CARI LEWAT GOOGLE



SUARA HATI INSAN CATUR





Winboard Portable Chess Software, Program Catur Yang Bisa Dibawa Kemana-mana dan Dijalankan Di Mana Saja. Bisa Juga Lho Untuk Bermain Catur Online

Seiring dengan kemajuan teknologi komputer di bidang software, saat ini mulai ada trend baru program komputer yang dinamakan dengan Software Portable. Beberapa waktu yang lalu saya juga pernah memposting tentang portable software dalam blog ini. Dalam posting kali ini saya akan menampilkan program catur portable yang sebelumnya terkenal baik di lingkungan sistem operasi Windows maupun Linux. Program ini bernama Winboard (di UNIX/Linux juga dikenal sebagai XBoard). Bagi pengguna Linux pasti tidak akan asing lagi dengan software catur yang satu ini. Winboard juga hadir dalam sistem operasi Windows. Dan kini yang terbaru, telah hadir Winboard Edisi Portable yang sangat fleksible dan memudahkan kita belajar catur dengan komputer.

Hanya dengan mengcopy program ini ke flashdisk, maka kita bisa membaca program kecil ini ke mana pun kita pergi. Misalnya kita bisa main catur di Warnet, main online di Warnet. Program Winboard Portable fitur-fiturnya sama persis dengan yang bukan portable. Hanya kelebihannya yang portable adalah program TIDAK PERLU DIINSTALL DULU, TINGGAL COPY LANGSUNG JALAN.

Dengan Winboard Portable, kita bisa bermain/sparring dengan komputer (melawan engine yang mendukung) - tentu tingkat kekuatannya tergantung enginenya dan juga mesin komputernya, bermain 2 orang (orang vs orang), memainkan partai (PGN format), bahkan bisa main online di mana saja (termasuk di warnet-warnet, karena BIASANYA KITA TIDAK BISA/DIPERBOLEHKAN UNTUK INSTALL PROGRAM DI WARNET. Nah WINBOARD PORTABLE ini JAWABANNYA). Yang jelas KELEBIHAN dari Winboard Portable selain mudah dibawa kemana-mana, super praktis juga PROGRAMNYA KECIL DAN RINGAN sehingga tidak membebani FLASHDISK. Meski kecil programnya tapi software catur yang satu ini cabe rawit lho.

Engine standardnya adalah GNU Chess 5.07. Tapi bisa ditambah lagi lho enginenya. Misalnya engine buatan Indonesia, Petir juga mendukung Winboard. Daftar Engine-Engine yang mendukung Winboard ini antara lain Crafty, Arasan, Gandalf, Ruffian, Pharaon, dll silakan lihat di alamat :
http://www.tim-mann.org/engines.html

Sedangkan Internet Chess Server (ICS) untuk tempat bermain catur online yang mendukung Winboard banyak sekali antara lain : ICC (Chess Club), Chess.net, FICS (freechess), dan lain-lain silakan lihat sendiri di alamat : http://www.tim-mann.org/ics.html

Software catur Winboard ini dikembangkan oleh programmer Tim Mann. Winboard ini termasuk program gratis dan open source (kode sumber program/mentahnya disertakan juga dalam paket, sehingga bagi programmer yang berkemampuan dan ingin mengembangkan Winboard akan dimungkinkan).

Screenshoot Winboard Portable :
http://en.wikipedia.org/wiki/Image:Winboard_4.2.7.png

Fitur-fitur lengkap Winboard, saya ambil dari situs aslinya sebagai berikut :

XBoard and WinBoard are graphical user interfaces for chess. They display a chessboard on the screen, accept moves made with the mouse, and load and save games in Portable Game Notation (PGN). They serve as front-ends for many different chess services, including:

Chess engines that will run on your machine and play a game against you or help you analyze, such as GNU Chess, Crafty, or many others. A list of compatible engines is available.

Chess servers on the Internet, where you can connect to play chess with people from all over the world, watch other users play, or just hang out and chat. A list of compatible servers is available.

Correspondence chess played by electronic mail. The CMail program (which works with XBoard only) automates the tasks of parsing email from your opponent, playing his moves out on your board, and mailing your reply move after you've chosen it.

PGN viewer. You can use XBoard or WinBoard as a viewer and creator for game files recorded in PGN (standard chess notation).

XBoard runs on Unix systems, while WinBoard runs on 32-bit Windows systems, including Windows 95, 98, NT, 2000, 2003, ME, and XP. I'm the primary author of both, though there have been many other contributors.

Yang ingin tahu lebih banyak tentang program ini silakan pergi ke Situs resmi Winboard (bukan yang portable) di :
http://www.tim-mann.org/xboard.html


Pertanyaan-pertanyaan seputar Winboard bisa diakses di alamat :
http://horizonchess.com/FAQ/Winboard/

Situs yang berisi Forum Diskusi tentang Winboard akses ke alamat :
http://wbforum.vpittlik.org/index.php

Posting terdahulu tentang software portable dalam blog ini silakan akses di :
http://komputercatur.blogspot.com/2008/01/software-portable-catur-dicopy-di-flash.html

Gimana, sudah tidak sabar lagi mau mendownload Winboard Portable?

Silakan teman-teman catur di mana saja berada mendownload program ciamik ini di alamat :
http://cubegames.net/downloads/WinBoardPortable-4.2.7-pr3.paf.exe

Kalo sudah download dan pake Winboard Portable ini, kasih komentar ya!

Lain kali akan saya postingkan lagi sofwtare-software catur portable yang bagus-bagus buat teman-teman semua.


GENS UNS SUMUS.

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2018, allright reserved.