CARI LEWAT GOOGLE

SUARA HATI INSAN CATUR

Meningkatkan Konsentrasi Dengan Bantuan Musik, Mungkinkah?

Sudah sering saya tulis dalam blog ini bahwa kalkulasi adalah kemampuan yang sangat penting dalam permainan catur. Salah satu faktor yang menentukan kemampuan kalkulasi seorang pecatur (selain teknik kalkulasi) adalah kemampuan berkonsentrasi yang dalam, stabil dalam jangka lama. Tanpa konsentrasi yang baik sulit bagi pecatur untuk melakukan kalkulasi dengan sebaik-baiknya. Beberapa ahli seperti Heinrich Wilhelm Dove dan Oster G menyarankan untuk menggunakan musik tertentu untuk meningkatkan kemampuan konsentrasi ini. Dove menemukan teknik ini pada tahun 1839. Pada tahun 1973 dalam papernya Oster G, memperdalam ilmu ini.

Teknologi yang para ahli disebut dengan "Binaural Beat Frequency" ini dipercaya mampu meningkatkan kinerja otak hanya dengan mendengarkan musik tertentu. Musik ini telah dirancang oleh para ahli dengan menggunakan algoritma matematika yang sangat rumit dan canggih agar dapat mempengaruhi kinerja otak. Saya hanya penasaran saja, apakah memang benar teknologi ini dan dapatkah dipakai oleh para pecatur untuk meningkatkan kemampuan otaknya.

Di situs Amazon, bahkan dengan terang-terangan menjual produk musik (berupa CD) yang bertitle "BMV Quantum Subliminal CD" yang dapat meningkatkan kemampuan dan prestasi catur kita. Coba lihat situsnya di http://www.amazon.com/BMV-Quantum-Subliminal-Performance-Ultra-Silent/dp/B000EZB4WE. Apakah para Grandmaster (semacam Magnus Carlsen) menggunakan produk ini, entahlah? Kalo pecatur top dunia asal Madras-India GM Viswanathan Anand terkenal menggunakan meditasi untuk meningkatkan konsentrasi.

Seorang yang menggunakan teknologi ini cukup duduk manis, santai dengan head-phone stereo di kedua telinganya. Dia mulai memutar suara/musik 'otak' ini dari CD/ kaset/ MP3 Player/ dll selama beberapa menit hingga jam. Dia melakukan ini secara teratur setiap hari rutin. Maka dalam waktu yang tidak terlalu lama (1-3 bulan?), kemampuan otaknya akan meningkat.

Teori tentang Binaural Beat Frequency bisa dibaca di situs wikipedia :
http://en.wikipedia.org/wiki/Binaural_beats
(ada contoh musiknya)

Banyak situs-situs di internet yang memberikan informasi tentang pengaruh musik pada konsentrasi (kinerja) seseorang.

Situs Indonesia yang menyediakan/menjual jasa/produk semacam ini (kebenarannya silakan buktikan sendiri ya. saya sendiri belum pernah coba) :
http://www.teknologiotak.com
http://www.psikotronika.com/bonus.php
http://terapigelombangotak.blogspot.com

Situs luar negeri yang menjual produk/software untuk keperluan ini :
http://www.i-doser.com
http://www.brainsync.com
http://www.bwgen.com
http://binauralbrainwaves.com
http://www.hypnoticmp3.com/binaural_beats.htm
http://www.amazon.com/BMV-Quantum-Subliminal-Performance-Ultra-Silent/dp/B000EZB4WE
Teman-teman catur ada yang sudah pernah mencoba menggunakan musik untuk memperbaiki konsentrasi? Kasih komentar doong...

Benar nggak sih?

GENS UNA SUMUS.

 
  • ©Blog Komputer Catur 2007-2017, allright reserved.