CARI LEWAT GOOGLE

SUARA HATI INSAN CATUR

Belajar Catur Dengan Komputer Yang Efektif Dan Efisien (10) - Problem Catur 1,2,3,4,5 Langkah Mat, Salah Satu Sarana Ampuh Melatih Kalkulasi Catur

Di atas segalanya, kalkulasi adalah yang terpenting dalam catur. Bahkan program-program catur pun juga mengutamakan kalkulasi dalam algoritma pemrogramannya (komputer catur dikenal memiliki kalkulasi sempurna). Seorang pecatur yang memiliki kalkulasi yang baik (akurat, dalam, luas, cepat), biasanya akan sulit dikalahkan, meski teori caturnya pas-pasan.

Begitu pentingnya kalkulasi bagi pecatur. Pecatur yang kalkulasinya pas-pasan akan sulit diharapkan meningkatkan levelnya menuju tingkat yang tertinggi (Master Internasional/ Grandmaster).

Kalkulasi secara sederhana bisa seperti ini : "jika saya melangkah A, maka mungkin dia akan menjawab dengan B, jika dia melangkah B, maka saya bisa menang dengan melangkah C, dan seterusnya".

Salah satu sarana ampuh untuk melatih kalkulasi, menurut saya adalah dengan memecahkan problem catur mat (2,3,4,5 langkah mat). Biasanya problem semacam ini sering digelar oleh 'penjual problem' di keramaian atau saat ada pertunjukan pasar malam. Dengan membayar uang sekian ribu, seorang pengunjung yang mampu memecahkan problem mat ini (yang paling sering problem 3 langkah mat) akan mendapatkan hadiah sejumlah barang (biasanya rokok sekian pak).

Problem Catur yang saya maksudkan di sini bukan termasuk 'problem catur TAKTIK' (meskipun kadang hasilnya juga raja lawan mati). Problem Catur Mat umumnya lebih sulit dipecahkan daripada 'problem taktik'. Mungkin hal ini disebabkan karena dalam problem mat jawaban menang hanya 1 jalur kemungkinan saja.

Terus apa kita harus selalu menunggu 'penjual problem' ini untuk melatih kalkulasi? Tentu tidak harus teman-teman. Di internet saat ini ada banyak puluhan ribu problem yang bisa didownload dan dipakai berlatih.

Tujuan memecahkan problem mat sejatinya bukan semata-mata menemukan langkah agar lawan mat. Tapi yang terpenting adalah MELATIH DAN MEMAKSA OTAK UNTUK MELAKUKAN KALKULASI, tidak perduli jawaban ditemukan atau tidak. Dengan dasar ini, maka agar mendapatkan hasil terbaik dalam memecahkan problem mat, sebaiknya pecatur TIDAK MENYENTUH BUAH CATUR selama memecahkan problem mat. Dengan teknik ini, pecatur dipaksa MELANGKAHKAN BUAH-BUAH CATURNYA HANYA DI DALAM OTAKNYA. Kalo rutin dilakukan, diharapkan akan dapat meningkatkan kemampuan berkalkulasi secara signifikan.

Buka papan dan buah catur di atas meja. Jam catur di sampingnya (sebellah kanan buah hitam). Pilih salah satu problem mat (disarankan 3 langkah mat) dan atur buah catur sesuai problem catur yang dipilih. Set jam catur, misalnya 30 menit. Siapkan duduk senyaman mungkin. Tekan jam catur. Mulai mengkalkulasi dan memecahkan problem mat. Usahakan TIDAK MENYENTUH BUAH CATUR sama sekali. Jika sudah menemukan, ganti dengan problem yang lain dan atur kembali jam catur ke semula. Jika jam habis dan problem belum dapat dipecahkan, TETAP GANTI DENGAN PROBLEM LAIN. Dan seterusnya, lakukan 1-2 jam per hari.

Jika kesulitan tanpa menyentuh papan dan HANYA MENGKALKULASI DI OTAK, bisa diganti dengan menulis jawaban di atas selembar kertas dulu, tetap tanpa menyentuh papan, karena di sini yang utama adalah MELATIH KALKULASI/VISUALISASI, dan bukan semata-mata menemukan jawaban problem mat.

Anak-anak, pemula, yunior biasanya akan kesulitan dengan latihan ini. Terus bagaimana?

Jawabannya adalah dengan menurunkan tingkat kesulitannya. Misalnya bukan 3,4,5 langkah mat. Tapi menjadi 2 langkah mat, atau bahkan 1 langkah mat bagi yang baru bisa catur. Tapi tetap TANPA MENYENTUH PAPAN. Jawaban bisa di kertas atau yang terbaik langsung lewat 'mulut' si anak (dengan menyebut notasi langkah jawabannya) jika instrukturnya menanyakan jawabannya.

Untuk mendownload contoh problem catur 2,3,4,5 langkah mat bisa langsung Klik Di Sini (berisi ribuan problem, sayang kalo dilewatklan begitu saja). Formatnya file ZIP (648 KB) bisa dibuka/dimekarkan dulu dengan program WinZIP atau program kompresi yang lain. Setelah dimekarkan akan menjadi file PDF yang bisa dibuka dengan program Acrobat Reader, Foxit Reader atau pembaca file PDF yang lain).

Selamat memecahkan problem catur dan berpusing-pusing ria (minum cerebrovit dulu ya... he..he..he!)

Bukankah demikian teman-teman? ... Setuju?

GENS UNA SUMUS.

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2017, allright reserved.