CARI LEWAT GOOGLE

SUARA HATI INSAN CATUR

Turnamen-Turnamen Catur Dengan Hadiah-Hadiah Besar

Saat ini hadiah-hadiah dalam turnamen catur sudah semakin besar saja. Terakhir pada akhir tahun 2007 lalu di World Cup 2007 di Kanty-Mansysk Rusia berhadiah total sudah mencapai 1.500 Juta Dollar (sekitar 14 Milliar Rupiah). Bahkan para penggede FIDE berharap agar catur di masa mendatang dapat menarik sponsor lebih banyak dan agar hadiah catur tidak terlalu beda jauh dengan olahraga lain. Mungkinkah?

Di tanah air sendiri hadiah-hadiah catur sudah jauh lebih banyak daripada di masa lalu. Tercatat rekor hadiah catur terbesar di Indonesia (kejuaraan yang tingkat nasional) adalah pada Japfa Chess Festival 2007 (tolong dikoreksi kalo saya salah) yaitu tidak kurang dari Rp.125 juta rupiah.

Untuk tingkat internasional tentu dulu ketika di Bali tahun 2000 yaitu Japfa Chess Classic (dimana GM Judith Polgar dan mantan juara dunia GM Anatoly Karpov hadir). Dan yang terbaru yaitu Sirkuit Catur Asia di Tarakan beberapa waktu lalu.

Hadiah yang besar tentu saja merupakan MOTIVASI TERTINGGI bagi pecatur untuk mencari kemenangan dan bermain sebaik mungkin dalam turnamen catur. Hadiah uang besar ini pula yang membuat pecatur profesional bekerja (baca belajar) keras untuk selalu memperbaiki dan meningkatkan daya saingnya dalam turnamen.

Bicara soal hadiah, ada satu hal yang sangat menarik dalam dunia catur yang mungkin tidak ada dalam olahraga lainnya. Kalo di olahraga lain (seperti lomba lari, balap sepeda, badminton, tenis, dll.) yang mendapatkan hadiah Juara 1 s/d 3 (maksimal s/d 10). Tapi di catur ada hadiah untuk peringkat 50, bahkan saya pernah menjadi wasit komputer dimana dalam turnamen tersebut hadiah yang diberikan sampai PERINGKAT KE-100 !!! Ini hanya ada di olahraga catur!. Makanya tidak salah kalo teman-teman catur berkta bahwa dalam catur HADIAHNYA BANCA'AN.

Turnamen Dunia yang hadiahnya 'BESAR' antara lain :

Morelia Linares, Spanyol
Corus Wijk Aan Zee, Belanda
Dortmund, Belanda
Moscow Open, Rusia
Melody Amber, Belanda
World Open, Amerika Serikat
World Chess Champhionship
World Cup (Sistem KO)
Biel Master Open, Swiss
dan lain-lain...
(nanti ditambahkan dan dilengkapi kalo ada yang lain)

Turnamen Kelas Asia yang hadiahnya 'LUMAYAN'

Malaysia Open (Dato Tan Arthur), Malaysia
GMA Cup, Phillippine
Singapore Open, Singapore
Mumbai Open, India
(dll... nanti ditambahkan dan dilengkapi kalo ada yang lain)

Turnamen Nasional yang berhadiah 'BISA DIRASAKAN' antara lain :

Japfa Chess Festival, Jakarta
Lampung Open, Lampung
Sampit Open, Sampit
Pusam Open, Balikpapan
Telkom Open, Bandung
Piala Raja, Yogyakarta
Maranatha Cup, Denpasar-Bali
Kejurnas
(dll... nanti ditambahkan dan dilengkapi kalo ada yang lain)

Ayo teman-teman catur, berapa hadiah terbesar yang pernah diterima selama terjun di dunia catur?

GENS UNA SUMUS.

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2017, allright reserved.