnya hash table yang dibutuhkan menjadi semakin kecil (umunya 64 MB cukuplah). Sebaliknya untuk partai panjang (catur klasik) atau infinite analisis, membutuhkan setting hash table yang lebih besar, bisa diset ke ukuran maksimal.

Ada trik lain?

Teman-teman sudah siap mengoptimasi engine caturnya? Ready? Go!

GENS UNA SUMUS.

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2017, allright reserved.