CARI LEWAT GOOGLE

SUARA HATI INSAN CATUR

Download Database Partai Opening Hindia Menteri Variant Nimzowitch E15, Amunisi Baru Para Grandmaster Top Dunia

Di masa lalu Pembukaan Hindia Raja lebih banyak dipakai dalam praktek para Grandmaster. Misalnya masih lekat di pikiran kita bagaimana ahlinya GM Bobby Fischer menggunakan jurus Hindia Rajanya sehingga membuat lawan-lawannya kocar-kacir. Juga bagaimana mahirnya GM Garry Kasparov memakai opening ini, sehingga pembukaan yang pakai fianchetto gajah raja ini begitu populer di jaman itu. Tapi sekarang tidak lagi. Hindia Raja mulai jarang dipakai oleh para GM. Yang lagi ngetrend dipakai para jawara catur dunia saat ini adalah Pembelaan Hindia Menteri, dan varian yang banyak penganutnya diantaranya adalah Variasi Nimzowitch (yang ada langkah gajah hitam ke a6, ingat khan?). Simak terus ya dan link download database partainya ada di bawah. Spesial untuk teman-teman pecinta catur di mana saja berada.

Pembelaan Hindia Menteri Variasi Nimzowitch E15 ini terbentuk setelah langkah-langkah : 1.d4 Nf6 2.c4 e6 3.Nf3 b6 4.g3 Ba6. Daripada langsung men-fianchetto-kan gajahnya ke petak b7, hitam langsung mengancam bidak lemah c4 dengan langkah 4... Ba6, sekaligus langkah hitam ini mencegah gajah putih berfianchetto ke petak g2. Dinamakan Varian Nimzowitch karena yang pertama kali mempopulerkannya adalah pecatur kenamaan GM Aaron Nimzowitch pada tahun 1925 ketika bertarung melawan GM Eduard Gufeld. Sang GM in sering menggunakannya secara teratur jaman itu dengan hasil sangat memuaskan.


Banyak sekali Grandmaster top dunia saat ini menggunakan jurus solid tapi agresif ini dalam permainannya. Tercatat GM Viswanathan Anand, GM Vladimir Kramnik, GM Peter Leko, GM Vasily Ivanchuk, GM Magnus Carlsen (pernah 'ngemik' Karpov pake opening ini sebagai hitam pada kejuaraan dunia catur kilat Nopember 2007 lalu), GM Levon Aronian, GM Anatoly Karpov, dan masih banyak lagi.

Hindia Menteri Nimzowitch sangat cocok bagi pemegang buah hitam yang 'tidak mau ditekan', dengan kecenderungan kelanjutan arah permainan yang seimbang. Bahkan dalam database saya ini (12 ribu partai sekitar 5500 berakhir dengan 1/2-1/2 alias draw). 47 partai di antaranya melampaui 100 langkah. Partai terpanjang adalah antara GM Vasily Ivanchuk vs GM Peter Leko pada Kejuaraan Dunia catur Kilat Nopember 2007 lalu yang mencapai 215 langkah (ck ck ck ...). Dan statistik database menunjukkan bahwa 2700 partai diantaranya ditempuh lebih dari 50 langkah. Jadi bagi yang pakai jurus ini, siap-siap bertarung di ending nih.

Bagi yang punya aliran jurus Hindia Raja atau Slavia atau yang lain kala menghadapi langkah putih 1.d4 sebagai pemegang buah hitam, bisa melirik untuk belajar jurus yang tangguh ini.

Yang pengen segera download, silakan langsung saja Klik Di Sini (yang disajikan hanya partai antar grandmaster dengan ELO lebih dari 2600 dan tidak ada remis singkat kurang dari 30 langkah). Partainya lumayan lengkap dan banyak sejumlah 493 partai (puas-puasin ya). Filenya berformat RAR, buka dengan Winrar. Hasil mekarannya jadi PGN dan jalankan dari sebarang program catur.

Bagi yang pengen partai lengkapnya (12 ribu partai, termasuk partai terbaru dari Corus Wijk Aan Zee 2008) silakan hubungi saya via email.

Teorinya juga ada, silakan langsung saja download Klik Di Sini. (diambil dari ECO-nya Sahovksi).

Selamat ber-Hindia Menteri ya, semoga mengurangi kekalahan kalo pegang buah hitam menghadapi 1.d4. Semoga bisa menyenangkan buat teman-teman catur pada umumnya, dan khususnya bagi pecatur-pecatur yang punya jurus andalan Hindia Menteri Nimzowitch E15. Lain waktu akan saya postingkan varian dari Hindia Menteri ini.

Simak terus blog ini ya....

GENS UNA SUMUS.

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2017, allright reserved.