CARI LEWAT GOOGLE



SUARA HATI INSAN CATUR





Frederic Friedel, Pendiri Chessbase Yang Memproduksi Software Catur Terkenal Fritz

Frederic Friedel atau lengkapnya Frederic Alois Friedel adalah seorang berkebangsaan Jerman yang lahir tahun 1945. Nama software catur FRITZ sejatinya diambil dari nama belakang pendiri perusahaan software catur Chessbase, GmBh ini. Friedel menyelesaikan pendidikannya di University of Hamburg jurusan Bahasa Dan Fisiologi. Juga dia sekolah lagi di Oxford University sampai tamat. Mulai tahun 1980 Friedel membuat program catur dengan menerapkan kecerdasan buatan. Tahun 1985 dia bertemu dengan Kasparov dan setelah itu mendirikan perusahaan bernama Chessbase di Jerman bersama temannya yang bernama Matthias Wüllenweber.

Dari tahun 1983 sampai 2004 dia menjadi editor utama majalah catur terbesar di dunia terbitan Jerman "Computerschach & Spiele" yang saat ini juga dipublikasi secara online di internet. Frederic telah sering mengadakan kontak dengan para pecatur top dunia seperti Kasparov, Anand, Kramnik, Leko, Topalov, Svidler, Short, Polgar bersaudara banyak lagi yang lainnya.



Sekarang dia sibuk menjadi editor utama dari situs catur paling populer di dunia chessbase.com (http://www.chessbase.com). Perusahaan Chessbase bermarkas di Hamburg dan hingga sampai saat ini telah memproduksi banyak program catur ternama yang dijadikan acuan oleh semua Grandmaster top dunia. Produk seperti Fritz, Shredder, Hiarcs, Junior, ZapChess, Mega Database, Power Books, Pocket Fritz, Chessbase Magazine telah sangat akrab di telinga kita semua. Bahkan banyak pula di antara kita yang memiliki dan menggunakan program-program tersebut.

Banyak dari program-program buatan Chessbase ini yang telah dicoba dwi tarung melawan para Grandmaster top dunia (Kasparov, Kramnik, Anand, Leko, dll.) dan memang produk-produk Chessbase ini sangat kuat, sehingga para GM pun tidak mampu mengalahkannya. Program catur terbaru buatan Chessbase Fritz 11, telah menjadi salah satu program catur yang terkuat di dunia. Di tangan Frederic Friedel Chessbase telah menjadi pemimpin di bidang software catur, publikasi catur dan juga situs catur di dunia.

Sumber asli tentang Frederic Friedel bisa diakses di alamat :
http://en.wikipedia.org/wiki/Frederic_Friedel
http://de.wikipedia.org/wiki/Chessbase

Apa si Frederic ini pandai juga ya main caturnya?

GENS UNA SUMUS.

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2018, allright reserved.