CARI LEWAT GOOGLE

SUARA HATI INSAN CATUR

Brain Gym For Chess, Senam Otak Untuk Memaksimal Kemampuan Fungsi Otak. Memang Bisakah?

Brain Gym, senam otak yang dapat memaksimalkan fungsi otak. Saya sangat tergelitik dengan berbagai informasi seputar otak. Dan bisakah, benar-benarkah hal-hal semacam ini (brain gym/senam otak) dapat dilakukan dengan hasil nyata. Catur adalah olahraga otak. Tentu semua orang tahu itu. Karena olahraganya otak, ya tentu saja modalnya adalah otak yang prima, super dan kalo perlu yang jenius. Hanya tidak semua orang dibekali dengan otak yang prima/jenius. Para ahli mengatakan bahwa salah satu cara untuk memaksimalkan kekuatan otak adalah dengan Brain Gym (atau SENAM OTAK) inilah. Dengan kemampuan OTAK yang prima, diharapkan prestasi catur kita akan bisa meningkat pesat.

Ternyata banyak sekali situs-situs di internet yang membahas tentang Brain Gym ini. Juga buku-buku yang menceritakan teori, praktek dan keberhasilan orang-orang (dan anal-anak) yang melakukan SENAM OTAK. Buku-buku berbahasa Inggris sangat banyak yang membahas Brain Gym ini. Sedang yang berbahasa Indonesia, saya menemui satu dua. Tapi itu cukuplah buat gambaran. Bisa kita coba.

SENAM OTAK ini ringkasnya adalah beberapa gerakan senam (gerakan anggota badan), ya mirip senam-senam yang sering kita lakukan lah. Hanya gerakan-gerakan senam ini telah dirancang sedemikian rupa oleh para ahli agar dapat mempengaruhi (dan menyehatkan) syaraf-syaraf otak agar bekerja maksimal. Fungsi senam ini juga untuk MENYEIMBANGKAN FUNGSI OTAK KIRI dan OTAK KANAN.

Otak kiri cenderung ke arah LOGIKA. Dengan kemampuan OTAK KIRI yang maksimal pecatur akan dapat MELAKUKAN KALKULASI LANGKAH DENGAN AKURASI TINGGI. Sedang Otak kanan terlihat pada perasaan, bahasa, dan lain-lain. Pecatur yang berada pada posisi sulit (juga krisis waktu) memerlukan kemampuan OTAK KANAN yang kuat, karena dalam saat kritis semacam ini sangat dibutuhkan INTUISI/NALURI (salah satu fungsi otak kanan) untuk mengambil keputusan jitu.

Buku Bahasa Indonesia tentang Brain Gym yang berjudul "Senam Otak" :
http://www.gramediacyberstore.com/product_detail.cfm?bid=19056

Informasi lain berbahasa Indonesia tentang Brain Gym :
http://www.suarasurabaya.net/v05/advetorial/?id=8b47b87d4cc6c7ef5c96bd7924f3230420078

Video Brain Gym bersama Sharon Gelber :
http://www.youtube.com/watch?v=Y_Y0bD7i3TY

Situs-situs yang berisi Brain Gym :
http://www.braingymclasses.com
http://www.braingym.org

Buku tentang Brain Gym dari situs Amazon :
http://www.amazon.com/Brain-Gym-Simple-Activities-Learning/dp/0942143051

Yuk kita coba senam otak ini. Kali-kali aja berhasil.

Benar-benarkah nyata hasilnya? Adakah diantaranya teman-teman yang sudah melakukan dan sukses? Sharing doong...

GENS UNA SUMUS.

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2017, allright reserved.